Resep Ayam Panggang Bumbu Rujak Dijamin Enak dan Renyah!!!

Resep Ayam Panggang Bumbu Rujak

Ayam merupakan satu dari sekian banyak bahan makanan familiar, tak hanya bagi masyarakat Indonesia, tapi juga masyarakat Dunia.  Salah satu olahan yang bisa kalian coba yaitu resep ayam panggang bumbu rujak . Seperti yang diinginkan kalian. Kalau ingin olahan kalian lebih nikmat, kalian bisa membuat olahan ayam pangggang bumbu rujak seperti dibawah ini. Yuk, simak resepnya!

 

Ayam Panggang Bumbu Rujak

Resep Ayam Panggang Bumbu Rujak

Ayam Panggang Bumbu Rujak adalah sebuah makanan yang asalnya dari Indonesia tepatnya daerah Jawa.Bahan utama yaitu ayam dan rujak, disebut berbumbu rujak dikarenakan banyaknya rempah-rempah yang sudah biasa dipakai didalam saus rujak buah. Makanan ini biasanya disajikan sebagai hidangan utama dalam keadaan hangat. Rasa daripada bumbu rujak biasanya manis pedas. Ayam panggang bumbu rujak bisa diolah menggunakan panggangan sosis juga.

 

Resep Ayam Panggang Bumbu Rujak

Bahan – Bahan :

  • 1 ekor ayam berat 900 gram, potong 2 bagian tanpa putus
  • 5 sdm minyak untuk menumis
  • 4 batang serai, memarkan
  • 5 lembar daun jeruk 3 cm jahe, memarkan
  • 250 ml santan kental
  • 4 sdm air asam jawa
  • 3 sdm kecap manis Bumbu halus
  • 12 cabai merah besar
  • 8 butir bawang merah
  • 8 siung bawang putih
  • 1 sdt terasi matang
  • 6 butir kemiri sangrai
  • 4 cm kunyit, bakar
  • 1/2 sdm garam

Cara Membuat Resep Ayam Panggang Bumbu Rujak :

  1. Lumuri ayam dengan air jeruk nipis dan garam, diamkan 15 menit. Cuci kembali dan tiriskan. Baca juga: 4 Tips Potong Ayam, dari Beli sampai Tentukan Jumlah Potongan
  2. Panaskan minyak, tumis bumbu halus bersama serai, daun jeruk, dan jahe sampai harum. Masukkan ayam, masak hingga berubah warna.
  3. Tambahkan santan, air asam jawa, dan kecap manis. Masak hingga ayam lunak dan kuah menyusut. Angkat.
  4. Panggang ayam di atas bara api. Olesi dengan sisa bumbu sambil dibolak-balik. Bakar sampai warnanya kecoklatan. Angkat. Ayam panggang bumbu rujak siap disajikan.

Manfaat Daging Ayam

Manfaat Daging Ayam

Ayam adalah unggas yang paling banyak diternak didunia dibalik bentuk dan dagingnya yang empuk ,  banyak manfaat yang terkandung  bagi tubuh manusia apa sajakah itu ? yuk simak manfaatnya dibawah ini :

1). Sumber Protein yg Baik

Salah satu manfaat daging ayam yg paling krusial yaitu menjadi asal protein yg baik buat otot. Bahkan, dari data U.S. Department of Agriculture, dada ayam adalah salah satu kuliner dengan sumber protein terbaik. 100 gr dada ayam mengandung 14,8 gr protein.

Sedangkan dalam umumnya, kebutuhan protein kalian merupakan 1 gr per 1 kilogram berat badan. Tentu dengan mengonsumsi 100 gr dada ayam saja telah memenuhi 1/4 kebutuhan protein harian orang menggunakan berat kurang lebih 60 kilogram.

Bukan cuma itu, kekayaan protein pada daging ayam juga bisa membantu pada pembentukan otot. Ini lantaran pada daging ayam terkandung protein jenis asam amino yg sangat baik buat kekuatan otot kalian.

