Resep Membuat Manisan Pepaya Kering Lezat

resep membuat manisan pepaya kering

Manisan pepaya kering emang cocok banget nih gais buat nemenin kegabutan kalian, atau temen nugas kuliah yang lagi numpuk hahaha. Tapi buat kalian yang belum pernah bikin pasti bakalan bingung banget gais, tenang aja di sini mimin bakal ngasi tau resep membuat manisan pepaya kering yang enak dan lezat.

Manisan pepaya ini udah ada sejak lama banget tau ngga si gais. Ntah darimana asal mulanya, ada yang bilang bilang dari daratan timur tengah tepatnya Arab, ada juga yang berasumsi bahwa manisan ini datang dari alkulturasi dan urbanisasi salah satu etnis terbesar di Indonesia.

 

Manfaat Buah Pepaya

Buah yang memiliki banyak biji di dalamnya ini sesungguhnya memang mengandung berbagai dan berjuta manfaat yang sangat dibutuhkan tubuh dan dapat menjadi antibodi dari berbagai penyakit. Di bawah ini beberapa manfaat dan khasiat dari buah pepaya

1. Sebagai Anti Kanker

Mesin pembunuh nomor setelah serangan jantung ini memanglah sangat mengerikan bagi seluruh umat manusia yang ada di muka bumi ini. Gimana ngga mengerikan, hampir kebanyakan kasus kematian disebabkan oleh kanker. Meskipun biasanya bukan karena kankernya sendiri, tapi penyakit ini adalah titik awal mula semua komplikasi yang sering terjadi sebelum merembet ke penyakit lainnya.

Pada kali ni pepaya bekerja secara menarik karena dapat mengurangi radikal bebas yang ada di tubuh kita. Bahkan dari beberapa buah-buahan, hanya buah berwarna daging oren ini aja yang dapat melawan kanker payudara dan berfungsi sebagai antikanker dalam sel kanker payudara dengan mengurangi radikal bebas dan mengurangi oksidatif.

2. Mencegah Penuaan Dini

Poin yang satu ini sangat digemari oleh kaum hawa khususnya bagi mereka yang ingin kulitnya sehat luar dalam tentunya, juga kulit yang terlihat lebih kencang dan terlihat lebih cerah nan berkilau. Tentunya juga menunda penuaan dini yang sangat dihindari bagi kebanyakan orang yang sangat memperhatikan masalah kulitnya.

Kandungan vitamin C yang seabrek di pepaya bakal membuat kalian jatuh cinta sama buah ini. Belum lagi kaian yang suka beraktivitas secara lebih dan bebas maka akan sangat rentan sekali mengalami kemunculan kerutan dan mengakibatkan penuaan dini lebih cepat. Di sini vitamin C udah ngga bisa didebat lagi dalam tugasnya menangani kasus-kasus yang bersinggungan dengan kesehatan kulit.

3. Mengandung Antioksidan

Zat molekul serta radikal bebas yang terdapat pada sistem metabolisme atau pencernaan di tubuh kita dapat menigkatkan resiko stress oksidatif. Namun dengan adanya zat antioksidan ini kalian ngga perlu resah dan khawatir, selama kebutuhan zat antioksidan kalian tercukupi.

Selain itu antioksidan ini dapat membantu mencegah mengurangi resiko penyakit Alzheimer di usia muda yang mana itu dapat menurunkan daya ingat otak kita. Bahkan dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa orang-orang yang mengonsumsi ekstrak pepaya hasil fermentasi mengalami penurunan kerusakan oksidatif sebanyak 40%.

 

Oh iya, selain dapat diolah dengan cara membuat manisan pepaya kering, buah pepaya juga dapat diolah dengan cara membuat kuah sop buah yang tentunya ngga kalah lezat. Kalian juga bisa banget olah pepaya dengan resep es buah untuk jualan kalo kalian mau terjun ke dunia usaha kuliner. Langsung aja tanpa basa basi lagi kita menuju resepnya.

Resep Membuat Manisan Pepaya Kering Lezat

1. Cara Membuat Manisan Pepaya Kering Sederhana

Bahan:

  • 1 buah pepaya mengkal
  • 1/4 kilogram gula batu
  • 1/4 kilogram gula pasir
  • 2 sendok makan kapur sirih
  • 1/2 sendok teh garam
  • Air secukupnya

Cara Membuat Manisan Pepaya Kering Sederhana:

  1. Seperti biasa kita cuci bersih pepaya mengkal lau kupas dan iris tipis sekitar 1/2 cm, kemudian rendam dalam air kapur sirih selama 6 jam
  2. Setelah direndam selama 6 jam, tiriskan pepaya dari air rendaman sirih lalu cuci bersih lagi dan tiriskan lagi
  3. Rebus air matang, gula pasir, garam dan gula batu hingga semuanya larut dalam rebusan tersebut
  4. Jika semuanya udah larut, masukin pepaya tadi lalu aduk aduk perlahan
  5. Aduk hingga airnya menyusut dan terlihat meresap
  6. Kalo dirasa airnya udah mulai menyusut, angkat dan tiriskan serta pastikan benar benar adonannya tadi kering dan angkat ketika manisannya udah mulai dingin lalu jemur selama 2 sampai 3 hari

2. Cara Membuat Manisan Pepaya Kering Muda

Bahan:

  • 1 kg pepaya muda
  • Vanili secukupnya
  • 2 sendok makan kapur sirih
  • Jeruk nipis secukupnya
  • 1/4 kg gula pasir sitrun

Cara Membuat Manisan Pepaya Kering Muda:

  1. Cucilah buah pepaya muda dengan bersih dan kupas perlahan, kemudian potong sesuai selera atau kalo mau sama kayak mimin dipotong dadu juga monggo. Sebebas kalian aja hehehe
  2. Setelah dipotong semuanya, rendam potongan buah pepaya ini dalam air yang berisi kapur sirih dan diamkan selama kurang lebih 12 jam
  3. Jika udah, cuci kembali pepaya dan tiriskan dengan perlahan lalu masak dengan api kecil
  4. Tambahkan gula pasir sitrun dan segelas air matang kemudian aduk perlahan
  5. Setelah airnya menyusut, angkat dan masukkan dalam toples lalu simpan dalam kulkas

3. Cara Membuat Manisan Pepaya Kering Parut

Bahan:

  • 3 buah pepaya muda
  • 5 saset nutrisari jeruk
  • 1/2 kilogram gula putih
  • Pewarna makanan

Cara Membuat Manisan Pepaya Kering Parut:

  1. Cuci ketiga pepaya tadi, dan kupas hingga bersih lalu parut dan peras sampe airnya kering
  2. Ambil wajan kemudian masukkan pepaya yang udah diparut dan dikerangkan tadi, lalu masukkan juga nutrisari jeruk bersama gula sirih
  3. Nyalakan api kecil sambil terus mengaduk adonan hingga terlihat lengket dan airnya menyusut
  4. Jika dirasa udah cukup lengket, angkat adonan dan tunggu dingin
  5. Setelah adonan dingin, mulailah bentuk adonan menjadi bulat kecil seperti kelereng kemudian jemur selama seharian

Hayo dari ketiga resep di atas, kalian mau pilih yang mana nih gais? hahaha pasti bingung kan? cobain aja dulu dari yang menurut kalian paling gampang. Selamat mencoba!