Ternyata!!! Ini Dia Khasiat Cengkeh Untuk Kesehatan Anda

Khasiat Cengkeh Untuk Kesehatan

Cengkeh merupakan salah satu rempah yang mempunyai khasiat. Khasiat cengkeh untuk kesehatan sangatlah kompleks dan tidaklah mempunyai efek samping berarti.

Cengkeh atau Syzygium aromaticum yang populer untuk membumbui berbagai masakan pedas Ma Eropa.

Jika kita membahas manfaat cengkeh bagi kesehatan, hal ini dikarenakan kandungan nutrisinya. Kandungan cengkeh seperti energi, karbohidrat, serat, vitamin C, vitamin K, vitamin E, kalsium, mangan dan magnesium.

Cengkeh juga kaya akan kandungan kimiawi, seperti eugenol, resin, tanin, flavonoid, fenilpropanoid, sterol glukosida, asetilugenol, cinnamaldehyde, dan masih banyak lagi.

 

Khasiat Cengkeh Untuk Kesehatan

1. Khasiat Cengkeh Untuk Kesehatan | Tingkatkan Kekebalan Tubuh

Konsumsi cengkeh bermanfaat untuk meningkatkan sistem kesehatan tubuh, terutama saat terjadi pandemi virus corona seperti ini.

Antioksidan dan nutrisi berguna dalam meningkatkan jumlah sel darah putih dan mampu mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

2. Sistem Pencernaan Menjadi Lancar

Kandungan cengkeh bermanfaat dalam merangsang sekresi sistem pencernaan, menyembuhkan iritasi lambung, mengatasi perut kembung, dispepsia atau mual.

Bahkan mengkonsumsi cengkeh juga efektif untuk mengobati diare dan menahun kronis, lho Ma!

3. Khasiat Cengkeh Untuk Kesehatan dalam Mencegah dan Mengobati Rambut Rontok

Manfaat cengkeh juga ada di bidang kecantikan. cengkeh bisa mengatasi rambut rontok. Kandungan senyawa aktif cengkeh yang merangsang kesuburan rambut agar lebih tebal dan sehat.

Cukup oleskan minyak cengkih secara merata pada kulit kepala untuk hasil yang optimal. Hal ini bisa dicoba bagi Anda yang sudah mulai mengalami kebotakan.

Pembuatan minyak cengkeh biasanya dengan menggunakan mesin cengkeh agar lebih mudah dan efisien.

4. Meredakan Nyeri dan Peradangan

Kandungan anti inflamasi pada cengkeh berkhasiat dalam penyembuhan dan penyembuhan berbagai nyeri akibat peradangan. Kelompok peneliti menemukan khasiat cengkih yang ampuh untuk kesehatan ini.

5. Mengobati Mual dan Muntah

Mual dan muntah bisa disebabkan oleh banyak faktor. Salah satu cara untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan minyak cengkeh. Bahan-bahan tersebut efektif memberikan efek menenangkan dan meredakan mual.

6. Mencegah dan Mengatasi Ejakulasi Dini

Selain menambah cita rasa pada lintingan rokok, ternyata juga memberikan manfaat cengkeh untuk kejantanan pria.

Dengan mengoleskan krim yang mengandung cengkeh dan ginseng pada alat kelamin pria, hal ini berguna untuk mengobati ejakulasi dini.

7. Mampu Membunuh Bakteri

Cengkeh juga memiliki sifat antibakteri yang efektif membunuh dan menghambat pertumbuhan bakteri penyebab infeksi. Bahkan minyak dari cengkih dikatakan efektif membunuh bakteri E. coli dan kuman di kulit.

8. Mengatasi Kerutan Pada Kulit

Minyak cengkeh juga dikenal efektif menghilangkan flek hitam dan kerutan pada kulit wajah. Minyak herbal inipun mampu menyamarkan kulit dari bekas luka atau jerawat.

9. Melindungi Fungsi Hati

Manfaat cengkih bagi kesehatan juga karena kandungan antioksidannya yang dapat melindungi hati. Apalagi cengkeh bersifat hepatoprotektif yang berfungsi melindungi fungsi hati dari radikal bebas.

10. Menyembuhkan Sakit Maag

Gangguan maag juga bisa diobati dengan cengkeh herbal ini. Minyak atsiri cengkeh mampu merangsang produksi lambung yang berguna untuk melindunginya dari sariawan akibat asam lambung.

11. Meredakan Sakit Gigi

Kandungan eugenol pada cengkeh juga bermanfaat untuk menghilangkan rasa sakit dan gigi. Untuk memanfaatkan khasiat cengkeh bagi kesehatan, anda bisa merebus beberapa kuncup bunga cengkeh dalam air kemudian gunakan airnya untuk berkumur.

12. Khasiat Cengkeh Untuk Kesehatan dalam Memperkuat Tulang

Cengkeh mengandung ekstrak hidrokarbon dan senyawa fenolik (eugenol, flavon, flavonoid, dan isoflavon). Senyawa ini berkhasiat meningkatkan kepadatan tulang dan kandungan mineral tulang serta mencegah osteoporosis.

 

Itulah sederet khasiat / manfaat cengkeh bagi kesehatan. Mungkin bagi kalian masih asing manfaat tersebut. Semoga Bermanfaat…..