Cocomesh sebagai Pengendali Erosi Yang Perlu Dilakukan

Cocomesh Sebagai Pengendali Erosi

Pengendalian erosi harus dilakukan untuk menghindari pengikisan. Salah satu solusinya yaitu cocomesh sebagai pengendali erosi. Mari simak ulasannya!

Cocomesh

cocomesh

Pencegahan Erosi Jaring Sabut Kelapa (Cocomesh (coconut coir net)) Anyaman sabut kelapa, sering disebut juga dengan istilah anyaman jaring geotekstil atau Cocomesh, adalah serat yang dibuat tanpa bahan kimia. Cocomesh mesh ini adalah media yang sempurna untuk melindungi lereng dari erosi. Bahkan penggunaannya dapat menumbuhkan tanaman baru yang dapat memperkuat struktur tanah.

Penggunaan anyaman geotekstil atau cocomesh untuk rekayasa biokimia, pembangunan jalan, pengendalian penguapan pada lereng tebing. Cocomesh ini 100% murni organik dan ramah lingkungan, serta dibuat murni dari cocofiber. Daya tahan jaring sabut kelapa ini adalah 5 tahun atau lebih, hampir sama dengan jaring sintetis.

Serat pada jaring serabut kelapa memiliki kemampuan menahan air dan bersifat biodegradable, kondisi ini sangat baik untuk memudahkan dalam menumbuhkan tanaman. Tujuan lainnya adalah penggunaan geotextile atau cocomesh mesh sebagai hiasan di taman, perlindungan terhadap erosi, stabilisasi dari penguapan di lereng, pembangunan jalan, pemupukan tanah hias kolam.

Keunggulan Cocomesh

Cocomesh memiliki beberapa keunggulan, diantaranya:

  • Bahan adalah serat alami
  • Bahan serat yang kuat, bisa bertahan lama tapi bisa terurai secara hayati
  • Mampu menahan air
  • Cocomesh juga bisa digunakan sebagai pupuk tanah
  • Menurut salah satu sumber, cocomesh ini bisa bertahan sekitar 4 tahun atau lebih
  • Cocomesh ini tidak menimbulkan residu yang berbahaya
  • Memperbaiki area tanah di mana kelembaban telah hilang karena aktivitas tertentu
  • Cocomesh sangat cocok untuk daerah atau daratan yang landai atau berbatu, karena sifat materialnya yang elastis
  • Memiliki ketahanan terhadap jamur
  • Mudah dibersihkan

Dimensi Cocomesh

Cocomesh memiliki beberapa dimensi :

  • Jarak antar tali: 2 × 2 cm, 3 × 3 cm, 4xcm
  • Diameter tali: 0,4 – 0,7 cm
  • Dimensi: 1 × 50m, 1x30m, 2x25m, 2x30m, 2 × 50m sebagai persyaratan
  • Harga: sesuaikan ukurannya
  • Kapasitas produksi:> 20.000 m2 / bulan
  • Pengangkutan: kontainer 20 ft ~ 4300 m2, truk fuso ~ 6000 m2, truk tronton ~ 10.000m2

Cocomesh Sebagai Pengendali Erosi

Cocomesh Sebagai Pengendali Erosi

Biasanya cocomesh (coir net geotextille) atau jaring sabut kelapa dibuat menjadi jaring dari sabut kelapa. Dan Cocomesh biasanya diaplikasikan pada lereng, tebing, taman, drainase bahkan pada garis pantai untuk melindungi garis pantai dari ancaman abrasi air laut.

Teknologi sabut kelapa pada awalnya digunakan dalam pembuatan jok mobil Mercedes, karena bahan sabut kelapa bersifat alami, tidak berbau, memiliki kandungan daya serap air yang tinggi, mampu menyerap bau pada permukaannya, tidak berjamur, tidak akan berubah bentuk dan memiliki Lifetime yang panjang. Oleh karena itu, saat ini sabut kelapa banyak digunakan pada industri furniture untuk pembuatan kasur, sofa dan karpet.

Penggunaan sabut kelapa semakin meluas dengan ditemukannya teknologi pengendalian erosi berupa Cocomesh. Cocomesh sangat cocok digunakan pada lahan miring karena bahan alaminya, media tanam tanaman, dapat menyerap air pada saat curah hujan tinggi, mampu membaur dan terurai dengan tanah, menjadi humus pada tanah yang tidak bergizi baik, dan dapat menjadi a teras untuk mengurangi kontak air hujan langsung ke tanah pada saat curah hujan tinggi.

Produk kami juga telah diekspor ke negara-negara seperti Korea, Jepang, Cina, Jerman, Belanda, dan Luksemburg. Cocomesh juga digunakan untuk reklamasi bekas wilayah pertambangan sesuai peraturan pemerintah bagi semua perusahaan yang melakukan kegiatan eksplorasi untuk menanami kembali lahan yang rusak setelah kegiatan penambangan selesai. Cocomesh juga cocok digunakan pada lahan landai di pinggir jalan atau jalan tol meski sudah diaplikasikan dengan bored pille.

Itulah ulasan mengenai cocomesh yang bisa dijadikan sebagai pengendali erosi. Jika cocomesh bisa di gunakan untuk pengendalian erosi maka akan berdampak baik baik keseimbangan alam. Sekarang juga banyak para orang yang menjual cocomesh, salah satunya rumahsabut.com memberikan penawaran jual cocomesh murah dan berkualitas. Silahkan bisa di kunjungi dan semoga bermanfaat.