Cara Membuat Keripik Tempe Mentah Yang Renyah

Cara Membuat Keripik Tempe Mentah Yang Renyah

Mungkin kalian sudah tidak asing lagi dengan makanan khas indonesia yang satu ini yaitu adalah tempe  nah  tempe juga bisa di buat untuk berbagai makanan yang enak dan gurih contohnya nih : bikin mendoan, bikin tumis tempe, dan kering tempe.

Keripik Tempe Mentah.

Cara Membuat Keripik Tempe Mentah Yang Renyah

Tetapi kita kali ini tidak akan membuat olahan yang tertera di contoh melainkan iyalah keripik tempe mentah han keripik ini adalah salah satu spesies kerupuk yang enak dan juga gurih .

Keripik tempe ini biasanya kebanyakan digunakan untuk camilan dan sugguhan tamu  dan terkadang kjita sering menjumpainya di hajatan ataupun juga tahlilan  .

Disini akan menjelaskan  tentang cara membuat keripik tempe yang simpel dan pastinya enak.

Cara Membuat Keripik Tempe Mentah yang Renyah yang bisa kita buat sendiri tanpa mengeluarkan banyak biaya dan ngirit

Cara Membuat Keripik Tempe Mentah

Bahan Bahan:

  • Tempe mentah 500 gram
  • Tepung tapioka 500 gram
  • Plastik panjang dan lebar
  • Bumbu halus
  • Ketumbar 2 sendok makan
  • Bawang putih sebanyak 6 siung
  • Kaldu bubuk sebagai penyedap 1 sendok makan
  • Garam secukupnya

Langkah Langkah Atau Cara Membuat Keripik Tempe Mentah:

  1. Sediakan wadah yang bersih dan pastinya tidak bekas garam dan minyak, karena jika bekas garam dan minyak tempe akan gagal
  2. Masukan tempe yang masih mentah atau belum di olah dan campur dengan tepung tapioka dan aduk sampai rata
  3. Jika sudah Lakukan pembungkusan dengan plastik yang sudah di sediakan  dan padatkan hingga benar benar padat isinya, lalu ikat plastik berisi tempe tersebut dengan tali yang kencang dan erat
  4. Lalu plastik berisi tempe tersebut tusuklah dengan tusuk gigi atau juga bisa menggunakan lidi, itu supaya jamur yang terdapat dalam tempe bisa membentuk dan gantung 1X24 jam itu gunanya agar tempe bisa mengeras dan padat
  5. Jika sudah di gantung selama 1X24jam maka angkatlah tempe dan keluarkan dari plastik lalu iris atau potonglah tempe dengan tipis tpis kalian bisa menggunakan pisau cater agar tekstur nya tipis
  6. Lakukan pemotongan hingga selesai dan siapkan bumbu halus  dan beri tambahan air pada bumbu halus    dan rendamlah tempe kedalam bumbu halus supaya tempe terbasahi dan sehingga akan lebih guri
  7. Lalu lakukan perendaman tempe ke dalam bumbu halus basah, jika sudah lakukan semuanya sampai selesai
  8. Dan yang terakhir goreng tempe dengan api kecil  lalu angkat dan tiriskan menggunakan mesin peniris minyak

Baca juga: Cara Membuat Keripik tempe Yang Renyah Dan Tahan Lama

Tempe juga banyak manfaat bagi tubuh kita berikut inilah manfaat tempe bagi tubuh:

Manfaat Keripik  Tempe :

Membantu menurunka kadar kolestrol jahat

Tempe mengandung banyak protein yang sangat tinggi. Tidak sama dengan seperti  protein dari sumber hewani, protein dalam tempe memiliki manfaat tambahan dalam menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL).

Dengan kata lain, tempe berpotensi membantu menurunkan risiko terjadinya serangan jantung, penyakit jantung, dan stroke. Selain menurunkan kadar kolesterol, tempe juga dapat membantu menurunkan kadar gula darah dan trigliserida pada penderita diabetes.

Membantu Menurunkan Tekanan Darah

Tempe mengandung magnesium, dimana zat ini memainkan peranan penting terhadap sistem kardiovaskular dan bertanggung jawab terhadap lebih dari 300 proses metabolisme dalam tubuh.

Magnesium bermanfaat untuk mencegah terjadinya pembekuan darah, menurunkan tekanan darah, menjaga kekuatan tulang, dan membantu mencegah terjadinya komplikasi yang berkaitan dengan diabetes.

Membantu Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Tempe juga mengandung serat makanan yang baik bagi tubuh. Serat berperan dalam mengikat lemak dan kolesterol, sehingga tempe memiliki potensi untuk membantu menurunkan dan mengontrol berat badan. Selain itu, serat yang terkandung dalam tempe sangat bermanfaat dalam menjaga kesehatan sistem pencernaan dan usus.

 

itulah resep dari tempe yang di buat menjadi keripik tempe mentah selamat mencoba terimakasih:)