Bawang merah (Allium cepa L. var. aggregatum) adalah salah satu bumbu masak utama dunia yang berasal dari Iran, Pakistan, dan pegunungan-pegunungan di sebelah utaranya, tetapi kemudian menyebar ke berbagai penjuru dunia, baik sub-tropis maupun tropis.

Wujudnya berupa umbi yang dapat dimakan mentah, untuk bumbu masak, acar, obat tradisional, kulit umbinya dapat dijadikan zat pewarna dan daunnya dapat pula digunakan untuk campuran sayur. Tanaman penghasilnya disebut dengan nama sama

Bawang Merah

Bawang Merah

Untuk Kecantikan

Cerahkan Kulit

Memiliki kandungan flavonoid dan vitamin C yang cukup tinggi ini dipercaya ampuh membantu cerahkan kulit, lho.

Cara membuat masker sangat mudah untuk cerahkan kulit juga terbilang mudah. Pertama, campurkan air perasan bawang merah yang sudah dihaluskan, dengan susu, bubuk pala dan teh hingga membentuk pasta kental.

Lalu oleskan pada wajah dan diamkan selama 15-20 menit, kemudian bersihkan masker dengan air hangat.

Mengobati Peradangan Jerawat

Bawang merah mengandung zat yang berfungsi sebagai anti bakteri dan anti peradangan, lho! Makanya, ini bisa kita manfaatkan untuk mengobati peradangan jerawat.

Kita bisa campurkan parutan ini dan minyak zaitun, dengan komposisi 1:1. Setelah itu, oleskan parutan bawang ke wajah yang berjerawat.

Diamkan dulu selama 20 menit, lalu bilas dengan air smapai bersih. Lakukan secara teratur ya

Menyuburkan Rambut

Kandungan sulfur yang cukup tinggi pada ini yang sedang dijelaskan juga mampu merangsang pertumbuhan rambut, lho.

Enggak hanya itu, kalau kita mengaplikasikan bawang merah pada akar, batang sampai pangkal rambut, itu akan menguatkan rambut yang rapuh.

rambut jadi lebih kuat dan enggak gampang rontok dan patah lagi.

Caranya simpel banget, kita cukup haluskan beberapa siung bawang merah, kemudian oleskan pada akar, batang dan pangkal rambut.

Pijat-pijat lembut dan diamkan selama 15 menit. Lalu bilas dengan air bersih dan shampo biar enggak bau.

Atasi Ketombe

Bawang merah juga ampuh atasi masalah ketombe,

Dengan komposisi 1:1, kita bisa campurkan perasan jeruk nipis dan ini yang sudah dihaluskan.

Pakai pada kulit kepala secara merata, diamkan selama 10-15 menit kemudian bilas dengan shampo hingga bersih.

Untuk Kesehatan

Menurunkan Demam

Manfaatnya ada untuk bayi bisa untuk menurunkan demam. Cukup campurkan parutan bawang dengan minyak kelapa dan sedikit asam dan balurkan ke tubuh secara merata, khususnya punggung dan perut sehingga bisa menghangatkan badan.

Melancarkan Pernapasan

Lendir yang terdapat pada tenggorokan dan bisa menghambat jalur pernapasan bisa teratasi dengan mengonsumsi bawang merah. Cukup memakannya saat mentah atau acar agar tubuh terasa hangat dan melancarkan pernapasan.

Mengatasi Masuk Angin

Selain pernapasan, bawang merah juga bisa menjadi obat masuk angin. Cukup potong umbinya saja dan campur dengan sedikit minyak kelapa. Kemudian, gosok-gosokkan campuran ke area punggung hingga kulit berwarna kemerahan.

Menurunkan Kolesterol

Kolesterol yang berlebihan tidak baik bagi tubuh manusia. Tetapi, dengan mengonsumsi bawang merah, kadar kolesterol bisa berkurang karena memperlancar mobilisasi dan menghindari hambatan penumpukan.

Mengobati Luka

Umbinya sangat berguna dan bisa digunakan untuk mengatasi luka pada tubuh. Caranya cukup mengiris-iris umbi bawang merah kemudian campur dengan minyak kelapa dan garam. Panaskan semua bahan hingga mendidih.

Setelah itu, dinginkan bahan yang telah tercampur dan oleskan pada luka secara rutin, minimal tiga kali sehari. Dengan begitu, luka pada tubuh akan cepat kering dari luar dan dalam.

Jangan Lupa Membaca Artikel Tentang Mesin Pengupas Bawang yang bisa membuat bawang goreng dan bisa membantu usaha Anda.