Cara Membuat Keripik Tempe Tapioka sederhana

keripik tempe

Siapa disni yang tidak mengenal kripik tempe? pasti saya rasa semua sudah pernah mendengar kripik tempe, Nah kali ini saya akan memberi tau cara membuat keripik tempe tapioka sederhana simak baik baik yaa.

Selain rasa gurih dan renyah kripik tempe juga mudah cara membuatnya hanya dengan bahan utama tempe dan tepung tapioka ini sudah bisa memjadi cemilan yang nikmat yang cocok untuk bersantai.

Cara Membuat Keripik Tempe Tapioka Yang Sederhana

cara-membuat-keripik-tempe

Cara membuatnya tidak susah kok teman teman cukup mudah,tinggal  Siapkan bahan bahan yang di butuhkan serta ikuti langkah langkah dengan benar saya yakin teman teman akan berhasil membuat kripik tempe yang enak dan nikmat yuk kita lihat bahan dan caranya.

Bahan-Bahan:

  • 500 gr tempe yang belum jadi padat
  • 500 gr tepung tapioka

Bumbu Halus:

  • 7 siung bawang putih
  • garam secukupnya
  • air secukupnya

Cara Membuat Keripik Tempe Tapioka Yang Sederhana:

  • tepung tapioka Campur dengan calon tempe  , disanrankan untuk tidak menggunakan tangan karena akan membut adonan rusak .
  • Bungkus adonan tadi dengan plastik, ditekan-tekan sampai padat kemudian ikan dengan rapa, setelah itu kita kasih lubang pada plastik menggunaksn tusuk gigi agar udara bisa keluar.
  • Diamkan selama satu hari penuh. hasilnya bungkus akan berkerut-kerut dan padat. kalau menjadi seperti itu, iris-iris tempe tipis tipis.
  • Siapkan bumbu halus kemudian celupkan tempe tempe yang sudah diiris tipis setelah itu goreng sampai kering dan krispi, kemudian Tiriskan

Baca Juga: Mesin keripik Tempe

Cara Membuat Keripik Tempe Tapioka Pedas

Resep yang satu ini cocok sekali untuk kalian para penggemar makanan pedas, Tentunya cita rasa keripik tempe tidak berkurang sama sekali hanya saja ada tambahan rasa pedas. Mari kita simak Cara Membuat Keripik Tempe Tapioka Pedas dibawah ini:

Bahan:

  • 500gr Tempe belum jadi
  • Garam secukupnya
  • 500gr tepung tapioka/kanji
  • Bawang putih secukupnya
  • Cabe sesuai selera
  • Air secukupnya

Cara Membuat Keripik Tempe Tapioka Pedas

  • tepung tapioka serta tempe dicampurkan hingga rata masukkan  kedalam plastik sedkit demi sedikit  sambil ditekan serta dipadatkan.
  • Kemudian Ikat plastik serta tusuk tusuk plastik tersebut menggunakan  tusuk gigi atau bisa juga menggunakan paku, Kemudian simpan dengan posisi digantung hingga 2 hari  atau sampai bekas tusukan berwarna coklat ataupun agak hitam.
  • Setelah itu iris tempe dengan cutter agar hasilnya lebih bagus. Bumbui dengan, garam, cabe, bawang putih yang telah dikasih air  dan dihaluskan.
  • Cara memberi bumbu adalah dengan mencelupkan tempe  setelah itu ditiriskan kemudian taruh ke dalam piring. Kemudian digoreng sampai matang. Goreng dalam minyak panas menggunakan  api kecil jika hampir  matang besarkan api tunggu sebentar lalu angkat.

Baca juga: Cara Membuat Keripik Tahu Renyah, Nikmat dan Mudah

Sejarah Tempe

Ada baiknya kita selain mengetahui cara membuat keripik tempe tapioka sederhana kita juga mengetaui sejarah bahan dasar pembuatan kripik tempe tersebut mari kita simak berikut ini:

Kata tempe sendiri  berasal dari bahasa Jawa kuno yaitu Tumpi yang berarti makanan yang memilik warna putih. pada awalnya tempe  dibuat dari kedelai hitam. Tempe diproduksi di Jawa sebelum abad ke-16 dan terdapat di beberapa daerah seperti Tempe Banyumas,Tempe Jogja,  Tempe Pekalongan dan Tempe Malang.

