Cara Bikin Keripik Bawang Ubi Ungu Yang Rasanya Endul Banget!

cara-bikin-keripik-bawang

Siapa sih yang tak suka mengkonsumsi camilan seperti keripik? Apalagi dimasa pandemi seperti ini. Nah, pada artikel sebelumnya kan sudah dibahas mengenai bagaimana cara bikin keripik kentang balado yang enak dan cocok disantap saat santai, kali ini kita akan membahas tentang bagaimana cara buat keripik bawang yang juga nikmat disantap saat masa pandemi seperti ini.

Keripik bawang atau banyak yang menyebutnya kue bawang, biasanya dijumpai disaat masa lebaran. Sembari bersilahturahmi kerumah sanak saudara, mengobrol dan bercengkerama dengan memakan camilan yang sudah disediakan di masing-masing rumah tersebut. Salah satunya yaitu jenis keripik-keripikan yang sering kita jumpai. Selain bisa dijadikan camilan, keripik juga dapat dijadikan sebagai menu pelengkap lauk saat makan dengan nasi.

Dimasa pandemi seperti ini, biasanya banyak orang yang mulai bosan dengan kehidupan karantina mereka. Terlebih adanya larangan keluar rumah demi memenuhi peraturan psbb (pembatasan sekala besar bersama) yang mewajibkan seluruh masyarakat untuk selalu dirumah dan tetap berjaga jarak. Hal ini menyebabkan mereka mulai bosan dan hanya menonton televisi ataupun beberapa serial film yang ada di sosial media.

Oleh karena itu, pada artikel ini akan kami berikan cara buat keripik bawang atau cara membuat kue bawang yang mungkin sedikit menambah pekerjaan rumah. Daripada hanya mengeluarkan uang untuk membeli stok camilan terus menerus, alangkah baiknya membuat camilan sendiri yang enak dan siapa tahu dapat menjadi ladang usaha baru di kala masa pandemi seperti ini.

Cara Bikin Keripik Bawang Ubi Ungu Yang Rasanya Endul Banget!

Bahan-bahan :

  • 100 gram tepung kanji.
  • 100 gram margarin atau bisa juga 125 gram.
  • 12 sampai 15 siung bawang putih (ukuran bawang kecil)
  • Garam secukupnya.
  • 2 butir telur.
  • 500 gram terigu.
  • 500 gram ubi ungu, kukus dan haluskan.
  • Air 1 sampai 2 gelas.

Cara Bikin Keripik Bawang Ubi Ungu :

  1. Pertama-tama siapkan semua alat dan bahan yang diperlukan dalam membuat keripik bawang ubi ungu.
  2. Ambil ubi ungu, kupas ubi dan potong-potong, kemudian kukus ubi hingga empuk. Jika ubi sudah empuk maka haluskan ubi.
  3. Selanjutnya haluskan bawang merah, bawang putih dan garam bersamaan.
  4. Jika sudah campurkan tepung terigu, tepung kanji dan margarin, lalu aduh-aduk hingga rata. Tambahkan juga bawang merah dan bawang putih yang telah dihaluskan, kemudian aduk lagi hingga merata. Jika sudah merata, sedikit demi sedikit tambahkan air sambil diaduk-aduk hingga adonan siap diulen.
  5. Lalu uleni adonan hingga kalis. Ambil sedikit saja adonan untuk mencoba apakah rasanya sudah pas, jika belum bisa ditambahkan garam lalu kemudian uleni lagi.
  6. Setelah itu bagi-bagi adonan menjadi beberapa bagian agar mudah digiling nantinya. Lalu giling dengan menggunakan botol atau rolling pin, jika masih belum pipih juga giling di alat giling untuk mie hingga mendapatkan lembaran yang tipis dari adonan.
  7. Apabila sudah potong-potong dengan ukuran yang kalian kehendaki sampai adonan habis.
  8. Kemudian siapkan wajan dan minyak yang agak banyak, sambil dipanaskan diatas api yang sedang.
  9. Saat minyak terlihat sudah panas masukan adonan yang telah dicetak tadi. Usahakan adonan berpencar satu sama lain agar tidak menggumpal nantinya, sambil diaduk-aduk perlahan.
  10. Jika warna adonan keripik bawang yang digoreng sudah terlihat lebih tua dari warna sebelumnya maka keripik bawang sudah siap diangkat dan ditiriskan.
  11. Jika sudah dingin keripik bawang siap disimpan di tempat yang rapat, agar kerenyahannya tetap terjaga.

Manfaat Ubi Ungu Bagi Kesehatan

Dengan beragam dan lengkapnya kandungan nutrisi dalam umbi ini tentunya banyak manfaatnya untuk manusia. Berikut ini beragam manfaat ubi ungu bagi kesehatan yang mengagumkan.

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Kandungan antioksidan dalam ubi ungu berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan juga menangkal radikal bebas. Bahkan antosianin dan polifenol ubi ini mampu merangsang tubuh dalam mengeluarkan racun dari tubuh.

2. Menangkal Penuaan Dini

Kandungan antosianin dan polifenol dalam umbi ini juga berguna dalam proses regenerasi sel-sel kulit. Mengonsumsi ubi ungu secara rutin mampu menghalau kerutan, flek hitam, maupun tanda penuaan dini pada wajah.

3. Mencegah dan Mengatasi Kanker

Manfaat ubi ungu juga ampuh dalam menangkal beragam jenis kanker. Sejumlah penelitian menemukan khasiat ubi ini dalam menekan pertumbuhan sel-sel kanker. Ini tntunya merupakan kabar gembira bagi banyak orang.

4. Melancarkan Pencernaan

Kandungan antosianin dalam ubi ini juga berguna dalam melancarkan metabolisme pencernaan. Jika anda mengalami gangguan pencernaan bisa mencoba makan umbi yang satu ini.

5. Melancarkan Program Diet

Ubi ungu yang kaya serat dan tanpa kandungan lemak tentunya harus menjadi bagian penting dalam menu diet anda. Selain membuat kenyang, diet pun akan lebih berhasil dengan makanan dari ubi ungu ini.

 

Itulah cara bikin keripik bawang ubi ungu yang rasanya endul banget. Dan juga beberapa manfaat ubi ungu bagi kesehatan tubuh kalian. Semoga bermanfaat dan selamat mencobanya di rumah. Enjoyy ya frenn!