Strategi Digital Marketing UMKM di Tahun 2020

Strategi Digital Marketing UMKM

Sebagai pengusaha UMKM tentunya Anda ingin memiliki bisnis yang berkembang pesat. Banyak cara yang bisa dilakukan di zaman seperti sekarang ini. Salah satunya dengan Strategi Digital Marketing UMKM yang bisa diakses semua orang.

Dengan metode ini,Strategi Digital Marketing  UMKM juga tidak perlu mahal. Dengan adanya internet dan perangkat yang mumpuni, para pengusaha kecil dan menengah dapat menikmati kemudahan berbisnis di era digital.

Apa yang harus disiapkan pengusaha di UMKM untuk memulai pemasaran digital? Ikuti review ini dan bersiaplah untuk mempraktikkannya!

Tentukan target pasarnya

Target market Anda sangat penting sebagai pijakan dalam menentukan digital marketing yang akan dibangun. Sasaran pemasaran berkaitan dengan siapa yang berpotensi membutuhkan produk UMKM, dan kelompok umur serta kelas sosial apa yang ingin dibidik.

Ketiga hal inilah yang menjadi dasar untuk menentukan tujuan pemasaran yang akan dilakukan. Sehingga strategi yang akan diterapkan lebih efektif.

Misalnya saat UMKM menawarkan produk batik. Kaum muda, orang tua atau anak-anak akan membutuhkan produk batik ini. Dengan menetapkan target pasar yang jelas tentunya akan terkait dengan konsep pemasaran yang dilakukan.

Jika target audiens Anda adalah konsumen muda, tentu Anda harus menarik mereka melalui tren anak muda yang populer. Hal ini akan memberikan respon positif kepada calon konsumen dari usaha kecil, menengah, kecil dan menengah

 Konsep Pemasaran Digital

Strategi Digital Marketing UMKM ,Promosi yang ditawarkan oleh setiap pengusaha UMKM harus memberikan solusi yang tepat. Konsep ini akan memberikan nilai lebih dibandingkan produk sejenis dari pengusaha lain. Konsep ini bisa berjalan jika pengusaha di UMKM ingin melihat kondisi yang terjadi di masyarakat.

Jangan hanya fokus pada kualitas produk yang Anda miliki. Kualitas pembuatan produk memang sangat penting, namun tidak akan memberikan daya tawar yang lebih tinggi jika tidak memberikan solusi yang tepat kepada masyarakat.

Seperti saat UMKM memiliki produk tas yang ingin dijual. UMKM ini harus menunjukkan logo yang sesuai. Contohnya adalah logo merek dalam negeri berkualitas tinggi. Slogan tersebut akan memberikan daya tarik yang sangat kuat kepada masyarakat dan menjawab permasalahan terkait kualitas produk lokal yang kurang berkualitas.

Ada banyak konsep lain yang bisa Anda temukan tergantung pada produk yang Anda miliki.

Website

Keuntungan memiliki personal website adalah para pengusaha UMKM akan memberikan kreativitasnya dalam memasarkan produknya. Di situs pribadi Anda juga harus khawatir tentang pesaing. Anda akan bebas menjual produk Anda dan menerima strategi terbaik untuk menarik pelanggan terbaik dimanapun dan kapanpun.

Ini adalah media pemasaran digital yang sangat penting untuk bisnis kecil dan menengah. Di mana-mana dengan situs ini, UKM akan dikenal luas, tidak jelas. Itu tergantung pada bagaimana Anda mengisi konten situs web pribadi Anda.

Strategi Digital Marketing UMKM  ini menjadi nilai tambah sebuah website profesional bagi perusahaan besar, maka tentunya organisasi akan memiliki wawasan.

Merek

Media sosial sebagai media yang banyak digunakan orang di dunia sangat efektif sebagai media branding. Ada banyak platform yang bisa digunakan untuk merek ini. Seperti Facebook, Instagram, Twitter, Youtube, dll. Masing-masing platform tersebut memiliki kelebihannya masing-masing sehingga Anda juga harus menyesuaikan dengan strategi yang Anda pilih.

Layaknya menggunakan Youtube sebagai media branding, tentunya kamu harus membuat video-video seru dalam waktu yang lama. Beda jika menggunakan Instagram dengan mengutamakan kekuatan foto dan video pendek.

Sedangkan Facebook akan memprioritaskan foto grup, video dan teks. Anda dapat menggunakan semua media sosial ini untuk membandingkan usaha kecil, menengah, dan mikro Anda.

Pahami SEO, SEM, dan Periklanan digital

Strategi Digital Marketing UMKM Pada tahap terakhir ini, Anda harus mengeluarkan modal untuk memaksimalkan semua media digital marketing yang Anda punya uang di saku Anda. SEO dan SEO akan meningkatkan traffic website Anda.

Sedangkan untuk SEM, yang merupakan pemasaran mesin pencari, Anda dapat menemukannya di berbagai platform komunikasi anonim

Ini adalah strategi yang harus Anda ambil sebagai pebisnis mikro, kecil dan menengah untuk menjadikan bisnis Anda sebagai usaha mikro, kecil dan menengah agar bisnis Anda diberkati oleh ayah Anda.Percik Utama Percikan Menengah Anda Semakin awal Anda memulai, semakin cepat bisnis Anda berkembang menjadi perusahaan kecil dan menengah.