Resep Bakmi Goreng Jawa Enak Dimulut Nagih Diperut

Resep Bakmi Goreng Jawa

Resep Bakmi Goreng Jawa – Mie Jawa adalah salah satu dari banyak makanan khusus, terutama di daerah Yogyakarta, serta di sekitarnya. Mie Jawa atau juga bisa disebut Mi Jawa dulu dikenal sebagai Bakmi rebus yang pekerjaannya juga disebut mie godhog yang dimasak dengan rempah-rempah dengan rempah-rempah memasak Jawa. Negara-negara eksternal seperti Malaysia dan Singapura lebih mengenalnya sebagai Mee Rebus, bahkan jika mie asli Jawa memiliki banyak variasi seperti mie goreng dan lainnya.

Bakmi Goreng Jawa

Resep Bakmi Goreng Jawa

Keistimewaan mie Jawa adalah cara memperlakukannya. Mie Jawa selalu dimasak dengan menggunakan jalur tradisional, yaitu selalu menggunakan oven tanah liat (Anglo) dan api arang. Setiap Bakmi Pembeli Jawa meskipun pesanan dengan sejumlah besar Porsi, tetapi penjual membuatnya tetap satu dengan bagian dari penggunaan panci kecil tidak diperlakukan umum pada dasarnya. ]

Ini akan menjaga perasaan mie jawa sehingga tetap khas di lidah. Keistimewaan mie lainnya ada pada daging ayam parut dan telur bebek seperti bahan-bahannya. Rasa yang akan diperoleh dari bahan-bahan ini akan membuat rasa mie jawa menjadi spesial.

 

Resep Bakmi Goreng Jawa

Bumbu dan Bahan Dasar:

  • 1 bungkus mie telur
  • 1 butir telur ayam, kocok lepas
  • 2 batang seledri, iris panjang
  • 5 lembar kol, iris kasar
  • 5 buah cabai rawit utuh
  • 2 sdm kecap manis
  • Garam secukupnya
  • Gula secukupnya
  • Merica secukupnya
  • 3 siung bawang putih
  • 5 siung bawah merah
  • 2 buah kemiri
  • 1 sdm ebi
  • Air putih

Cara Membuat Bakmi Goreng Jawa :

  1. Rebus mie telur kedalam air mendidih, lalu tiriskan (masak mie telur sesuai dengan petunjuk penyajian pada kemasan)
  2.  Aduk mie telur yang sudah matang dengan 1 sdm kecap manis dan 1 sdm minyak goreng, sisihkan
  3.  Haluskan bawang merah, bawang putih, kemiri, dan juga ebi. Berikan sedikit air putih kemudian aduk hingga merata
  4.  Tumis bumbu halus dan cabai rawit yang masih utuh(sudah dipisahkan dari tangkai) sampai harum
  5.  Masukkan telur, aduk hingga merata bersama bumbu halus dan cabai rawit
  6.  Kemudian masukkan kol dan seledri, tambahkan gula, garam, merica lalu aduk rata
  7.  Masukkan mie, jika sudah terlalu kering lalu tambahkan sedikit air, (coba sedikit rasanya)
  8.  Jika terasa kurang manis, tambahkan kecap manis sesuai selera
  9.  Aduk rata hingga bumbu meresap, angkat
  10.  Hidangkan mie goreng Jawa dengan emping dan juga acar timun
  11.  Taburi bawang merah goreng
  12.  Mie goreng Jawa siap santap selagi hangat

 

Ciri – Ciri Mie Berpengawet atau Tidak

Ciri - Ciri Mie Berpengawet atau Tidak

Cukup banyak produsen mie yang membuatnya dengan pengawet berbahaya. Biasanya bahan tersebut mengandung kimiawi, seperti dalam pewarna tekstil. Kalian sebenarnya bisa membedakan, Ciri-cirinya lumayan banyak, seperti berikut:

1. Warna Mie Terlihat Mencolok

Mi dikenal dengan warna kuning cerah, Jika kalian menemukan mie kuning yang terang dan dapat menarik perhatian, sudah jelas itu menggunakan pewarna. Jadi hindari konsumsi mie seperti itu, meski lebih menggoda warnanya.

