Resep Cara Membuat Bolu Ketan Hitam Panggang

Resep cara membuat bolu ketan hitam panggang

Cara membuat bolu ketan hitam panggang gampang membuatnya dan pasti enak rasanya, bahannya pun mudah didapat. Kue bolu banyak digemari semua kalangan dari anak kecil sampai orang dewasa karena rasanya yang enak dan nikmat ditambah dengan teksturnya yang empuk.

Bolu Ketan Hitam

Resep cara membuat bolu ketan hitam panggang

Bolu ketan hitam panggang merupakan varian dari kue bolu panggang yang mempunyai rasa enak, lezat dan sangat lembut. Bolu ini disukai banyak orang mulai dari anak kecil sampai orang dewasa. Setiap orang yang mencicipi bolu ketan hitam, pasti akan merasa ketagihan saat memakannya.

Cara Membuat Bolu Ketan Hitam

Resep cara membuat bolu ketan hitam panggang

Bahan A:

  • 6 butir telur
  • 190 gram gula pasir
  • 1 sdt cake emulsifier
  • Sejumput garam
  • Sejumput vanili

Bahan B:

  • 250 gram tepung ketan hitam
  • 2 sdm susu bubuk
  • Sejumput baking powder

Bahan Tambahan:

  • Margarin
  • 180 ml minyak sayur

Cara Membuatnya:

  • Campurkanlah semua bahan B, lalu ayak hingga tercampur rata dan sisihkan.
  • Oleskan loyang dengan margarin sampai rata kemudian sisihkan.Campurkan bahan A kedalam wadah dan aduk menggunakan mesin mixer hingga warna adonanya menjadi putih kental.
  • Tuang bahan B, kedalam wadah yang sedang diaduk dengan mesin mixer sebentar lalu lanjutkan mengaaduknya menggunakan spatula sampai rata.
  • Tuangkan minyak lalu aduk kembali hingga tercampur rata dan tidak ada minyak yang mengendap.
  • Tuang adonan ke loyang lalu hentakkan sebanyak dua kali agar tinggi adonan didalam loyang sama, dan panggang selama 30 menit.
  • Dan jadilah bolu Ketan Hitam Panggang yang siap untuk dinikmati.

Baca Juga:Cara Membuat Kue Bolu Coklat Kukus Lembut dan Asli Mantap Jiwa!

Tips Memilih Ketan Hitam Yang Baik

Beras ketan hitam di pasaran dijual dalam dua pilihan yaitu, beras ketan yang berwarna hitam pekat dan memiliki kulit yang kasar, belum disosoh dan ada beras ketan yang berwarna ungu muda agak terang karena sudah disosoh. Jika suka beras ketan dengan rasa yang empuk, pulen dan legit, pilih beras ketan hitam yang sudah disosoh saja. Setelah cuci beras ketan hitam, rendamlah beras ketan hitam ini dalam air secukupnya selama 2 jam agar beras ketan hitam lebih mudah empuk saat direbus. Tambahkan daun pandan dalam air rebusannya agar beras ketan memiliki aroma yang wangi.

Manfaat Ketan Hitam Bagi Kesehatan

Resep cara membuat bolu ketan hitam panggang

1. Menunjang daya tahan tubuh

manfaat ketan hitam bagi kesehatan tubuh adalah membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh manusia. Karena ketan hitam mengandung vitamin E yang tinggi di dalamnya. Vitamin E didalam ketan hitam juga melindungi sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Karena mengandung tingginya antosianin dalam ketan hitam dan kandungan antosianin yang merupakan antioksidan didalam ketan hitan lebih tinggi dari pada kandungan yang ada pada buah bluberi.

2. Melawan kanker dan penyakit jantung

manfaat ketan hitam juga bisa digunakan untuk membantu melawan penyakit kanker dan penyakit jantung. Karena antioksidan didalam ketan hitam dapat mengurangi kadar kolesterol jahat atau LDL. Antioksidan juga memiliki sifat antiradang dan antikanker. Antosianin juga dapat menurunkan risiko terkenanya penyakit obesitas, diabetes, dan jantung.

3. Menjaga kesehatan pencernaan

Ketan hitam memiliki kandungan serat cukup tinggi. Kandungan serat didalam ketan hitam sangat penting dalam menjaga kesehatan usus. Dan kandungan serat juga dapat membantu menurunkan berat badan, tekanan darah, dan kolestrol. Beras ketan hitam juga memiliki efek probiotik yang baik untuk kesehatan pada saluran pencernaan.

4. Mencegah anemia

Beras ketan hitam memiliki kandungan zat besi didalamnya yang berguna untuk pembentukan sel darah merah pada tubuh. Kekurangan zat besi pada tubuh dapat mengakibatkan penyakit anemia. Mengonsumsi beras ketan hitam dapat mengurangi risiko terkena penyakit anemia yang disebabkan kekurangan zat besi pada tubuh.

5. Membentuk sel dan jaringan

Beras ketan hitam juga mengandung protein yang dapat menjadi alternatif sumber protein nabati. Kandungan protein sangat penting untuk membentuk sel dan untuk membangun berbagai jaringan tubuh, jaringan kulit dan tulang.

6. Pewarna alami makanan

Warna dalam ketan hitam bisa digunakan sebagai pewarna alami untuk makanan, dari warna merah muda sampai warna hitam. Menggunakan pewarna makanan dari ketan hitam akan lebih baik untuk kesehatan karena pewarna dari ketan hitam merupakan bahan alami dari pada memakai pewarna buatan. Mengonsumsi makanan atau minuman dengan memnggunakan pewarna buatan akan menimbulkan risiko terkenanya penyakit kanker, hiperaktif pada anak kecil, dan alergi.

Terima kasih sudah membaca artikel Cara Membuat Bolu Ketan Hitam Panggang, jika kamu ingin membuat bolu panggang agar bolunya mengembang, kamu bisa membaca artikel Cara Membuat Kue Bolu Panggang Agar Mengembang. Semoga artikel ini bermanfaat.