Kelebihan Minyak Kelapa yang Belum Diketahui

kelebihan minyak kelapa

Minyak kelapa murni (Inggris: virgin coconut oil) adalah minyak kelapa yang dibuat dari bahan baku kelapa segar, diambil minyaknya atau kernel-nya, diproses dengan pemanasan terkendali atau tanpa pemanasan sama sekali, tanpa bahan kimia dan RDB. Penyulingan minyak kelapa seperti di atas berakibat kandungan senyawa-senyawa esensial yang dibutuhkan tubuh tetap utuh. Minyak kelapa murni dengan kandungan utama asam laurat ini memiliki sifat antibiotik, anti bakteri dan jamur. Kelebihan minyak kelapa yang belum di ketahui bisa dibaca di artikel ini dan sangat bermanfaat.

Kelebihan Minyak Kelapa

kelebihan minyak kelapa

Manfaat dari Coconut oil untuk Tubuh

Minyak kelapa yang baik dan memiliki manfaat yang banyak adalah minyak kelapa murni atau VCO. Berikut ini manfaat minyak kelapa murni untuk kesehatan tubuh.

Digunakan untuk diet

Manfaat minyak kelapa murni atau VCO yang pertama adalah bisa kamu gunakan untuk program diet. Kamu bisa menggunakan minyak VCO untuk memasak atau dicampurkan pada makanan tertentu.

Minyak kelapa murni ini akan membantu menstimulasi metabolisme, yang bisa menyebabkan kenyang lebih lama. Lemak yang terkandung dalam minyak kelapa murni juga mudah dihancurkan dan dibakar oleh tubuh.

Kandungan polifenol untuk jantung

Manfaat minyak kelapa murni selanjutnya adalah untuk menjaga jantung agar selalu sehat. Kandungan polifenol dalam minyak kelapa VCO dapat mencegah terjadinya aterosklerosis, yaitu pengerasan dinding pembuluh darah akibat penumbukan plak lemak pada dinding pembuluh darah.

Mengurangi lemak jahat

Minyak kelapa murni ternyata bisa mengurangi lemak jahat yang ada dalam tubuh. Manfaat minyak kelapa murni dapat mengurangi kolesterol total, lemak jahat, dan trigliserida, dan bisa meningkatkan lemak baik.

Untuk diabetes

Manfaat minyak kelapa murni selanjutnya adalah untuk diabetes. Rantai asam lemak dalam minyak kelapa diduga dapat memperbaiki toleransi glukosa dalam tubuh. Pada kasus diabetes tipe 2, minyak kelapa juga dipercaya mampu memperbaiki sensitivitas insulin.

Mengurangi risiko alzheimer

Kandungan zat keton dalam minyak kelapa merupakan asal muasal perannya untuk kesehatan otak. Zat ini sangat baik untuk menjaga fungsi otak saat tubuh memiliki kandungan glukosa yang lebih rendah. Keton juga dapat membantu meningkatkan memori dan sangat berpotensi untuk membantu para penderita alzheimer.

Manfaat Coconut Oil untuk Kecantikan

Selain untuk kesehatan tubuh, manfaat minyak kelapa juga digunakan untuk kecantikan dan merawat kulit. Berikut ini beberapa manfaat minyak kelapa untuk kecantikan dan kesehatan kulit.

Mengobati jerawat

Minyak kelapa murni atau VCO yang mengandung asam laurat dapat mengurangi peradangan dan melawan bakteri pada jerawat.

Pelembab kulit

manfaat minyak kelapa berikutnya adalah untuk melembabkan kulit. Efek antibakteri yang terdapat pada minyak kelapa juga bisa digunakan pada penyakit kulir eksim dan psoriasis.

Kemudian efek antibakterinya juga sangat berguna untuk melawan penyebaran bakteri stafilokokus pada penyakit ini. Minyak kelapa juga dipercaya bisa melembabkan bibir yang kering atau pecah-pecah.

Untuk scrub

Minyak kelapa juga bisa dugunakan sebagai scrub tubuh untuk mengangkat sel kulit mati pada tubuh. Caranya sampurkan setengah gelas minyak kelapa dengan setengah gelas garam. Kemudian gunakan campuran ini untuk scrub saat mandi.

Menghilangkan noda hitam

Minyak kelapa mengandung vitamin E yang mampu menyamarkan noda bekas jerawat, noda hitam tanda penuaan dini, hingga noda bekas luka. Caranya dengan mengoleskan minyak kelapa di area yang diinginkan. Lakukan dengan rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Sekarang kamu telah memahami manfaat minyak kelapa yang belum diketahuin, dan jangan lupa untuk membaca artikel lain disini