2. Mie Tersebut Lebih Bertekstur

Kalau ingin memakan mie yang sehat coba lihat dari bentuk dan coba rasakan tekstur kekenyalan. Mie tanpa pengawet umumnya memiliki tekstur kasar atau keriting bentuknya. Yang pasti lembut dimakan karena murni terbuat dari tepung dan telur. Kalian harus mulai memahami supaya tidak terus-menerus memakan mie yang berpengawet.

3. Gurih

Mi basah dibuat dari tepung dan juga telur, tanpa tambahan MSG. Tapi rasanya sudah gurih saat dimasak, ini tentu diperhatikan oleh seseorang saat konsumsi mie. Jangan sembarangan makan mie, apalagi yang menggunakan air abu.

4. Lembut saat Dimakan

Mie yang tidak berpengawet pasti sangat lembut dan juga enak. Paling tidak kalian menambahkan topping berupa ayam, telur, daging, bakso dan yang lainnya. Saat dimasak mie tidak gampang hancur dan cepat matang.

5. Setelah Dimakan Perut Tidak Kembung

Makan mie yang tak menggunakan pengawet, sistem pencernaan pastinya akan aman. Tetapi kenali, jika setelah makan, perut tiba-tiba kembung dan diperut rasanya sangat kenyang, sudah pasti mie yang kalian makan tidak aman. Dilain sisi, mie tak berpengawet akan cepat basi dalam beberapa jam saat diletakkan di udara terbuka, kalau tak segera dimasak.

 

Tips Mie Goreng Jawa

#Tips Memilih Mie Kering

Pastikan mie kering dibeli dalam kemasan yang baik, tidak ada lubang dan tidak robek karena suhu udara dan kelembaban dalam mie diatur oleh perusahaan manufaktur mie. Jika ada kerusakan pada paket, ada kemungkinan mie rusak. Perhatikan juga label kedaluwarsa dalam mie, pastikan mie memiliki periode kedaluwarsa yang lama, ini memungkinkan penyimpanan yang lebih lama.

#Tips menyimpan mie kering

Jangan gunakan mie jika kalian telah mengubah warna dan bau Walaupun jika tanggal kedaluwarsa masih ada karena mie yang berubah warna dan bau terkontaminasi dengan bahan-bahan lain. Hemat mie dalam wadah anti udara dan hindari bahan-bahan lain yang terasa tajam sehingga mie tetap baik.

Manfaat Bakmi Goreng Untuk Kesehatan

Manfaat Bakmi Goreng Untuk Kesehatan

Apakah kalian menyangka bahwa Mi Goreng juga punya manfaat ? Ternyata memang makanan ini memiliki manfaat bagi kesehatn tubuh kalian. Untuk kalian yang ingin mengetahui apa saja manfaat dan khasiat mie goreng ini, berikut ini dia manfaatnya:.

1. Mencegah kanker

Efektivitas bakmi goreng dapat membantu kalian mencegah kanker. Masakan ini adalah salah satu fermentasi antara bahan sayur-sayuran seperti mustard hijau, lalu mustard hijau ini memiliki senyawa yang dapat membantu Anda mencegah kanker.

2. Mempersehat Tulang

Mie goreng ini memiliki senyawa vitamin K yang terkait dengan risiko patang tulang yang lebih tinggi. Dengan mengkonsumsi vitamin K agar salah satu hal penting untuk kesehatan yang baik karena bertindak sebagai protein matriks tulang. Tingkatkan penyerapan kalsium dan dapat mengurangi ekskresi kalsium.

3. Kekebalan

Dengan sistem kekebalan tubuh yang baik, penyakit tentu saja tidak mudah untuk mendekati dan menyerang kesehatan tubuh kalian. Mie goreng ini memiliki senyawa selenium yang baik dalam menjaga kesehatan fisik. Anda perlu mengetahui banyak jenis penyakit, harus diantisipasi dengan mengonsumsi berbagai makan makanan sehat dan olahraga rajin setiap hari.

4. Membantu Membentuk Otot

Mie goreng ini memiliki senyawa protein yang cukup tinggi yang dapat digunakan dalam pengembangan otot yang sehat dan membantu. Tidak heran makanan ini kadang-kadang dikonsumsi oleh Biragawan sebagai makanan tambahan setiap hari.

5. Mencegah Luka Perut

Dengan mengkonsumsi bakmi goreng ini, kalian dapat membantu membunuh bakteri sebagai penyebab cedera di perut dan usus. Selain itu, senyawa makanan ini dapat membantu Anda mencegah penyakit di area perut.