Sejarah tekonologi pengolahan Tempe merupakan teknologi yang berasal dari nenek moyang  secara turun-temurun. Cara pengolahannya pun sangat beragam, walaupun prinsip dasarnya tetap sama, yaitu menciptakan kondisi yang cocok untuk pertumbuhan  kapang atau jamur tempe.

jenis-jenis  Tempe yang ada di indonesia

selain kita mengetahui cara membuat keripik tempe tapioka ada baiknya kita juga mengenal apa saja jenis jenis tempe yang ada di indonesia,apa saja itu mari kita simak list berikut ini:

1. Tempe Kedelai

cara-membuat-keripik-tempe

 

Tempe Kedelai adalah salah satu tempe yang paling terkenal seluruh penjuru dunia, bahkan sudah diproduksi di  Belanda dan Jepang. ini berasal dari fermentasi ragi pada  kedelai yaitu Rhizopus oligosporus. Proses pembuatan jenis tempe ini bisa dibagi menjadi dua berdasarkan medium pembuatannya.

ada yang menggunakan medium daun pisang ada juga yang menggunakan medium plastik keduanya memiliki cita rasa yang berbeda dan karakteristik yang berbeda juga.

2. Tempe Gembus

Tempe ini dibuat dari ampas tahu, biasanya warnanya lebih keruh dibandingkan dengan tempe kedelai. Teksturnya empuk dan lembut, memiliki rasa yang gurih tanpa  harus diberi bumbu.

Tidak banyak orang yang suka dengan tempe jenis ini karena aromanya yang menyengat.. walaupun terbuat dari ampas tahu, tempe jenis ini tetap enak untuk dijadikan makanan.

3. Tempe Benguk

cara-membuat-keripik-tempe

Tempe Bengkuk dibuat menggunakan kacang benguk. Bentuknya mirip kacang koro, berwarna kehitaman.namun biji bengkuk ini mengandung racun sianida, tetapi dengan direndam air bersih selama 1-2 hari racun tersebut akan hilang dan dapat dikonsumsi.

Bagi yang tidak pintar cara pengolahannya, tempe benguk ini bisa saja masih terdapat racun. Tetapi jika pandai mengolahnya.kita bisa terhindar dari racun tersebut, jika takut salah dalam cara pembuatannya, jangan kawatir tempe benguk bisa di beli dengan harga jauh lebih murah daripada tempe kedelai.

4. Tempe Kecipir

Kecipir adalah sayuran pohon merambat. Pengolahan biji kecipir ini hampir sama dengan tempe kedelai, perbedannya adalah karakternya yang lebih keras memerlukan waktu yang lebih lama untuk merebus agar menjadi empuk.

Proses produksinya yang lebih sulit menyebabkan tempe ini menjadi kurang terkenal untuk diproduksi  dibanding tempe kedelai. Tetapi tempe kecipir goreng memiliki rasa yang tidak kalah enak dibandingkan dengan tempe kedelai.

5. Tempe Lamtoro

tempe lamtoro

Rasa tempe lamtoro ini tidak beda dengan tempe kedelai. karena biji lamtoro mempunyai lemak yang berasal dari kulitnya. maka proses perendaman biji ini akan lama. Tempe lamtoro atau tempe mlanding dibuat dari biji lamtoro melalui proses fermentasi Rhizopus, Biji lamtoro atau masyarakan mengenalnya dengan sebutan petai cinta.

Bentuknya sama seperti petai hanya saja ukurannya lebih kecil,  Harga biji lamtoro jauh lebih murah daripada kacang kedelai, meski terbuat dari biji lamtoro tetapi rasanya mirip dengan tempe kedelai.

6. Tempe Kacang Hijau atau Kacang Merah

Produksi kacang hijau dan kacang merah masih menjadi bidang penelitian. Kandungan gizi serta rasanya tidak jauh beda dengan tempe kedelai. Jika kalian ingin mencoba tempe ini sudah ada di beberapa pasar di yogyakarta yang sudah menjual tempe kacang hijau,

tetapi jika kalian sedang tidak di yogyakarta kalian bisa membuatnya sendiri cara membuatnya sama seperti membuat tempe kedelai.

7.Tempe Kara Kratok

tempe kara kratok berasal dari kacang lima yang difermentasikan. biasanya diproduksi saat musim kemarau sebab kacang lima tumbuh di daerah yang kering. Meskipun begitu,

tempe ini sangat sulit dijumpai di Indonesia. alasan untuk memulai memproduksi tempe ini adalah sebagai alternatif pengganti tempe kedelai tempe ini masih menjadi penelitian di indonesia.