2). Mengandung Vitamin & Mineral

Selain menjadi asal protein, daging ayam ternyata juga adalah asal vitamin & mineral yg baik buat tubuh. Manfaat daging ayam sebagai vitamin B yang berperan krusial buat membangun sel darah merah. Daging ayam juga mengandung vitamin D yg bisa membantu penyerapan kalsium & menguatkan tulang.

Selain itu, vitamin A yg terdapat pada dalamnya pun menyehatkan buat penglihatan & berperan krusial pada sistem imun. Manfaat daging ayam juga mampu dihasilkan oleh kandungan mineral misalnya zat besi yg mampu mencegah anemia. Selain itu, kalium & natrium yg terdapat pada dalamnya pun baik buat kesehatan gigi sampai otak.

3). Mengontrol Tekanan Darah

Penelitian pada Journal of Agriculture and Food Chemistry menemukan bahwa mengonsumsi ayam bisa berguna pada mengontrol tekanan darah. Hal ini terjadi lantaran ayam mengandung vitamin B3 atau niacin yg terbukti mempunyai pengaruh penurunan kadar kolesterol.

Manfaat daging ayam ini sangat baik buat mengontrol tekanan darah. Sehingga ayam sebagai galat satu asupan yg direkomendasikan buat orang hipertensi. Tetapi perlu dicatat, usahakan konsumsi ayam bagian dada yg rendah kalori & lemak.

4). Menurunkan Kolesterol

Manfaat daging ayam selanjutnya dihasilkan lantaran mengandung vitamin B3 yg bertugas menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL). Dengan mengonsumsi daging ayam secara rutin, kalian bisa mengontrol kadar kolesterol jahat (LDL) pada tubuh, yg bisa mengakibatkan banyak sekali macam penyakit misalnya penyakit jantung & stroke.

Kamu bisa mengonsumsi daging ayam menggunakan banyak sekali cara. Tetapi, yg paling baik supaya mampu menerima keuntungannya secara aporisma merupakan menggunakan cara direbus atau membuatnya menjadi sup.

5). Membantu Menghilangkan Stres

Manfaat daging ayam bisa bisa membantu menghilangkan stres. Hal ini lantaran pada daging ayam terkandung vitamin B5 & tryptophan, yg efektif buat meredakan stres. Asam amino triptophan pada daging ayam berfungsi misalnya obat anti depresi, sanggup menaikkan kadar serotonin pada otak, membantu melepaskan stres sebagai akibatnya mampu menaikkan suasana hati.

Kandungan tadi bisa menaruh pengaruh damai & meredakan ketegangan dalam otot, sebagai akibatnya bisa membantu menghilangkan stres. Saat kalian stres atau mempunyai suasana hati yg kurang baik, kalian bisa mengonsumsi sup ayam buat meredakannya.

6). Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Manfaat daging ayam berikutnya merupakan buat menaikkan metabolisme tubuh. Memiliki metabolisme yg bertenaga bisa menghindarkan kalian dari banyak sekali macam penyakit. Mengonsumsi daging ayam bisa membantu upaya menaikkan metabolisme tubuh. Kandungan vitamin B6 yg masih ada dalam ayam relatif efektif untuk mendorong enzim yg bisa menguatkan metabolisme tubuh & menjaga kesehatan pembuluh darah.

7). Mengurangi Risiko Terkena Kanker

Daging ayam mengandung sifat antioksidan yg disebut dengan selenium, yg efektif untuk membantu tubuh buat menghindari gambaran radikal bebas. Manfaat daging ayam ini relatif krusial bagi tubuh lantaran gambaran radikal bebas yg terlalu sering ke pada tubuh bisa mengakibatkan keluarnya banyak sekali penyakit, khususnya kanker.

8). Mencegah Penyakit Alzheimer

Belum banyak yg tahu, ayam dievaluasi mampu mencegah penyakit Alzheimer. Alzheimer merupakan penyakit otak yg menyebabkan penurunan daya ingat, berpikir, berbicara, & sikap yang lainnya.

9). Mengobati Flu

Manfaat daging ayam juga bisa mengobati flu. Mengonsumsi semangkuk sup ayam waktu sedang flu bisa meredakan kasus tadi. Selain itu, saat hidung tersumbat atau sedang sakit tenggorokan engkau jua mampu mengonsumsi sup ayam buat meredakannya.

