Kerajinan Dari Tali Kur Selain Tas Itu Apa Saja? Yuk Simak Penjelasannya

Kerajinan Dari Tali Kur Selain Tas

Assalamualaikum temen temen, kembali lagi disini. Kali ini kita akan membahas Kerajinan Dari Tali Kur Selain Tas, itu apa saja? Mau tau lebih banyak? Yuk simak penjelasan berikut.

Definisi Tali Kur

Definisi Tali Kur

Tali kur adalah tali yang biasa digunakan untuk tali serut, tas fashion dan tas duvet, tali jaket, tali sweater, tali pramuka, dll. Tali kur juga tersedia dalam berbagai ukuran, warna dan bahan baku seperti poy, nilon, polyester, cotton, filament dan lainnya.

Kerajinan Dari Tali Kur Selain Tas

Kerajinan Dari Tali Kur Selain Tas

Tali tidak hanya identik dengan tas, tapi juga dompet. Saat mendengar kata tali kur, apa yang kamu pikirkan? Tali ini merupakan jenis tali yang banyak digunakan di toko kerajinan. Umumnya tali ini digunakan untuk membuat tas untuk dompet.

Tali kur atau melamin ini juga bisa dibuat di berbagai kerajinan tangan lainnya. Selain itu, tali kur ini kerap menjadi sarana pramuka dan kegiatan pecinta alam lainnya. Bagi kamu yang suka mengotak-atik, kamu bisa mencoba membuat kerajinan dompet dari tali kur. Pembuatan tas membutuhkan tali yang lebih besar dan prosesnya agak rumit. Karena itu kamu harus memulai dari yang kecil dulu, misalnya membuat dompet.

Bukan Hanya Tali Kur yang dapat dibuat menjadi sebuah kerajinan. Tapi semua benda baru atau bekas dapat kita ubah menjadi sebuah kerajinan asal kita berfikir kreatif. Contohnya kerajinan dari sedotan, kerajinan dari tali rafia, kerajinan dari plastik, dan masih banyak lagi.

1. Dompet Dari Tali Kur

Kamu bisa mencoba membuat dompet dari tali kur untuk membuat kerajinan tangan dari tali. Siapkan bahannya dan ikuti langkah-langkahnya dengan benar, ya!

Alat Dan Bahan :

  • Tali kur warna (sesuai yang kita inginkan) untuk panjang secukupnya saja
  • Gunting
  • Korek api
  • Resletin
  • Benang
  • Jarum

Cara Membuat Dompet Dari Tali Kur

  1. Pertama ambil 2 buah tali sekitar 1 meter, kemudian diambil bagian tengahnya sebagai acuan sehingga menjadi 4 bagian.
  2. Buat motif miring di tengah tali dan lingkaran di ujungnya.
  3. Biarkan tali memelintir satu bagian dua kali.
  4. Kemudian lakukan lagi di bawah.
  5. Kembali ke metode ini untuk bagian bawah dan untuk desain selanjutnya.
  6. Lakukan semuanya sampai ke bawah dan sampai bentuk dompet hampir selesai.
  7. Setelah selesai, ratakan batas bawah, sisakan bagian tali sebagai rel pembatas.
  8. Terakhir, pasang ujungnya agar dompet bisa ditutup.

Harga Dompet Dari Tali Kur

1. Dompet Tali Kur Macrame

Kamu bisa memakai tas kerajinan tali sebagai pilihan yang tepat. Tali kur ini lebih dikenal sebagai macrame. Macrame ini awalnya muncul pada abad ke-13 dan berasal dari penenun Arab. Kerajinan ini berkembang dan menjadi populer di Inggris pada akhir abad ke-17. Dan setelah itu kerajinan ini menyebar lebih jauh ke China dan belahan dunia lainnya.

Dompet Tali Kur Macrame ini keren untuk setiap kesempatan. Produk keren ini bisa kamu temukan di beberapa toko online seperti Bukalapak. Produk dengan berat 300 gram ini dapat dipesan dalam warna dan ukuran. Kamu bisa mendapatkannya dengan biaya sekitar Rp. 45.000.

2. Dompet Tali Kur Loreng Tentara

Dompet tali kur loreng tentara ini pasti akan menjadi hits. Nggak mau ketinggalan produk yang satu ini kan? Dengan berat 800 gram, dompet ini mudah dibawa-bawa. Produk yang satu ini terdiri dari tali yang tahan lama. Dapat meminta warna dan ukuran lain jika Anda mau. Produk ini bisa kamu dapatkan di online shop dengan harga Rp 200.000.

