Cara Memasak Seblak Kerupuk Yang Gampang Dan Endul

Di kesempatan kali ini saya akan membahas dan membagikan tips cara memasak seblak kerupuk yang sangat mudah untuk kita bikin sendiri di rumah.

Sejarah

sejarah
Seblak berasal dari kota bandung, jawa barat dan sekarang sudah menyebar luas ke wilayah nusantara. Seblak sudah ada sejak tahun 2000-an, makanan sejenis ini juga sudah ada di daearh cianjur bagian selatan sejak tahun 1940-an namun tetap ada hal yang membedakannya dengan seblak yaitu seblak di sajikan menggunakan kerupuk orenĀ  dengan bumbu yang pedas dan di tambah toping lainnya.

Sedangkan kerupuk godog hanya di sajikan dengan kerupuk dan sayuran saja. Hingga kini seblak sudah banyak berkembang dari mulai segi bahan utama hingga topingnya, yang awalnya hanya menggunakan bahan dasar kerupuk, telur, dan kencur untuk aroma khasnya.

Tapi hingga saat ini masih banyak para penjual seblak yang selalu menambah toping di luar bahan utamanya. Tentunya hal itu di lakukan agar menambah varian rasa yang bertujuan untuk memikat hati pelanggan dapat memilih menu yang di sukainya.

Penasaran dengan seblak kerupuk? yuk simak ulasan di bawah ini

Cara Memasak Seblak Kerupuk

Bahan-bahan:

  • 1 genggam kerupuk udang
  • 4 siung bawang putih kupas menggunakan mesin pengupas bawang
  • 6 siung bawang merah
  • 7 buah cabai rawit
  • 3 buah cabai merah besar
  • 1 ruas kencur
  • Garam secukupnya
  • Gula secukupnya
  • 1 batang daun bawang
  • 2 butir telur
  • 2 buah sosis
  • Air secukupnya
Baca Juga:cara membuat seblak kerupuk

Cara Memasak Seblak Kerupuk:

  1. Rendam dahulu kerupuk menggunakan air panas yang telah di campur dengan minyak goreng, rendam sampai kira-kira kerupuk lembek lalu tiriskan
  2. Haluskan bumbu seperti bawang merah, bawang putih, cabai merah, cabai rawit, dan juga kencur
  3. Panaskan minyak sedikit saja lalu tumis bumbu halusnya tadi sampai tercium harum kemudian masukkan air, dan masak sampai air mendidih
  4. Kemudian tambahkan garam, gula, dan juga penyedap rasa
  5. Setelah itu masukkan kerupuk yang sudah di rendam tadi, sosis, dan juga telur yang sudah di kocok lepas, aduk-adukĀ  dan masak sampai kuah sedikit menyusut
  6. Lalu tuang di dalam mangkuk dan sajikan selagi hangat.

Kerupuk yang di gunakan dalam membuat seblak bisa kerupuk bawang atau juga bisa kerupuk aci atau sesuka kalian. Di negara kita ini di indonesia ada berbagai banyak jenis kerupuk yang di konsumsi oleh masyarakat, adapun manfaat kerupuk bawang yang di gunakan dalam seblak berikut ini

1.Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Manfaat kerupuk bawang yang pertama adalah bisa membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Karena kerupuk ini mengandung senyawa yang memiliki kemampuan untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

2.Menghasilkan Tenaga

Selain bisa membantu kekebalan tubuh kerupuk bawang juga memiliki manfaat lain. Salah satunya menghasilkan tenaga, sebab kerupuk ini memiliki kandungan karbohidrat serta lemak yang sangat di butuhkan tubuh sebagai sumber cadangan energi.

3.Anti Kanker

Kerupuk ini memiliki senyawa sulfida alil yang bisa menyebabkan sebagai anti kanker.

4.Mengontrol Diabetes

Kandungan yang ada di kerupuk bawang ini memiliki manfaat untuk meningkatkan produksi insulin di dalam tubuh. Bagi penderita diabetes bisa mengonsumsi kerupuk ini secara teratur untuk menjaga kadar insulin yang ada di dalam tubuh untuk meningkatkan kesehatan.

5.Memangkas Berat Badan

Kerupuk ini mengandung senyawa yang memiliki zat inflamasi untuk membantu mengatur sel lemak yang berbentuk di dalam tubuh. Zat yang terdapat dalam makanan ini bisa menghambat terjadinya proses inflamasi yang tentu baik untuk mencegah berat badan.

Demikian ulasan cara memasak seblak kerupuk terima kasih telah meluangkan waktunya untuk membaca artikel ini. Semoga sangat bermanfaat bagi kalian yang ingin mencoba membuat sendiri di rumah.