Cara membuat sambal kacang untuk pecel

cara membuat sambal kacang untuk pecel

Bumbu kacang bumbu pecel adalah sebuah saus bumbu yang berbahan dasar dari kacang tanah goreng yang digiling dan dihaluskan. Bumbu ini banyak digunakan dalam masakan Indonesia seperti pecel,lotek,dan gado-gado.Selain maskan Indonesia ada juga masakan dari luar negeri yang menggunakan bumbu saus kacang seperti masakan Malaysia, masakan Thailand, masakan Vietnam, masakan Chinese. Juga dikenal secara terbatas di Eropa, terutama masakan Belanda dan Timur Tengah.cara membuat sambal kacang untuk pecel yang enak dan mudah.

Resep bumbu kacang yang akan kita bahas adalah pecel bumbu saus kacang. Perbedaan bumbu kacang ini dengan saus kacang yang lainnya adalah penggunaan kencur yang memberikan cita rasa yang khas kadang ada pula yang menggunakan sedikit terasi.

Baca Juga : Cara Membuat Corndog Mozarella Coklat yang Lumer

Manfaat Kacang untuk Kesehatan Tubuh  dan Cara membuat sambal kacang

Beragam manfaat kacang hijau untuk kesehatan yang dapat diperoleh dan sayang jika dilewatkan yaitu:

1. Mengurangi risiko kehamilan bermasalah

Kandungan zat folat yang terkandung di dalam kacang hijau yang lumayan tinggi oleh karena itu  kacang hijau dianggap baik untuk perempuan yang merencanakan kehamilan atau sedang dalam masa hamil.

Mencukupi kebutuhan asam folat dalam tubuh selama masa kehamilan dapat memberikan perlindungan pada kandungan bayi supaya terhindar dari keguguran,berat badan lahir rendah, kelahiran prematur, dan lahir dengan kelainan saraf dan otak.

2. Melancarkan pencernaan

Kacang hijau dikenal dengan kaya akan serat dan pati. Kedua kandungan tersebut diketahui dapat membantu perkembangan bakteri baik dalam usus dan melancarkan saluran pencernaan.

3. Menurunkan risiko terkena penyakit jantung

Sebuah studi penelitian mendapatkan fakta bahwa kacang hijau juga bermanfaat dalam menurunkan tekanan darah serta mengurangi resiko terkena diabetes dan penyakit jantung. Hal ini diduga berkaitan dengan kandungan antioksidan dan nutrisi penting di dalamnya yang bersifat antiradang.

4. Menjaga berat badan

Selain melancarkan sistem pencernaan tubuh kita, kandungan serat di dalam kacang hijau juga dapat memberikan efek kenyang dalam waktu yang lama sehingga dapat mengendalikan nafsu makan dan mencegah Anda makan dengan porsi yang berlebihan. Hal inilah yang menjadikan kacang hijau cocok dikonsumsi untuk menjaga berat badan.

5. Menurunkan kadar kolesterol

Kacang hijau memiliki kandungan lemak yang cukup rendah di dalam 100 gram kacang hijau, hanya terdapat lemak dengan kadar sekitar 0,1 gram.

Dengan kadar kandungan lemak yang rendah serta serat dan antioksidan fitosterol yang tinggi, mengonsumsi kacang hijau secara rutin dapat membantu penderita kolesterol tinggi untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh secara alami.

6. Menambah stamina tubuh

Kacang juga dikenal sebagai sumber energi ini berkat kandungan karbohidrat kompleks yang ada di dalamnya selain itu juga, jenis karbohidrat ini dapat mengatasi rasa lelah dan bisa membuat Anda lebih bersemangat dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

Cara membuat sambal kacang

cara membuat sambal kacang untuk pecel

1.Cara membuat sambal kacang yang enak untuk dijual

Bahan:

  • 1 genggam kacang tanah, sangrai
  • 3 siung bawang putih, sangrai
  • 7 buah cabai rawit (opsional)
  • 2 buah cabai merah, sangrai
  • 1 ruas jari kencur, sangrai
  • 2 lembar daun jeruk
  • 2 sendok makan gula merah sisir
  • 1 sendok teh asam jawa
  • garam secukupnya

Cara membuat Cara membuat sambal kacang :

1.Campur semua bahan yang sudah disangrai, kemudian haluskan dengan cara diuleg atau diblender.
2.Encerkan bumbu pecel dengan air secukupnya dan sajikan bersama sayuran rebus.
Simpan bumbu di wadah kedap udara dan letakkan di dalam lemari es jika tidak digunakan.

2.Cara membuat sambal kacang Madiun

Bahan:

  • 500 g kacang tanah, sangrai atau goreng
  • 150 g gula Jawa, sisir halus
  • 10 helai daun jeruk purut, buang tulangnya
  • 1 sdm air asam Jawa
  • 10 buah cabe merah keriting
  • 5 buah cabe merah keriting
  • 7 siung bawang putih
  • 3 cm kencur tua
  • 1 potong terasi bakar
  • 2 sdm garam

Cara membuatnya sambal kacang Madiun :

  1. Tumbuk kacang dengan ulekan atau lumpang hingga halus dan sedikit berminyak. Sisihkan.
  2. Goreng cabe, bawang putih dan kencur.
  3. Haluskan bahan bumbu bersama daun jeruk purut hingga menyatu.
  4. Haluskan gula Jawa dengan sedikit air.
  5. Aduk jadi satu kacang halus, gula, air asam Jawa dan Bumbu. Aduk hingga benar-benar menyatu. Jika terlalu kering bisa ditambahkan sedikit air panas.
  6. Sambel pecel Madiun siap digunakan.

Nah, itulah beberapa Cara membuat Sambal Kacang untuk Gorengan yang enak dan mudah yang dapat anda coba dan beberapa informasi mengenai Manfaat Kacang untuk Kesehatan Tubuh. Selamat berkreasi dan mencoba.Kamu juga bisa mengunjungi cara membuat bumbu sambal kacang untuk sate