Cara Membuat Briket Arang Sekam Mudah

Cara Membuat Briket Arang Sekam

Sekam padi biasanya dibuang dan dibakar. Banyak petani yang belum paham cara memanfaatkan karena minimnya kesadaran, pengetahuan, dan keterampilan. Oleh sebab itu, dampak yang dihasilkan yaitu pencemaran lingkungan karena sekam padi tidak dapat terelakkan. Oleh karena itu artikel ini akan membahas mengenai cara membuat briket arang sekam.

Arang jenis ini sering kali digunakan untuk bahan pupuk atau sebagai media tanaman dan bahan baku briket arang. Sekam itu terbuat dari kulit padi atau biasa disebut gabah ini biasa diperoleh pada tempat penggilingan padi.

Arang sekam juga bisa digunakan sebagai tambahan campuran pupuk dan media tanam di persemaian. Dikarenakan sekam padi mampu untuk menyerap dan menyimpan udara sebagai cadangan makanan.

Cara Membuat Briket Arang Sekam

Alat dan bahan :

  • Cerobong besi sepanjang ± 1 meter
  • Gembor untuk menyiram
  • Sekam padi
  • Kayu bakar

Cara kerja:

  1. Pertama bakar terlebih dahulu kayu api hingga menjadi bara
  2. Tutup bara menggunakan cerobong besi yang telah ada
  3. Selanjutnya cerobong panas, taburkan sekam disekeliling cerobong, diamkan sekam sampai menjadi arang, kemudian ambil menjauh dari cerobong
  4. Timbunkan lagi sekam baru disekeliling cerobong, lakukan terus menerus sampai semua sekam habis.
  5. Siram sekam yang telah menjadi arang sampai benar-benar dingin agar tidak menjadi abu.

Proses pembuatan briket arang sekam

Briket merupakan hasil pemadatan arang sekam yang dicampur dengan perekat, seperti arang briket. Tujuan dari pemadatan ini yaitu agar bisa terbentuk bara yang tahan lama dan suhu panas yang dihasilkan lebih tinggi, tidak menimbulkan sisa asap.

  1. Tumbuk arang dengan menggunakan lesung sampai mendaptkan hasil tepung arang sekam
  2. Siapkan bahan perekat yang berbentuk tanah liat yang telah dicairkan dengan air dengan perbandingan 5 : 1 (tanah liat : air)
  3. Campurkan bahan perekat kedalam tepung arang sekam dengan perbandingan 6 sekam dan 1 perekat, aduk sampai merarata.
  4. Selanjutnya cetak adonanyang telah siap menggunakan bambu atau paralon yang telah dipotong-potong dengan panjang 5 cm dan diameter 1 inchi.
  5. Trakhir jemur briket yang sudah dicetak sampai benar-benar kering (lama penjemuran tergantung cuaca)

Memanfaatkan sekam menjadi bahan bakar akan didapat beberapa keuntungan :

  1. Meengurangi biaya pengeluaran untuk membeli bahan bakar bagi rumah tangga petani
  2. Mengolah limbah pertanian yang selama ini terbuang sebagai bahan bakar
  3. Sebagai media tumbuh tanaman hortikultura seperti pada tanaman hias
  4. Peluang nilai tambah dari hasil samping padi
  5. Menjaga kebersihan lingkungan dari limbah yang menumpuk
  6. Menambah mata pencaharian petani, sehingga petani tidak hanya mengharapkan hasil dari padi saja tapi bisa mengolah sekam menjadi produk yang bernilai ekonomis
  7. Tidak mengasilkan asap dan bau. Jadi kita dapat memasak dengan aman dan nyaman

Macam-macam Jenis Arang

1. Arang Tempurung Kelapa

Arang tempurung kelapa adalah arang yang dibuat dari bahan utama batok kelapa. Pemanfaatan arang tempurung kelapa ini termasuk cukup strategis sebagai sektor usaha. Hal ini di karekan banyak masyarakat yang jarang memanfaatkan tempurung atau batok kelapanya

Tempurung kelapa yang cocok untuk dijadikan arang harus dari kelapa yang sudah tua, disebabkan tempurung lebih padat dan kandungan udara jauh lebih sedikit. Harga jual arang tempurung kelapa terbilang cukup tinggi. Karena selain memiliki kualitas tinggi, untuk mendapatkan tempurung kelapanya juga sulit..

2. Arang Sekam Padi

Arang jenis ini sering kali digunakan untuk bahan pupuk atau sebagai media tanaman dan bahan baku briket arang. Sekam itu terbuat dari kulit padi atau biasa disebut gabah ini biasa diperoleh pada tempat penggilingan padi.

Arang sekam juga bisa digunakan sebagai tambahan campuran pupuk dan media tanam di persemaian. Dikarenakan sekam padi mampu untuk menyerap dan menyimpan udara sebagai cadangan makanan.

3. Arang Kayu

Arang kayu merupakan sebuah arang yang terbuat dari bahan dasar kayu yang dibakar. Jenis arang kayu ini paling biasa digunakan untuk keperluan bahan bakar memamasak bahkan dapat digunakan sebagai penjernih air dan juga digunakan untuk kesehatan dll. Bahan kayu yang akan dibuat arang itu harus yang berkualitas atau kayu tidak dalam keadaan membusuk.

4. Arang Serbuk Gergaji

Arang serbuk gergaji yaitu sebuah arang yang dibuat menggunakan bahan gergaji serbuk yang telah dibakar. Serbuk gerjadi bisa diperoleh dari tempat-tempat pengrajin kayu. Sisi sisa serbuk gergaji yang tidak dimanfaatkan lagi oleh seorang pemiliknya dan bisa diambil untuk dibuat arang, sehingga pembuatan arang ini terbilang murah.

Selain untuk bahan bakar, serbuk gergaji juga dapat berguna sebagai campuran pupuk dan bisa juga sebagai bahan bakar menjadi briket arang.

Itulah diatas penjelasan mengenai cara membuat briket arang sekam, dari jenis arang, cara pembuatan arang, manfaat arang. Semoga Artikel ini dapat bermanfaat bagi pembaca, para pengusaha arang, dan penggunna arang untuk kebutuhan sehari-hari.