6. Bisa Kontrol Tekanan Darah

Bakmi goreng ini memiliki segudang senyawa, termasuk vitamin A, flavanoid, vitamin C, di mana itu benar-benar membantu Anda menjaga tekanan darah.

7. Dapat Mengurangi Kolesterol

Ternyata mie goreng ini memiliki kemampuan untuk membantu mengurangi kolesterol. Jadi, bagi kalian yang sering khawatir tentang kadar kolesterol, terutama kolesterol jahat di tubuh kalian cobalah untuk mengkonsumsi dengan rajin tetapi tidak berlebihan. Memang, makanan ini memiliki peran untuk melindungi dan mengurangi kadar kolesterol Anda jika terlalu tinggi.

8. Pencernaan Sehat

Mie ini memiliki kandungan serat yang sangat kaya, maka senyawa bekerja untuk mempercepat sistem pencernaan sehingga BAB menjadi lebih berpola dan tidak keras.

9. Mencegah Osteoporosis

Isi mie goreng ini memiliki senyawa estrogen yang tinggi. Sebagai hormon estrogen pada manusia, senyawa estrogen dalam makanan ini juga digunakan dalam menjaga kepadatan tulang sehingga menghindari osteoporosis.

10. Penting untuk Pertumbuhan Anak

Selain mampu mencegah osteoporosis dari bakmi goreng, beberapa keuntungan lainnya. Salah satunya, untuk pertumbuhan anak-anak. Makanan ini dimasak dengan fermentasi seperti ayam, sayuran, kecap dan lainnya. Dengan fermentasi makanan ini, makanan ini memiliki segudang senyawa, salah satunya adalah fosfor dan kalsium yang sangat berguna untuk tubuh kalian, terutama pada anak-anak. Ini disebabkan karena kedua senyawa ini dapat membantu pertumbuhan tulang dan menguatkannya, jadi itu tidak hanya baik untuk anak-anak, tetapi juga untuk orang dewasa.

 

Resep Bakmi Lainnya

Resep Lainnya

1. Bakmi Goreng Ayam Kriuk ( 5 orang )

Bahan – Bahan :

  • 500 gram lomi, diseduh sebentar
  • 2 butir telur ayam, dikocok lepas
  • 1 buah paha ayam, direbus, disuwir kasar
  • 5 batang caisim, dipotong-potong
  • 100 gram kol, diiris kasar
  • 1 buah tomat merah, dipotong-potong
  • 2 sendok makan kecap manis
  • 200 ml air
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1 sendok teh gula pasir
  • 1 batang daun bawang, dipotong 1 cm
  • 2 sendok makan minyak untuk menumis

Bumbu Halus :

  • 6 butir bawang merah, digoreng
  • 4 siung bawang putih, digoreng
  • 3 butir kemiri, digoreng
  • 1/2 sendok makan ebi, digoreng

Bahan Taburan :

  • 50 gram snack keripik singkong original, diremahkan kasar

Cara Membuat Bakmi Goreng Ayam Kriuk :

  1.  Perama-tama panaskan minyak , lalu tumis bumbu halus hingga terasa harum. Sisihkan bumbu halus tadi di pinggiran wajan. Kemudian masukkan telur. Aduk hingga berbutir.
  2. Berikan caisim, ayam suwir, kol, dan tomat kedalam wajan. Masak sampai layu.( bumbu halus masih disisihkan dipinggir)
  3. Tambahkan mi. Aduk rata ( bumbu halus ikut dicampurkan ). Masukan kecap manis, garam, air, merica, dan gula pasir. Aduk hingga rata. Masak sampai meresap.
  4. Saat menjelang diangkat, tambahkan daun bawang. Aduk hingga rata.
  5. Hidangkan bakmi goreng dengan bahan taburan yang telah disiapkan.