Hal ini lantaran daging ayam mengandung asam amino sistein yg membantu memecah lendir. Tak hanya melancarkan lendir, kehangatan menurut sup ayam jua akan menaruh perasaan nyaman dalam tubuh.

10). Merawat Kesehatan Tulang

Terakhir, selain protein, daging ayam mempunyai beberapa kandungan mineral misalnya fosfor & kalsium. Dalam nutrisi mineral ini ternyata bisa membantu tubuh kalian untuk merawat kesehatan tulang supaya lebih bertenaga. Apakah diantara kalian ada yg merasa tulangnya keropos? Wah, kayaknya makan ayam jadi santapan yg pas buat membantu merawat kesehatan tulang kalian .

 

Kandungan Gizi Daging Ayam

Tips Memilih

1). Paha Ayam Bagian Atas

Jika mengonsumsi dengan cara dipanggang, bagian paha atas ayam akan memberikan kalian nutrisi sebanyak 210 kalori. Jumlah nutrisi lain diuraikan sebagai berikut : 21g protein, 12g lemak total, 3,5g lemak jenuh, 70mg natrium

2). Paha Ayam Bagian Bawah

Pada bagian paha ayam bagian bawah, kalian akan menemukan kalori yang lebih sedikit, yaitu 180. Untuk protein dan nutrisi lainnya, kalian mendapatkannya dengan jumlah sebagai berikut:  23g protein, 9g lemak total, 2,5g lemak jenuh, 75mg natrium

3). Sayap Ayam

Sayap ayam pada berat 84g mempunyai energi yang lebih tinggi dibandingkan paha, yaitu sebanyak 240kal. Untuk kandungan yang lainnya, kalian akan mendapatkan jumlahnya berikut ini: 23g protein, 16g lemak total, 4,5g lemak jenuh, 70mg natrium, 84g sayap ayam yang dipanggang menyumbang 240kal

4). Dada Ayam

Pada ayam bagian dada ayam ini adalah yang paling sehat. Bagian ini mengandung lebih banyak protein dibanding paha dan sayap. Pada jumlah yang sama, jumlah kalori dada ayam juga lebih rendah dibandingkan bagian lain, yakni 170.

Tak heran, dada ayam menjadi makanan primadona untuk orang yang menjalankan diet atau yang tengah membentuk otot.Berikut ini jumlah kandungan protein, lemak, dan natrium dari dada ayam pada berat 84 gram:
25g protein, 7g lemak total, 2g lemak jenuh, 60mg natrium. Dada ayam bisa dibuat untuk bahan dan cara membuat mie ayam.

Tips Menyimpan Daging Ayam

  1. Jika ayam belum dimasak atau sisa simpanlah pada lemari pendngin atau freezer,
  2. Daging ayam yang disimpan dikulkas tahan biasanya 1-2 hari,
  3. Jika disimpan di freezer bisa tahan sampai 6 bulan

Resep Ayam Panggang Lainnya

1. Resep Ayam Panggang Padang

Bahan – Bahan:

  • 500 gram daging ayam kampung
  • Garam dan merica secukupnya
  • 1 batang daun serai, geprek
  • 1 ruas jari lengkuas, geprek
  • 2 lembar daun salam
  • 4 lembar daun jeruk
  • 1 asam kandis
  • 400 ml air
  • 100 ml santan kental
  • 1 sendok teh gula pasir

Bumbu Halus :

  • 3 siung bawang putih
  • 6 siung bawang merah
  • 2 cm jahe
  • 2 cm kunyit
  • 3 butir kemiri
  • 10 cabai cabai keriting

Cara Membuat Resep Ayam Panggang Padang :

