Kandungan Gizi Yang Terdapat Pada Santan Kelapa

Santan sering kali dikaitkan dengan makanan yang mengandung lemak dan kolesterol tinggi. Faktanya, ada banyak kandungan gizi yang terdapat pada santan kelapa san juga perlu diketahui manfaat santan yang sebenarnya baik untuk kesehatan jika cara pengonsumsiannya tepat, mulai dari memperkuat daya tahan tubuh hingga menjaga kesehatan jantung.

Kandungan Santan

Baca Juga : cara membuat minyak kelapa organik alami

Kandungan Santan

Tidak hanya harganya yang cukup murah serta mudah ditemukan, santan kelapa juga memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh yaitu berkat kandungan beragam yang cukup bernutrisi yang ada di dalamnya. Dalam ukuran 100 ml santan, terkandung cukup banyak sekitar 75 kalori dan berbagai macam jenis nutrisi yang terkandung didalamnya.

jika dari buah kelapa, santan kelapa mengandung lemak yang cukup tinggi, jenis lemak yang ada atau yang terkandung pada santan yaitu lemak nabati yang cukup sehat. Yang artinya, santan tidak mengandung jahat (LDL). Santan tersebut juga memiliki kandungan vitamin B serta kandungan antioksidan yang sudah cukup tinggi.

Manfaat Santan Kelapa

Manfaat Santan Kelapa

Ada berbagai macam khaasiat – khasiat yang bisa Anda dapatkan dari air santan yang terdapat pada buah kelapa, mulai dari kesehatan jantung hingga mendapatkan berat badan yang ideal. dari berkat yang tedapat pada kandungan nutrisinya yang cukup berlimpah, ragam manfaat yang terdapat santan bagi kesehatan sudah tidak perlu diragukan lagi.

Maka tidak perlu diragukan lagi, saat ini air santan sudah memperoleh popularitasnya di komunitas kesehatan serta sudah digunakan sebagai alternatif pengganti susu. Air kelapa yaitu cairan yang terdapat di dalam kelapa, sedangkan santan tersebut didapatkan berasal dari daging buah kelapa tua yang berwarna putih.

1. Menjaga Kolestrol baik

Dari sebagian besar masyarakat mungkin menganggap banyak yang menganggap santan dapat memicu meningkatnya kadar kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh. Padahal perlu di ketahui, santan tidak mempunyai kandungan kolesterol jahat serta bermanfaat sekali untuk menjaga kadar kolesterol baik (HDL) yang ada di dalam darah.

Berkat manfaat santan yang ini, tubuh kita dapat terhindar dari jenis penyakit kardiovaskular, seperti contohnya stroke dan serangan jantung. Untuk mendapatkan khasiat santan tersebut, kita sangat perlu untuk hindari konsumsi santan dengan campuran gula atau makanan yang sudah tentu tinggi kolesterolnya, misalnya daging berlemak atau jeroan

2. Memperkuat sistem imun tubuh

Beberapa peneliti menunjukkan kalau zat asam laurat yang terdapat pada santan tak hanya bisa dapat menjaga kadar kolesterol yang baik di dalam tubuh, tetapi juga dapat memperkuat daya tahan tubuh yang tentunya menyehatkan sistem imun kita yang dapat terancam kapan pun saja.

Bersamaannya dengan kandungan antioksidan yang di peroleh serta nutrisi lain didalamnya, seperti protein, santan dipercaya bisa memperkuat sistem kekebalan imun sehingga tubuh kita menjadi lebih kuat untuk melawan penyakit infeksi, misalnya influenza, selain dar itu, santan juga diketahui bermanfaat untuk menjaga kuman baik.

3. Menjaga berat badan ideal

Air santan tersebut mempunyai kandungan yang menyehatkan yang disebut medium chain triglycerides atau (MCTs), beberapa peneliti menyatakan bahwa dari cairan santan dapat mengurangi nafsu makan serta juga dapat menigkatkan pembakaran lemak yang terdapat didalam tubuh. Dengan begitu, santan dapat menjaga berat badan yang ideal.

Tapi perlu kita ketahui dan kita ingat,tetaplah mengkonsumsi santan dengan porsinya yang cukup dan juga tidak berlebihan. Hal ini dikarenakan berat badan kita agar tetap bisa meningkat jika mengkonsumsi santan dalam jumlah yang cukup banyak sekali.

4. Meningkatkan kesehatan jantung

Beberapa penelitian telah menghubuhng – hubungkan deit kaya akan lemak jenuh dengan kolestrol yang tinggi serta peningkatan resiko penyakit jantung. beberapa dari orang mungkin tidak berfikir santan bermanfaat untuk menyehatkan jantung karenamelihat dari kadar lemaknya yang cukup tinggi.

Selain dari itu, faktor genetika sangat berperan dalam bagaimana metabolisme lemak jenuh seseorang dan juga sejauh mana lemak tersebut berdampak pada sistem kesehatan.Beberapa peneliti juga telah menyelidiki efek dari santan untuk kolesterol, perlu diketahui bahwa minyak dari santan kelapa mempunyai banyak lemak yang berefek kurang dramatis untuk kolesterol.

Nah inilah manfaat santan kelapa untuk sejuta olahan kandungan gizi dan juga manfaat yang kita dapat peroleh jika mengkonsumsis santan dengan jumlah porsi yang cukup dan juga tidak berlebihan. Baik lah semoga informasi ini dapat membatu dan bermanfaat juga untuk kehidupan kedepannya, sekian dan terima kasih.