2. Bakmi Rebus Jawa ( 4 orang )

Bahan – Bahan :

  • 500 gram lomi basah
  • 2 sendok makan kecap manis
  • 2 butir telur, dikocok lepas
  • 1 batang daun bawang, dipotong 1/2 cm
  • 1 buah tomat merah, dipotong-potong
  • 4 lembar (50 gram) kol, diiris kasar
  • 4 tangkai (25 gram) caisim, dipotong-potong
  • 1 potong (150 gram) paha ayam atas bawah
  • 1 sendok teh garam
  • 1/4 sendok teh gula pasir
  • 1 sendok teh kaldu ayam bubuk
  • 1.600 ml air
  • 2 sendok makan minyak untuk menumis
  • 1 tangkai daun seledri, diiris halus untuk taburan
  • 1 sendok makan bawang merah goreng untuk taburan
  • 2 sendok makan minyak untuk menumis

Bumbu Halus :

  • 5 siung bawang putih
  • 1 sendok teh merica bubuk
  • 5 butir kemiri, disangrai
  • 1/2 sendok makan ebi, disangrai

Cara Membuat Bakmi Rebus Jawa :

  1.  Olesi lomi dengan kecap manis. Sisihkan.
  2. Rebus paha ayam bersamaa dengan air, 1 Sdt bumbu halus, 1/2 Sdt garam, dan yang terakhir 1 lembar daun salam hingga matang dan berkaldu. Tiriskan dan ukur 1.500 mili kaldunya.
  3. Goreng ayam ke dalam minyak yang sudah panas dengan api sedang hingga kuning kecokelatan. Tiriskan dan suwir-suwir. Sisihkan.
  4. Panaskan minyak. Tumis bumbu halus hingga harum. Sisihkan di pinggir wajan. Berikan telur. Aduk-aduk hingga berbutir.
  5. Masukkan daun bawang, kol, tomat, dan caisim. Tumis hingga layu.
  6. Berikan ayam suwir, gula pasir, garam, dan kaldu ayam bubuk. Aduk sampai merata. Tuangkan kaldu ayam. Lalu didihkan.
  7. Masukkan lomi. Aduk sampai rata. Masak hingga mendidih.
  8. Hidangkan lomi dengan taburan seledri dan juga bawang merah yang sudah digoreng.

 

3. Bakmi Medan ( 6 porsi )

Bahan – Bahan :

  • 6 gulung mie basah siap pakai
  • 2 Sdm bawang merah goreng untuk taburan
  • 2 batang daun bawang, diiris untuk taburan

Bahan Bumbu Mie Per Porsi :

1/2 Sdt kecap asin
1/8 Sdt merica bubuk
1 Sdt minyak bawang

Bahan Tumisan Ayam :

  • 3 siung bawang putih, dicincang kasar
  • 1 cm jahe, dicincang halus
  • 200 gram paha ayam fillet, dicincang kasar
  • 1 Sdm saus tiram
  • kecap asin 1 Sdm
  • 1 Sdt kecap manis
  • 1/2 Sdt garam
  • gula pasir 1/2 Sdt
  • 1/2 Sdt merica bubuk
  • 100 ml air
  • 2 batang daun bawang, iris halus
  • 1/2 Sdm minyak wijen
  • 2 Sdm minyak goreng untuk menumis

Bahan Ayam Merah (aduk rata) :

  • 1 buah dada ayam tanpa tulang
  • 3 siung bawang putih, dihaluskan
  • 1 cm jahe, diparut
  • 2 Sdt kecap asin
  • 2 Sdt angkak, sudah diseduh dengan air mendidih 2 sampai 3 kali, laludihaluskan
  • 1 Sdt bumbu ngohiong
  • 2 Sdm saus tiram
  • 1/2 Sdt garam
  • 1/4 Sdt merica bubuk
  • 2 Sdm gula pasir

Bahan Kuah :

  • 2.000 ml kaldu ayam
  • 3 siung bawang putih utuh, digoreng, dimemarkan
  • 2 batang seledri, diikat
  • daun bawang 2 batang, dipotong 1cm
  • 2 Sdm garam
  • 2 Sdt gula pasir
  • 1/2 Sdt merica bubuk

Cara Membuat Bakmi Medan :

  1.  Tumis bawang putih dan hingga harum. Tambahkan ayam. Aduk-aduk hingga berubah warna. Masukkan saus tiram, kecap manis, kecap asin, merica, gula, dan garam. Aduk hingg merata.
  2. Masak hingga matang dan juga meresap. Tambahkan daun bawang dan minyak wijen. Aduk sampai rata. Sisihkan.
  3. Oven ayam merah dengan api bawah suhu 190 derajat Celcius 15 menit sambil diolesi sisa bumbu hingga matang. Iris tipis melebar. Sisihkan.
  4. Didihkan kaldu ayam tambahkan garam, gula, dan merica. Masak sampai mendidih. Masukan daun bawang dan seledri. Matikan api.
  5. Seduh 1 buah mie dengan air yang sudah mendidih. Angkat. dan Tiriskan. Tambahkan bumbu mi. Aduk sampai rata.
  6. Hidangkan bersama tumisan ayam, ayam merah, bawang goreng, daun bawang, dan kuah.

