Cara Bikin Keripik Kentang Balado Yang Enak, Nikmat dan Sedaapp

cara-bikin-keripik-kentang

Siapa yang tidak kenal dengan keripik kentang. Makanan ringan yang satu ini berupa kentang yang diiris tipis-tipis dan digoreng hingga benar-benar garing. Cara bikin keripik kentang sebenarnya sama dengan cara bikin keripik pisang manis dan keripik-keripik lainnya.

Biasanya kripik kentang ini disajikan dengan rasa yang gurih. Camilan ringan satu ini memang sangat cocok disantap kapan saja. Baik dinikmati di rumah bersama keluarga, maupun disantap sebagai bekal camilan saat piknik.

Kripik Kentang adalah potongan tipis kentang yang dimasak dengan cara digoreng atau dipanggang sampai kering. Keripik kentang umumnya disajikan sebagai makanan ringan atau pendamping makanan utama sebagai penutupnya.

Saat ini sudah banyak produk makanan keripik kentang yang dijual kemasan dalam berbagai merek. Mulai dari snack keripik kentang yang berasal luar negeri maupun produk keripik kentang industri rumahan khas Indonesia. Keduanya mempunyai rasa yang tidak kalah lezat. Bahkan saat ini sudah tersedia berbagai macam varian rasa yang bisa dinikmati

Bagi Anda yang tertarik, keripik kentang ini juga bisa dibuat sendiri di rumah. Cara bikin keripik kentang yang renyah dan lezat pun cukup mudah. Resep yang digunakan dalam pembuatannya cukup mudah, dan berikut beberapa resep camilan sehat cara bikin keripik kentang.

Cara Bikin Keripik Kentang Balado Yang Enak, Nikmat dan Sedaapp

Bahan-bahan :

  • 3 buah kentang (atau bisa lebih).
  • 2 sdm air asam jawa.

Bumbu Halus :

  • 2 siung bawang putih, goreng sebentar dulu bulat-bulat.
  • 15 buah cabai merah atau sesuai selera.
  • 1/4 sdt udang kering lebih.
  • Minyak, air, garam, gula pasir, kaldu bubuk secukupnya.

Cara Bikin Keripik Kentang Balado :

  1. Kupas kentang, cuci bersih lalu iris tipis sesuai selera. Cuci lagi beberapa kali supaya getahnya hilang, tiriskan. Haluskan bawang putih, cabai dan ebi.
  2. Panaskan wajan dan minyak agak banyak. Goreng sebagian kentang yang sudah ditiriskan dengan api lumayan besar. Beri sedikit garam. Sesekali diaduk supaya tidak saling menempel. Kalo sudah agak kecokelatan angkat, lakukan sampai habis.
  3. Tumis bumbu halus sampai aroma harum lalu gunakan api kecil sampai bumbu matang supaya tidak gosong. Beri air asam jawa dan sedikit air atau 2 sdm, sedikit gula pasir dan kaldu bubuk, masak sampai agak mengental. Gula pasir sedikit saja atau 1 sdt supaya tidak terlalu lengket.
  4. Coba tes rasa apakah rasa asin sambal sudah pas atau belum. Kalau kurang bisa tambah sedikit garam.
  5. Sambal jangan sampai terlalu karamel/lengket/kering, biarkan sedikit basah, lalu matikan kompornya dulu biarkan hilang uap panasnya baru masukkan kentang gorengnya. Aduk2 merata hingga sambalnya menempel di kentang.
  6. Pindahkan dan simpan di toples, tunggu hingga keripik kentang dingin lalu tutup toples.

Tips Cara Bikin Keripik Kentang Supaya Tidak Gagal dan Tetap Enak

1. Perhatikan Pemilihan Kentang

Agar mendapatkan hasil gorengan kentang yang renyah, maka anda semua harus benar-benar memperhatikan pemilihan kentang yang cukup bagus. Pastikan anda menggunakan kentang yang benar-benar segar, dengan ciri keras saat akan ditekan.

Kentang yang masih sangat segar biasanya akan menghasilkan tekstur yang garing dan sangat renyah ketika akan digoreng, sehingga akan sangat cocok apabila diolah menjadi keripik kentang.

Pastikan juga anda memilih kentang berukuran agak besar dengan permukaan yang cukup mulus dan halus agar rasa kentang tidak pahit nantinya saat akan di buat keripik.

2. Iris Kentang Dengan Ukuran Sama Rata

Hal paling penting yang harus anda perhatikan ketika akan membuat keripik kentang adalah ukuran irisan kentangnya hrus sesuai. Setelah dikupas dan dicuci dengan bersih, pastikan anda mengiris kentang dengan ukuran tipis yang sama rata agar matangnya pun bisa merata secara bersamaan.

Anda bisa mengiris kentang secara manual dengan bentuk korek api ataupun juga bisa dengan bentuk bulat tipis. Atau jika anda tidak punya cukup waktu, anda bisa memarutnya dengan  yang memiliki pengiris keripik berbahan stainless steel yang aman untuk digunakan.

Kalau menggunakan pengiris keripik ini, ukuran irisan kentang pasti akan sama rata besar dan juga tebalnya, anda pun bisa lebih mudah dalam menggorengnya nanti.

3. Rendam Kentang Dengan Larutan Air Garam

Meskipun anda sudah memilih kentang berkualitas cukup baik, anda tetap harus melakukan penanganan tambahan pada kentang, salah satunya adalah dengan cara merendam kentang yang sudah diiris tipis tadi kedalam air larutan garam.

Rendam kentang selama kurang lebih lima belas menit atau bisa lebih agar gentang nantinya saat digoreng tidak lengket, lalu cuci kembali kentang sampai bersih dan siap untuk digoreng.

4. Goreng Kentang Dalam Minyak Banyak

Salah satu hal yang mempengaruhi keberhasilan keripik kentang adalah tekstur kentangnya yang tetap renyah sesudah digoreng. Agar anda bisa mendapatkan tesktur seperti itu, anda harus menggoreng kentang dalam minyak panas dengan emnggunakan teknik deep frying.

Selama menggoreng, hindari memasukkan kentang terlalu banyak, karena akan membuat kentang sulit matang secara vbersamaan dan merata semuanya. Hindari juga terlalu sering mengaduk kentang selama digoreng atau kentang tidak terlalu banyak menyerap banyak minyak.

5. Buat Bumbu Bertekstur Kasar

Saat anda membuat bumbu untuk keripik kentang, sebaiknya jangan terlalu halus. Karena justru bumbu yang terlalu halus akan mudah menggumpal dan juga membuat tekstur kentang jadi tidak renyah seperti sesudah di goreng sebelumnya.

Sebaiknya buat bumbu yang bertekstur agak kasar agar tidak menggumpal dan juga bisa menyebar ke seluruh bagian kentang. Pastikan juga anda menumis bumbu dahulu sampai benar-benar matang sebelum dicampur bersama keripik kentangnya.

 

Itulah cara bikin keripik kentang balado yang enak, renyah dan dapat kamu jadikan camilan untuk menikmati waktu santai kamu. Dan juga beberapa tips cara bikin keripik kentang balado supaya tetap awet dan dapat kalian nikmati selama yang kalian inginkan. Semoga artikel ini bermanfaat, dan jangan lupa untuk mencobanya dirumah ya fren. Enjoyy!!