  1. Siapkan semua bumbu dan alat yang digunakan.
  2. Haluskan semua bumbu halus dalam cobek, sisihkan.
  3. Panaskan minyak didalam wajan, tumis bumbu setelah dihaluskan bersama serai. lengkuas, daun salam, daun jeruk sampai mengeluarkan bau harum dan matang sempurna.
  4. Tambahkan daging ayam yang sudah dipotong, aduk-aduk sampai merata sempurna.
  5. Masukkan 400 ml air, daun kandis, garam, dan gula. Masak sampai mendidih, bumbu meresap dan daging sedikit empuk.
  6. Tuangkan santan kental sedikit demi sedikit sambil diaduk-aduk, supaya santan tidak pecah.
  7. Masak dengan api sedang, masak sambil sesekali diaduk hingga kuah menyusut dan bumbunya juga meresap.
  8. Jika sudah matang, sisihkan.
  9. Olesi daging ayam berbumbu dengan bumbu kuah yang masih ada dan panggang. Ulangi langkah ini hingga daging ayam terakhir.
  10. Panggang daging ayam sampai tingkat kematangan yang diinginkan.
  11. Siapkan piring saji. Letakkan ayam panggang yang sudah matang di atasnya. Tambahkan lalapan dan nasi hangat di sebelahnya.
  12. Ayam panggang khas Padang siap dihidangkan.

2. Resep Ayam Panggang Kecap

Bahan – Bahan :

  • 1 kilogram daging ayam

Bumbu :

  • 8 siung bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 1 ruas jari jahe
  • 1 butir kemiri
  • Kecap manis secukupnya
  • Garam dan kaldu bubuk

Cara Membuat Resep Ayam Panggang Kecap :

  1. Cuci sampai bersih lalu potong daging ayam menjadi beberapa bagian. Olesi dengan garam dan merica.
  2. Setelah itu panggang hingga matang rata.
  3. Haluskan semua bumbu sampai benar-benar halus, lalu tumis dengan sedikit minyak sampai baunya harum.
  4. Tambahkan daun salam dan juga laos.
  5. Berikan segelas air matang dan penyedap rasa sesaat sesudah mendidih.
  6. Tambahkan ayam yang telah dipanggang. Untuk memperbaiki rasa, berikan kecap, garam, dan penyedap rasa secukupnya. Masak hingga airnya menyusut dan kering.
  7. Jika sudah matang, matikan kompor.
  8. Siapkan piring saji, letakkan ayam panggang di atasnya. Tambahkan nasi yang masih hangat dan lalapan agar cita rasanya bertambah.
  9. Ayam panggang bumbu kecap siap disajikan.

3. Resep Ayam Panggang Oven

Bahan – Bahan :

  • 6 potong daging ayam
  • 1 sendok teh adas butiran
  • ½ sendok teh jinten bubuk
  • paprika bubuk ½ sendok teh
  • ½ sendok teh merica bubuk
  • garam 1 sendok teh
  • bubuk bawang ½ sendok teh
  • ¼ sendok teh kaldu
  • 1 sendok teh gula pasir

Bahan Saus :

  • 2 sendok makan gula
  • saus tomat 1 sendok teh
  • 1 sendok teh saus inggris
  • cuka 1 sendok makan
  • 1 sendok teh saus cabai
  • Garam secukupnya
  • 1 buah jeruk nipis peras

Cara Membuat Resep Ayam Panggang Oven :

  1. Siapkan semua alat dan bahan yang dibutuhkan.
  2. Pertama, siapkan bahan olesan ayam, kemudian ulek sampai rata tercampur.
  3. Cuci sampai bersih lalu potong daging ayam menjadi beberapa bagian. Lalu lap dengan tisu serap hingga mengering.
  4. Tempatkan daging ayam ke dalam adonan baluran, Tunggu selama kurang lebih 30 menit di dalam lemari pendingin.
  5. Siapkan oven dengan suhu 180 derajat Celcius. Panggang daging ayam selama 1 jam di dalamnya.
  6. Sambil menunggu, siapkan bahan untuk membuat saus.
  7. Tuangkan semua bahan ke dalam panci, masak kurang lebih 10 menit sambil diaduk-aduk terus di atas api sedang. Tunggu sampai saus kental, lalu angkat. Sisihkan.
  8. Setelah satu jam, keluarkan ayam dari dalam oven. Kemudian celupkan semua daging ayam dalam saus.
  9. Silakan loyang yang telah diolesi mentega. Tata ayam dibagian atasnya, lalu panggang sekitar 20 menit dengan suhu 100 derajat Celcius.
  10. Jika sudah matang, letakkan dalam piring saji. Tambahkan lalapan untuk menambah cita rasa. Ayam panggang oven siap disantap.