9. Tempe Gude

Salah satu jenis kacang lainnya yang digunakan dalam produksi tempe adalah kacang gude. Tempe kacang gude  yang dibuat dengan kacang gude ini memiliki aroma dan cita rasa yang unik walaupun dari beberapa hasil penelitian terkait  konsumen,

tempe kedelai masih menang jauh dibandingkan dengan tempe. meskipun seperti itu, tempe gude memiliki kandungan gizi yang hampir menyaingi tempe kedelai. dikarenakan gizinya yang baik, tempe gude bisa diolah sebagai makanan pendamping ASI.

10. Tempe Bungkil

cara-membuat-keripik tempe

Tempe bungkil Berasal dari ampas kacang tanah maka memiliki tekstur yang gurih dan  empuk. bungkil ini sangat terkenal di daerah Jawa Timur dengan sajian tempe goreng dengan bentuk bulat. Beberapa masakan lainnya seperti oseng dengan sayur dan kue talam dapat menjadi pilihan pengolahan tempe ini.

Banyak Sekali Manfaat Tempe Apa Saja?

selain kita mengetahui cara membuat keripik tempe tapioka ada baiknya kita juga mengenal manfaat tempe agar kita bisa semakin mengetahui manfaat tempe yang sangat bagi tubuh kita mari kita simak:

sebagai sumber protein

Fungsi protein adalah untuk penghasil enzim proteolitik dan menjaga jaringan otot. kandungan yang terdapat pada tempe lebih banyak dibandingakan pada kedelai, karena  protein yang larut dalam air menyebabkan meningkatnya produksi enzim proteolitik. Enzim proteolitik dapat melarutkan protein agar bisa diterima oleh tubuh.

Selain itu. tempe lemak dalam tempe juga sangat sedikit, serat, karbohidrat,  fosfor, kalsium, tiamin, besi, niacin, riboflavin, , piridoksin, biotin,asam pantotenat,retinol,, dan vitamin B12 yang sangat jauh lebih banyak dibandingkan daging. Oleh sebab itu, Pengganti protein selain dagin adalah tempe.

Tinggi Kalsium

Tempe juga memiliki  kalsium yang tinggi. Pengganti kalsium selain susu adalah tempe. menurut penelitian 4 potong tempe setara dengan segelas susu sapi, Setiap 100 gram tempe memiliki 155 mg kalsium.

sebagai Antioksidan Penangkal Radikal Bebas

Terlalu lama terpapar radikal bebas tidaklah baik bagi tubuh kita, salah satunya bisa terkena kanker. Tubuh kita sangat membutuhkan atioksidan untuk menagkal radikal bebas tersebut. Dengan kita mengkonsumsi tempe kita bisa menerima pasokan antioksidan yang cukup untuk menangkal radikal bebas.

Kandungan antioksidan isoflavon padaTempe berperan dalam menangkal radikal bebas dan membantu mencegah berbagai penyakit seperti: Diabetes, Tekanan darah tinggi, Jantung koroner, dan lain sebagainya , dapat pula mencegah berbagai kanker, seperti payudara dan kanker prostat.

Sumber Vitamin B12

Tempe adalah satu-satunya sumber vitamin B12 yang berasal dari Tumbuhan, Pada dasarnya Vitamin B12 banyak terdapat  dalam daging, ikan, ,Ayam serta susu. karena tempe memiliki 0.0017 mg vitamin B12.

Vitamin B12 sangat diperlukan  tubuh karena berfungsi, Untuk menghasilkan sel darah merah,mengaktifkan asam folat, membantu sintesis DNA,  Sampai menjaga kesehatan sistem saraf serta menjaga fungi otak. Oleh sebab itu, tempe bisa menjadi makanan para vegan agar mencukupi kebutuhan vitamin B12.

Menurunkan Kolesterol

Penyakit jantung bisa menyerang kita juka kolesterol dalam darah kita terlalu tinggi. Namun kita tak perlu, khawatir, Karena dengan kita makan tempe bisa menurunkan kadar kolesterol yang terdapat dalam tubuh kita.

Senyawa dalam kedelai yang telah menjadu tempe berfungsi sebagai penurun kolestrol jahat, Senyawa dalam tempe juga dianggap dapat mengatur kolesterol baik, Bagi kita yang berisiko lebih tinggi untuk terserang serangan jantung atau stroke.

Baik Digunakan Sebagai Menu Diet

jika kalian ingin diet tempe bisa menjadi salah satu arternatif yang ampuh. Karena tempe menagndung tinggi protein, tinggi serat. Serta rendah lemak, Serat  dan Kandungan protein yang terdapat dalam tempe membuat tempe menjadi sangat baik untuk diet.

