Tujuan Pembuatan Pupuk Kompos

Tujuan Pembuatan Pupuk KomposTujuan Pembuatan Pupuk Kompos  Pupuk merupakan sebuah material yang akan  ditambahkan pada sebuah media tanam maupun tanaman untuk mencukupi sebuah kebutuhan hara yang sangat  diperlukan sepeti sebuah  tanaman sehingga dia  mampu berproduksi secara baik dan normal . sejarah penggunaan sebuah  pupuk pada dasarnya adalah  bagian dari sejarah petani.di indonesia, banyak pupuk organik yang sudah lama dikenaloleh para petani, dan penduduk indonesia pun sudah mengenal  banyak pupuk yang organik dan sebelumitu  diterapkannya sebuah  revolusi yang hijau di negara  indonesia. Setelah banyak revolusi yang sangat hijau, maka akan kebanyakan dari para petani lebih suka menggunakan sebuah pupuk yang dibuat sendiri karena praktis untuk menggunakannya, jumlahnya sangat besar jauh lebih sedikit dari pada pupuk organik, yang harganya pun sangat relatif murah dan sangat  mudah diperoleh. Kebanyakan dari para petani sudah sangat tergantung pada sebuah pupuk buatan, sehingga memiliki dampak negatif terhadap suatu perkembangan produksi pertanian. tumbuhnya kesadaran seorang petani yang akan menyebabkan sesuatu yang mempunyai  dampak negatif penggunaan pupuk buatan dan sarana pertanian modern lainnya terhadap lingkungan telah membuat mereka beralih dari pertanian konvensional ke pertanian organik.

Tujuan Pembuatan Pupuk Kompos atau pupuk kompos adalah sebuah pupuk yang terbuat dari sebuah kotoran hewan ataupun tumbuhan/tanaman. bila identifikasi tanaman berdasarkan jenisnya, maka pupuk organik dapat dibedakan menjadi 2 macam seperti  pupuk organik yang cair dan juga pupuk organik yang padat. Ketika kita bandingkan dengan menggunakan sebuah pupuk yang menggunakan berbahan baku kimia, sebuah  pupuk organik agaknya seperti lebih baik disarankan untuk menggunakanannya. karena selain mempunyai suatu  harga yang relatif dan sangat lebih murah, sebuah pupuk organik nyapun memiliki banyak keunggulan tersendiri. kaliabn jangan heran jka ada banyak orang yang mau berpindah dan memakai pupuk organik itu.

Ada Beberapa manfaat dan keunggulan dari Tujuan Pembuatan Pupuk Kompos sebuah pupuk organik yang antara lain adalah dapat mencegah suatu degradasi lahan, mengurangi sebuah  tingkat pencemaran lingkungan yang cukup inggi, meningkatkan sebuah kandungan dan  unsur zat hara dan tanaman yang sangat  dibutuhkan, merangsangkan sebuah  pertumbuhan dari yang  akar tanaman,dari sebuah batang tanaman dan daun, meningkatkan sebuah produktivitas dari tanaman tersebut  dan memiliki kualitas tanah yang sangat tinggi. Pupuk kandang mempunyai manfaat untuk menyediakan suatu  unsur hara makro dan mikro yang mempunyai daya ikat ion yang sangat  tinggi sehingga akan membuat keefektifkan suatu  bahan – bahan anorganik tersebut yang berada di dalam tanah yang gembur, pupuk ini termasuk pupuk anorganik. selain dari pada itu, pupuk ini juga  kandang bisa untuk  memperbaiki suatu struktur tanahyanhg rusak, sehingga pertumbuhan tanaman bisa optimal.

ada beberapa keuntungan dan  tujuan pembuatan pupuk kompos yaitu

  1. Bisa memperbaiki struktur tanah yang lemah.
  2. Bisa memperkuat sebuah  daya ikat agregat (zat hara) tanah yang sangatberpasir.
  3. Bisa meningkatkan suatu daya tahan dan daya serap air yang tinggi.
  4. Bisa memperbaiki sebuah drainase dan pori – pori dalam tanah keras.
  5. Bisa menambah dan dapat mengaktifkan suatu unsur hara

bahan-bahan yang sangat  diperlukan dalam membuat sebuah pupuk organik padat

  • kotoran ternak sperti sapi, domba, kambing, kerbau dan lainya (1000 kg/ 1 ton)
  • sekam jerami yang sudah dicacah lembut
  • 100 liter air kurang lebih
  • 1 liter tetes
  • 1 liter em4
  • dedaunan ataupun bubuk gergaji kayu yang sudah lama diendpkan
  • arang sekam dan satu karung sebuah jerami