4. Resep Ayam Panggang Bumbu Madu

Bahan-Bahan :

  • 4 potong daging ayam, terserah bagian apa saja
  • 3 ruas jari kunyit
  • 1 buah jeruk nipis
  • 2 sendok makan madu kental
  • 2 buah kemiri
  • 4 siung bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • Garam dan penyedap rasa secukupnya
  • 5 sendok makan kecap manis

Cara Membuat Resep Ayam Panggang Bumbu Madu :

  1. Cuci sampai bersih dan lalu potong daging ayam hingga menjadi beberapa bagian. Kemudian, lumuri daging dengan air perasan jeruk nipis. Diamkan selama 15 menit, diamkan hingga meresap.
  2. Ulek semua bumbu halus sampi tercampur rata kecuali madu dalam cobek.
  3. Siapkan sedikit minyak dalam wajan, panaskan. Tumis bumbu halus halus yang tadi, lalu tambahkan seliter air kemudian aduk-aduk.
  4. Untuk memperbaiki rasa, masukkan kecap dan juga madu secukupnya. Aduk merata sampai air berkurang dan sedikit menyusut. Angkat lalu tiriskan.
  5. Siapkan teflon atau juga bisa dengan wajan, lumuri minyak atau mentega, panaskan. Panggang daging ayam sambil sesekali dilumurii dengan kecap dan bumbu sisa ungkep. Lakukan step 5 ini berulang hingga habis.
  6. Panggang daging ayam sampai tingkat kematangan yang diinginkan. Sisihkan.
  7. Siapkan piring saji, letakkan ayam panggang di atasnya. Sajikan bersama nasi hangat, sambal terasi, dan lalapan.

5. Resep Ayam Panggang Rica – Rica

Bahan – Bahan :

  • 1 ekor ayam, potong menjadi 8 bagian
  • 1 butir jeruk nipis
  • 10 daun jeruk purut, buang tulang dari daunnya dan iris tipis-tipis
  • 3 sendok makan minyak goreng
  • 250 ml air
  • Garam, gula, dan kaldu bubuk secukupnya
  • 10 butir bawang merah
  • 15 buah cabai rawit merah
  • 1 butir tomat besar
  • 15 buah cabai keriting

Cara Membuat Resep Ayam Panggang Rica – Rica :

  1. Cuci daging ayam hingga bersih, lalu lumuri dengan air jeruk nipis dan garam. Sisihkan dan diamkan beberapa menit.
  2. Haluskan bumbu seperti bawang merah, cabai, bawang putih dan bahan yang lainnya.
  3. Siapkan minyak panas dalam wajan. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan dengan irisan daun jeruk hingga baunya menjadi harum dan juga sudah matang dengan rata.
  4. Kecilkan api, masukkan daging ayam. Aduk kembali hingga ayam berubah warna.
  5. Untuk memperbaiki rasanya, tambahkan air, garam, gula, dan kaldu bubuk. Masak sampai air menyusut dan bumbu meresap.
  6. Jika rasa sudah pas, angkat ayam berbumbu.
  7. Setelah itu, panggang daging ayam ke dalam oven yang sudah dipanaskan sebelumnya. Panggang selama kurang lebih 30 menit.
  8. Setelah 30 menit, keluarkan daging ayam panggang.
  9. Hidangkan ayam panggang rica-rica ke dalam mangkuk atau bisa juga dengan piring saji.
  10. Tambahkan lalapan dan juga taburi bawang merah goreng agar menambah cita rasa

 

Demikian pembahasan mengenai resep ayam panggang bumbu rujak yang bisa kalian coba dirumah serta beberapa resep lainnya. Semoga resep ini bisa menjadi inovasi olahan ayam pada resep dapur kalian. Semoga bermanfaat