Cara Membuat Kopi Susu Gula Aren Mudah dan Enak

Cara Membuat Kopi Susu Gula Aren

 

Hai teman, siapa yang tidak suka kopi? Bisa dibilang hampir semua orang suka, mungkin sebagian orang mewajibkan meminum kopi setiap harinya. Jaman sekarang kopi sudah menjadi tren, khususnya bagi anak muda. Salah satu jenis kopi yang populer yaitu kopi susu gula. Adapun artikel ini akan membahas bagaimana cara membuat kopi susu gula aren, mari simak sama-sama yuk!

Kopi Susu Gula Aren

Kopi susu gula aren yaitu salah satu jenis racikan dari kopi yang nantinya dicampur dengan gula aren dan susu. Biasanya disajikan menggunakan tambah es agar lebih segar. Berbeda dengan kopi susu pada umumnya yang menggunakan susu kental manis sebagi campuran, sedangkan kopi susu gula aren menggunakan susu cair segar. Cara membuat kopi susu gula aren ini juga cukup mudah dan bisa kalian coba dirumah.

Produk kopi susu ini sangat terjangkau berkisar 10 rb sampai dengan 25 rb. Hal ini membuat kelabihan sendiri dari kopi ini yang dapat dijangkau oleh kalangan pelajar atau mahasiswa.

Asal Kopi

Kopi

Kopi merupakan minuman hasil seduhan biji kopi yang telah disangrai dan dihaluskan. Kopi yaitu salah satu komoditas di dunia yang ditanam lebih dari 50 negara. Dua jenis pohon kopi yang biasa dikenal Kopi Robusta dan Kopi Arabika .

Pemrosesan kopi sebelum bisa diminum melalui proses panjang yaitu dari pengabilan biji kopi yang telah matang baik dengan cara mesin maupun dengan manual lalu dilakukan proses biji kopi dan pengeringan sebelum menjadi kopi gelondong. Proses selanjutnya yaitu penyangraian dengan tingkat derajat yang telah ditentukan. Setelah penyangraian, biji kopi dihaluskan dan kemudian dapat diminum.

Gula Aren

Bagi beberapa agak asing dengan gula yang satu ini. Gula aren merupakan jenis gula tradisional yang sudah ada sejak dulu. Ya, apa sih perbedaan gula aren dengan gula jawa? jika gula merah dibuat dengan menggunakan sari dari pohon kelapa ataupun getah palma sedangkan gula aren ini dibuat dari nira pohon enau yang proses pengolahannya dibuat secara tradisional.
Gula aren memiliki berbagi manfaat yang baik untuk kesehatan, gula ini cocok dikonsumsi oleh penderita diabetes karena gula aren tidak memiliki insulin yang berpengaruh pada penderita diabetes. Adapun juga gula aren memiliki kandungan kalium yang lebih tinggi daripada jenis gula lainnya.
Selanjutnya, Anda juga bisa belajar bagaimana cara membuat kopi susu ala cafe..

Cara Membuat Kopi Susu Gula Aren

Pembutan kopi susu gula aren sangat mudah karena dapat dibuat sendiri di rumah tanpa alat seduh khusus. Berikut penjelasan selengkapnya:

Bahan-bahan yang perlu Anda siapkan:

  • 30 ml Espresso
  • 50 gr Gula Aren Coffeland Indonesia atau 1 gula merah
  • 100 ml Fresh Milk

Cara membuat kopi susu gula aren:

  1. Larutkan gula aren bubuk ke dalam air panas, jika Anda memakai gula merah, terlebih dahulu cincang gula merah, lalu larutkan ke dalam air panas
  2. Panaskan susu dengan api sedang sampai berbusa
  3. TuangkanĀ  gula aren cair ke dalam gelas yang sudah Anda siapkan
  4. Setelah susu telah dingin, masukan susu ke dalam gelas berisi gula.
  5. Tambahan juga 30ml espresso ke dalam gelas (letaknya diatas gelas setelah susu)
  6. Kopi susu gula aren siap dihidangkan!
  7. Sajian kopi untuk 1 cup.

Nah, itulah beberapa cara membuat kopi susu gula aren, mudah dan sederhana. Demikian pembahasan artikel kali ini semoga bermanfaat bagi Anda, terima kasih.