Cara Membuat Keripik Jamur Tiram Crispy

Sebagian dari anda mungkin sudah tak asing dengan jajanan satu ini. Rasanya yang gurih dari keripik jamur tiram ini mampu bertahan ditengah banyaknya panganan luar negeri berdatangan.

Panganan ini sangat cocok dijadikan sebagai menu cemilan saat santai bersama keluarga. Apalagi jika ditemani juga dengan minuman segar menjadikan suasana lebih nikmat.

Memang tidak semua jenis jamur aman dikonsumsi. Jenis jamur beracun juga dimungkinkan, namun jamur tiram ini sangat aman untuk tubuh manusia. Jenis jamur ini mengandung mineral trace element dengan sifat logam, namun kandungannya sangat rendah.

Cara Membuat Keripik Jamur Tiram

keripik jamur tiram

Agar jamur lebih renyah dan lebih lama, jangan lupa larutkan tepung terigu menggunakan air es. Soda kue juga membantu hasil kremes lebih keriting.

Bahan:

  • 500 gram jamur tiram
  • Bahan tepung pencelup:
  • 100 gram tepung terigu protein sedang
  • 1 siung bawang putih
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh merica bubuk
  • 1/4 sendok teh baking soda
  • 200 ml air es

Bahan Tepung Pelapis:

  • 100 gram tepung terigu protein sedang
  • 50 gram tepung maizena/tepung kanji
  • 1/4 sendok teh garam
  • Minyak goreng secukupnya
  • Saus sambal botolan/sambal bangkok secukupnya

Cara Membuat Keripik Jamur Tiram:

  1. Potong jamur tiram lebar dan berbunga-bunga menjadi satu gigitan.
  2. Parut bawang putih lalu campur dengan tepung untuk mewarnai. Tambahkan garam, merica bubuk, dan satu sendok teh soda kue. Sisihkan sebelum menambahkan air es.
  3. Siapkan tepung untuk breading dengan mencampurkan tepung terigu, maizena / pati dan garam. Aduk sampai tercampur rata.
  4. Tambahkan air es ke dalam campuran celup. Aduk rata sampai tidak ada gumpalan tepung. Lalu kita celupkan jamur tiram ke dalamnya satu per satu.
  5. Setelah dicelupkan ke dalam isian, lapisi jamur tiram dengan remah roti. Pastikan seluruh jamur tertutup lapisan tebal. Kemudian uleni sedikit hingga membentuk gumpalan di permukaan.
  6. Goreng jamur tiram dalam minyak panas hingga terendam seluruhnya. Sambil menggoreng, tutupi jamur dengan minyak panas.
  7. Keluarkan jamur tiram dari wajan saat sudah berwarna kuning kecoklatan.
  8. Tiriskan minyak dari jamur renyah dengan kertas atau koran penyerap minyak.
  9. Lalu sajikan dengan sambal.

Tips Agar Hasil Keripik Jamur Krispi dan Garing

Jika Anda membeli jamur renyah dari pasaran, Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana cara membuat jamur renyah yang renyah, enak dan tahan lama. Ternyata jamur tersebut tidak hanya digoreng dengan tepung saja, namun anda bisa menggunakan

Mesin Vacuum Frying agar hasilnya lebih sempurna dan lebih cepat.

Manfaat Jamur Tiram Bagi Kesehatan

Meski harga jamur tiram di pasaran tidak mahal, namun kandungan gizinya tinggi dan rasanya enak. Banyaknya manfaat jamur tiram bagi kesehatan antara lain: menjaga kesehatan jantung, mengurangi risiko tekanan darah tinggi dan stroke, menurunkan berat badan, mengatasi masuk angin dan demam, aman bagi penderita diabetes, mencegah kanker payudara, mengurangi risiko kanker prostat, dan melawan radikal bebas. Juga sangat berguna. Ibu hamil.

Sekian artikel hari ini membahas tentang cara membuat keripik jamur tiram crispy. Selain keripik jamur yang cocok menemani waktu santai anda keripik pare juga sangat cocok untuk teman anda di waktu santai.