Cara Buat Keripik Singkong Renyah, Cocok Untuk Menemani Santaimu!

cara-buat-keripik-singkong

Singkong merupakan perdu tahunan tropis dan sub tropis dari suku euphorbiaceae, yang umbinya dikenal luas sebagai salah satu makanan pokok penghasil karbohidrat dan daunnya sebagai sayuran. Selain itu, singkong juga dikenal dengan sebutan ketela pohon atau ubi kayu. Oleh karena itu singkong dijadikan camilan seperti cara buat keripik singkong yang renyah.

Singkong atau ketela pohon pertama kali dikenal di amerika serikat yang kemudian dikembangkan pada masa prasejarah di brasil dan paraguay, kurang lebih sekitar 10 ribu tahun yang lalu. Selain itu, produksi singkong sendiri di dunia diperkiran mencapai 192 juta ton.

Makanan ringan seperti keripik memang menjadi camilan yang banyak disukai orang. Tak hanya orang dewasa, anak-anak sangat menyukai camilan keripik singkong. Selain keripik pisang, keripik singkong menjadi andalan banyak orang. Tidak sulit untuk menemukan keripik singkong. Begitupun dengan cara buat keripik singkong yang mudah, yang bahkan sama denganĀ cara bikin keripik pisang manis.

Selain dijadikan sebagai keripik, banyak resep olahan singkong lainnya masih bisa dijadikan camilan ataupun peluang bisnis yang dapat dikembangkan. Daripada bingung, mending kita intip bagaimana cara buat keripik singkong yang renyah dan banyak digemari oleh siapa saja.

Cara Buat Keripik Singkong Renyah, Cocok Untuk Menemani Santaimu!

Bahan-bahan :

  • 1 kg singkong segar
  • 1 sdm kapur sirih
  • 250 ml air

Bumbu Halus :

  • 3 sdm garam
  • 1 sdm gula
  • 8 siung bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • Minyak secukupnya

Cara Pembuatannya :

  1. Singkong segar dikupas dan dicuci sampai benar-benar bersih.
  2. Selanjutnya iris singkong menggunakan alat khusus, agar hasil irisannya berukuran sama.
  3. Siapkan air dan masukan kapur sirih kemudian singkong yang sudah dipotong tipis rendam ke dalam air kapur sirih.
  4. Kemudian tambahkan pula bumbu yang telah dihaluskan ke dalam rendaman singkong. Biarkan selama 60 menit.
  5. Angkat, kemudian sebelum dijemur tiriskan dulu, dan dalam proses penjemuran harus benar-benar kering tanpa terkenal sinar matahari.
  6. Selanjutnya goreng singkong pada api sedang sambil terus diaduk. Setelah singkong mengering, angkat lalu tiriskan.
  7. Biarkan sampai kering dan dingin, keripik siap dimasukkan ke dalam toples dan siap disajikan.

Cara Buat Keripik Singkong Renyah tanpa Kapur Sirih

Nah, jika diatas tadi sudah dijelaskan bagaimana cara buat keripik singkong yang enak. Kali ini kita akan membahas bagaimana cara membuat keripik singkong yang tetap renyah, tanpa menggunakan kapur sirih.

Biasanya cara membuat keripik singkong yang renyah, kita perlu menggunakan air kapur sirih. Jika memang punya persediaan air kapur sirih, kita bisa langsung menggunakannya. Tapi tanpa kapur sirih pun, kita pun masih dapat cara buat keripik singkong yang renyah.

Tidak butuh bahan yang rumit, kok. Meski memang langkah-langkah pembuatannya perlu diperhatikan untuk mendapatkan tekstur keripik singkong yang renyah. Cek bagaimana cara buat keripik singkong yang tetap renyah tanpa menggunakan kapur sirih.

1. Singkong Diiris Tipis

Untuk 1 kg singkong, kita bisa menyiapkan 5 butir bawang putih dan garam secukupnya. Singkong yang sudah dicuci bersih, langsung diiris tipis. Bisa diiris memanjang atau bulat, sesuai selera saja.

2. Rendam Singkong dengan Air Garam

Siapkan air dan tambahkan garam. Masukkan singkong hingga terendam. Remas-remas sebentar. Diamkan sekitar 10 menit.

3. Rendam dengan Air Baru

Buang air garam. Tiriskn singkong. Siapkan air baru, kali ini tanpa garam. Rendam kembali singkong selama sekitar lima menit.

4. Cuci Kembali sampai Air Rendaman Berubah Bening

Ini penting dilakukan. Setelah selesai direndam selama lima menit, cuci kembali singkong dengan air yang baru sambil sesekali diremas pelan. Lakukan sampai air sisa rendaman berubah bening. Mungkin butuh tiga kali proses pencucian.

5. Bumbui dengan Garam dan Bawang Putih

Haluskan bawang putih dan garam. Tambahkan sedikit air. Siramkan ke singkong yang sudah bersih dan ditiriskan. Singkong siap digoreng hingga kecokelatan untuk mendapatkan hasil tekstur yang renyah. Kita juga bisa membumbui keripik singkong ini sesuai selera.

 

Sekian resep cara buat keripik singkong renyah dan beberapa cara pembuatannya yang tanpa menggunakan kapur sirih. Jadi, kalian bisa membuatnya sesuai dengan selera kalian. Selamat mencobanya, semoga menikmati artikel yang sudah dibuat ini. Semoga bermanfaat untuk kalian semua ya frenn!

Enjoyy selalu ya frenn!