Tempe merupakan makanan yang gampang diserap tubuh,, vitamin B kompleks dalam tempe  sangat baik untuk memenuhi nutrisi kita ketika sedang diet.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Pada proses pembuatan tempe, kedelai dan ragi akan menghasilkan asam fitat dan bermacam bakteri baik, salah satunya probiotik. Probiotik memiliki banyak manfaat untuk tubuh kita, salah satunya  smeningkatkan kekebalan tubuh.

Selain itu, probiotik juga bisa membantu menjaga kesehatan usus dan tulang. Dengan probiotik, Tubuh kita menjadi lebih mudah menyerap nutrisi  dan dapat membantu melancarkan pencernaan kita.

Mencegah Osteoporosis

tempe  kaya akan  kalsium dan vitamin K yang sangat dibutuhkan untuk pembentukan tulang. selain rasanya yang enak tempe ternyata bisa menjadi pencegah terjadinya penyakit osteoporosis. dan  bisa menjadi obat bagi penderita osteoporosis yang sangat murah serta banyak dijumpai dikehidupan sehari hari.

Menurunkan Gula Darah

Meningkatnya kadar gula dalam darah menjadi tanda diabetes. Jika kita memakan makanan yang manis dengan berlebihan juga bisa memicu penyakit diabetes.oleh karena itu orang yang menderita diabetes harus bisa memilah milah makanan yang ia makan.

Nah tempe bisa menjadi menu alternatif bagi orang yang menderita diabetis. Terutama tempe yang berbahan dasar kedelai,mempunyai isoflavon serta serat yang sanggup mengontrol kestabilan gula darah serta memperbaiki resistensi insulin. Tentu saja tempe baik dikonsumsi oleh penderita diabetes tipe II,serta mampu menunrunkan  resiko penyakit diabetes.

Mencegah Kanker

Penyakit Kanker dapat terjadi dikarenakan  sel-sel abnormal yang terus menghasilkan sel-sel baru yang tidak sempurna. Proses ini berdampak  adanya jaringan yang dapat merusak jaringan sel sehat.

Tempe memiliki senyawa isoflavon  dan polifenol yang bertugas untuk memperlambat produksi pembuluh darah sel kanker. Peneliti menemukan bahwa mengkonsumsi  isoflavon yang lebih tinggi mengakibatkan penurunan angka kematian pada perempuan dengan penyakit kanker payudara.

Mencegah Asma

Tempe adalah lauk yang berlimpah akan serat yang sangat baik bagi kesehatan paru-paru. Serat mempunyai peran penting dalam mengurangi peradangan pada respon pernapasan. Kesehatan organ paru-paru dipengaruhi oleh cara asam lemak serta serat memasuki aliran darah.

Serat yang terdapat dalam oalahan tempe menguatkan sel-sel kekebalan di paru-paru agar mengurangi  reaksi alergi dalam paru paru.

Mengurangi Risiko Penyakit Parkinson

Parkinson adalah penyakit yang diawali oleh ketidak normalan kerja sistem saraf. Kerusakan saraf mengakibatkan tingkat dopamin dalam tubuh menurun .  niasin memiliki tugas  memperbaiki  sel-sel serta mengurangi risiko penyakit parkinson.

Niasin yang terdapat di dalam tempe merupakan senyawa seperti vitamin yang berperan penting di dalam kesehatan otak. Orang yang rutin mengonsumsi niasin bisa mengurangi risiko kelelahan, depresi, dan anemia.

Menurunkan Risiko Penyakit Kardiovaskular

Protein nabati pada tempe juga berperan  menurunkan kadar kolesterol  dalam tubuh kita. Risiko aterosklerosis dan tekanan darah tinggi, Selain itu, zat  dalam tempe  dapat meningkatkan kadar kolesterol baik.

Tempe juga mengandung isoflavon yang mengurangi kolesterol jahat. Selain itu tempe mempunyai banyak PUFA atau minyak tak jenuh serta niasin. yang memiliki peran menurunkan kadar kolesterol jahat. sehingga  menurunkan resiko serangan jantung.

itu tadi adalah cara membuat keripik tempe tapioka dengan cara sedehana. dan ada juga yang balado bagi kalian yang suka pedas, serta sejarah tempe kita juga sudah bahas Dan jenis jenis tempe agar kita semakin mengetahui apa saja jenis jenis tempe yang ada di indonesia,

kita juga sudah mengenal manfaat tempe agar kita bisa lebih memilih tempe sebagai bahan makanan yang utama. Sekian dari saya kurang lebihnya saya mohon maaf terimakasih.