alat yang sangat dibutuhka dalam Tujuan Pembuatan Pupuk Kompos yaitu seperti sebuah karung, sekop, sarung tangan, cangkul, ember, gembor, terpal

cara yang sangat simple dalam membuat pupuk organik

  1. pertama kali siapkanlah sebuah  media untuk membuatan sebuah pupuk kompos organik, pastikan sudah berada ditempat yang sangat sejuk dan tidak berpotensi terlalu tinggi atau terkena sinar matahari sedikit pun atau bisa dikatan tidk terkena sinar matahari secara langsung, dan tidak boleh juga terkena hujan jika sedang ada  hujan yang sangat deras.
  2. setelah itu, kita bisa membuat sebuah dekomposer dengan cara melarutkan sebuah gula pasir (tetes) dan em4 ke dalam air untuk dilarutkan.
  3. Pada bagian lapisan pertama, campurkanlah sedikit kotoran ternak yang sudah disiapkan kemudian campurkan dengan sedikit arang dan sekam yang secukupnya. aduk – aduk keduanya hinggs menjadi sangat merata. Kalau sudah rata tamburkanlan dekomposer seperti gula pasir dan juga em4 yang telah dilarutkan didalam air kemudian aduk aduk lagi sampai rata.
  4. kita akan memasuki lapisan, lapisan kedua, yaitui dengan cara menaburkan sebuah jerami, dedak, bubuk gergaji  juga  bisa menyampurkan bahan-bahan organik lainnya. aduklah sampai menjadi rata setelah itu siramkanlah dekomposer lagi.
  5. lalu  tutup rapat tumpukan tesebut dengan bahan-bahan yang  memakai karung goni dan sebuah terpal dan juga  bisa dengan jerami. Setelah itu, kita dapat mengaduk adonan – adonan tersebut sampai rata dan tutup kembali dengan sangat rapat.

Agar pupuk organik yang anda produksi memiliki suatu kualitas yang lebih baik,  maka lakukanlah  monitoring setiap hari.  setelah melakukan monitoring, pastikanlah kita sudah  mengaduknya dengan cara memasukan satu tangan tangan namun jangan lupa untuk mengenakan sebuah  sarung tangansupaya tangan tidak trkena bakteri. jika tangan tangan anda merasakan derajat suhu adonan yang sangat tinggi dan  masih panas, ini menandakan bahwa sebuah pupuk pupuk tersebut belumlah siap untuk dipakai oleh para  peta ni.

Biasanya pada hari ke empat adonan dari sebuah pupuk pupuk tersebut akan bersuhu normal atau tidak panas. Caranya sangat mudah sekali  untuk mengetahuinya adalah dengan cara memasukan salah satu tangan ke dalam adonan seperti tadi. Suatu pupuk kandang yang sudah siap akan  diaplikasikandan dan  memiliki sebauah ciri -ciri suhunya sangatlah dingin sekali, remah, dan wujud aslinya pun  tidak tampak, dan baunya sudah mulai berkurang. jika belum ada ciri-ciri tersebut, maka sebuah pupuk kandang belum siap digunakan oleh para petani. penggunaan sebuah pupuk yang tidak matang atau belum matang akan mengakibatkan menjadi suatu menghambat untuk pertumbuhan tanaman, bahkan bisa mematikan tanaman. kompos yang sangat layak digunakan adalah kompos yang sudah matang,

Manfaat Pupuk Kompos

pupuk kmpos tentunya memiliki manfaat yang sangat banyak.

  • Sebuah pupuk kompos dapat meningkatkan suatu kesuburan tanah.
  • Sebuah kompos bisa membantu danmemperbaiki karakteristik pada struktur tanah.
  • Sebuah kompos dapat membantu meningkatkan suatu aktivitas mikroba pada tanah.
  • Sebuah kompos  dapat membantu meningkatkan suatu daya serap air tanah.
  • Sebuak kompos dapat membantu meningkatkan sebuah kualtas kualitas hasil panen.
  • Sebukh kompos bisa membantu dan menyediakan  semua unsur – unsur hara pada tanah.
  • Sebkah kompos dapat menyebabkan tanah menjadi lebih gembur dan tidak keras.
  • Sebuah kompos bisa  menekan suatu pertumbuhan dan penyakit pada tanaman.
  • Sebuah kompos dapat  menyediakan suatu vitamin juga juga hormon yang akan  dibutuhkan oleh para tanaman.