3. Dompet Tali Kur Motif Bunga Timbul

Jangan lewatkan Dompet Tali kur bermotif bunga timbul ini. Produk yang satu ini memiliki motif floral yang timbul timbul. Dengan berat 500 gram, ada banyak pilihan warna. Anda bisa membelinya di toko toko online dengan harga Rp70.000.

4. Dompet Tali Kur Dengan Motif Zig Zag

Jangan sampai melewatkan dompet tali tali kur motif zigzag ini. kamu bisa memberikan dompet yang satu ini sebagai hadiah. Produk 200 gram ini tersedia dalam warna hijau. Produk motif zigzag ini menarik dan cocok digunakan untuk hangout. Bisa dibeli dari Toko toko online seharga Rp 65.000.

5. Dompet Tali Kur Motif Cacing

Dompet tali kur motif cacing ini benar-benar menarik. Tentu kamu akan menyukai produk yang satu ini. Dengan berat 500 gram, produk ini tersedia dalam ukuran 16 x 12 cm. Warna produk yang satu ini bisa di request. Produk ini bisa kamu beli di toko toko online dengan harga Rp 50.000 di Bukalapak.

6. Dompet Tali Kur Motif Halilintar

Dompet tali kur motif petir atau halilintar ini keren untuk dipilih. Produk Dompet 500 gram ini ringan dan bisa dibawa kemana-mana. kamu dapat memilih warna apa pun yang Anda inginkan. Produk bisa dibeli dari Tokopedia dengan harga Rp 75.000.

7. Dompet Tali Kur Motif Kombinasi

Dengan Dompet Tali kur motif Kombinasi ini kamu dapat memasukannya ke salah satu koleksi aksesoris kamu. Dompet ini berukuran 16 x 10 cm. Dompet 200 gram ini bisa request warna dan ukuran. Kamu bisa membelinya di toko toko online dengan harga Rp 45.000.

8. Dompet Tali Kur Dengan Motif Bunga Pagar

Dompet Tali kur motif bunga Pagar ini bisa jadi koleksi kerenmu. Produk ini tersedia dalam berbagai warna. Berbahan kain satin berbulu, memakai resleting, memiliki berat 300 gram dan bisa dibeli di toko toko online seharga Rp 50.000.

9. Dompet Tali Kur Motif Lilit

Tas atau dompet motif lilit ini keren untuk menjadi milikmu. Dompet ini memiliki furing di bagian dalam, Dengan ritsleting, lebih aman untuk dibawa. Tersedia dalam warna penuh yang bisa di campur dan direquest. Produk memiliki berat 250 gram dan dapat meminta warna. Produk dapat dibeli dari toko toko online dengan harga Rp 50.000.

10. Dompet Tali Kur Motif Gg

Kamu bisa memiliki dompet ini dengan tali kur motif Gg. Produk keren ini memiliki berat 350 gram, warna dompet ini tersedia sesuai permintaan. Produk dapat dibeli dari Toko toko online dengan harga Rp 100.000.

Cara Merawat Dompet Dari Tali Kur

Tas dan dompet dari tali kur dikenal awet dan tahan lama. Namun, ini tidak berarti bahwa kita tidak bisa sembarangan meletakkannya di sekitar dan tidak merawat tas dengan baik. Perlu kamu ketahui cara merawat tas agar lebih awet dan bisa dipakai lebih lama.

Tas dan dompet dari tali kur ini bisa dicuci jika kotor. Namun, hindari penggunaan pemutih karena dapat merusak warna. Jika noda sedikit, lebih baik mengoleskan sedikit air pada area yang kotor dan membersihkannya dengan sikat gigi. Jika tali putus, kamu dapat memotongnya dan menyambungkannya kembali dengan api kecil.

Sebuah kerajinan bukan hanya dapat dibuat dari tali kur. tapi dari benda apapun, bahkan sampah jika didaur ulang akan menghasilkan sebuah kerajinan. Semuanya tergantung pada manusia, jika kita memiliki jiwa kreatif dan produktif pasti kita akan menghasilkan sebuah karya yang patut diapresiasi.

Kerajinan dapat dibuat dari apa saja tetapi pasti memiliki tingak kesulitan yang berbeda. contohnya cara membuat bunga dari kresek, cara membuat gelang dari benang, dan masih banyak lagi. Semua tergantung pada pola pikir kita.

Demikian Penjelasan Mengenai Apa saja Kerajinan Dari Tali Kur Selain Tas. Selamat Mencoba, semoga bermanfaat, sekian dan terimakasih