4. Bakmi Goreng Otak-Otak ( 6 porsi )

Bahan – Bahan :

  • 500 gram lomi, diseduh
  • 150 gram dada ayam, direbus, diiris tipis lebar
  • 5 buah otak-otak, diiris serong
  • 2 butir telur kocok lepas
  • 1 buah tomat merah dipotong-potong
  • 100 gram kol iris
  • 3 batang caisim, dipotong-potong
  • 2 1/2 sendok makan kecap manis
  • 1 1/2 sendok teh garam
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 1 sendok teh gula pasir
  • 300 ml kaldu ayam
  • 2 sendok makan bawang goreng untuk taburan
  • 3 tangkai daun seledri, diiris kasar untuk taburan
  • 2 sendok makan minyak untuk menumis

Bumbu Halus :

  • 4 siung bawang putih, digoreng
  • 7 butir bawang merah, digoreng
  • 4 butir kemiri, digoreng
  • 1 sendok makan ebi seduh, digoreng

Cara Membuat Bakmi Goreng Otak Otak :

  1.  Panaskan minyak didalam wajan. Tumis bumbu halus hingaa harum. Tambahkan telur.
  2. Aduk hingga berbutir. Sisihkan di pinggir wajan.
  3. Berikan lomi, otak-otak, ayam, tomat, kol, dan caisim kedalam wajan. Aduk hingga layu.
  4. Berikan kecap manis, merica bubuk, dan gula pasir,garam ke dalam wajan. Lalu aduk hingga rata. Tuangkan kaldu ayam. Masak hingga meresap dan kaldu matang.
  5. Hidangkan bersamaan dengan taburan bawang goreng dan juga daun seledri.

5. Bakmi Godog ( 4 orang )

Bahan – Bahan :

  • 500 gram lomi, seduh dengan air panas
  • 2 butir telur, kocok lepas
  • 1 batang daun bawang, dipotong 1/2 cm
  • 1 buah tomat merah, potong-potong
  • 100 gram kol, iris kasar
  • 1 buah dada ayam pejantan, rebus, suwir kasar
  • 4 sendok teh garam
  • 1 sendok teh gula pasir
  • 1/2 sendok teh merica
  • 1.750 ml kaldu ayam
  • 2 sendok makan minyak untuk menumis
  • 2 tangkai daun seledri, diiris halus untuk taburan
  • 1 sendok makan bawang merah goreng untuk taburan
  • 3 sendok makan minyak untuk menggoreng

Bumbu Halus :

  • 3 siung bawang putih, goreng
  • 3 butir bawang merah, goreng
  • 5 butir kemiri, goreng
  • 1/2 sendok makan ebi, goreng

Cara Membuat Bakmi Godog Yogya :

  1.  Panaskan minyak. Tumis bumbu halus sampai harum. Sisihkan di pinggir wajan. Tambahkan telur. Aduk sampai berbutir.
  2.  Masukkan daun bawang, tomat, dan kol. Aduk sampai layu.
  3.  Masukkanlah ayam suwir, merica, gula pasir, dan garam. Aduk sampai merata. Tuangkan kaldu ayam. Lalu didihkan.
  4.  Masukkan lomi. Aduk rata. Masak sampai mendidih. Angkat.
  5.  Sajikan lomi bersamaan dengan taburan seledri dan juga bawang merah goreng.

 

Itulah tadi resep membuat bakmi goreng jawa beserta penjelasan lainnya, jika kalian tertarik dengan resep lainnya kunjungi juga artikel sebagai berikut Cara Membuat Tumis Kerang Saus Tiram Sederhana Rasa Istimewa.

Semoga artikel saya menjadi referensi kalian untuk memasak hidangan keluarga yang enak, sedikit tambahan bagi yang ingin memanggang olahan saya sangat menyarankan membeli panggangan sosis milik Rumah Mesin  karena selain praktis dan mudah juga membuat olahan semakin enak. Selamat mencoba