Cemilan Gorengan Untuk Buka Puasa Yang Sedap

Cemilan Gorengan Untuk Buka Puasa

Gorengan atau goreng tepung adalah berbagai jenis makanan yang dicelup adonan tepung dan kemudian digoreng rendam dalam minyak goreng panas yang banyak. Cemilan Gorengan untuk buka puasa juga mudah di cari.

Cemilan Gorengan

Cemilan Gorengan

Gorengan adalah berbagai jenis makanan yang dicelup adonan tepung dan kemudian di goreng dalam minyak goreng panas yang banyak.

Cemilan adalah istilah bagi makanan yang bukan merupakan menu utama. Makanan yang menganggap makanan ringan merupakan makanan untuk menghilangkan rasa lapar seseorang sementara waktu, memberi sedikit pasokan tenaga ke tubuh, atau sesuatu yang dimakan untuk menikmati rasanya.

Sejarah Gorengan

Prasasti Rukam yang kita temui di Temanggung sebelas abad yang lalu menyebutkan hidangan disajikan setelah adanya sima (tanah bebas pajak). Makanan tersebut mengolah dengan cara Kasih Garam dan membakar. Proses pengolahan ikan dan daging yang berbeda tidak dijelaskan.

Cemilan Gorengan Untuk Buka Puasa

Cemilan Gorengan

1. Cemilan Gorengan Untuk Buka Puasa Tempe Mendoan

Bahan-bahan:

  • 3 bungkus Tempe
  • 12 sendok makan Tepung Terigu Protein Sedang
  • 1 sendok makan Tepung Maizena dan Tepung Beras
  • 1/2 sendok teh Baking Powder
  • 2 batang Daun Bawang
  • 3 siung Bawang Putih
  • 1 sendok teh Ketumbar
  • 2 cm Kunyit
  • secukupnya Garam dan Kaldu Ayam Bubuk

Cara Membuat Cemilan Gorengan Untuk Buka Puasa Tempe Mendoan:

  1. Siapkan tempe, potong tempe menjadi lembaran tipis. Saya menggunakan tempe kotak dan saya potong menjadi 5 bagian untuk 1 bungkusnya.
  2. Haluskan bumbu. Campur jadi satu dengan terigu, maizena, tepung beras, baking powder, air, dan daun bawang hingga didapat adonan yg kental.
  3. Celupkan tempe ke adonan kemudian goreng pada minyak yang panas dan banyak. Tempe mendoan siap disajikan dengan cabe ijo ceplus ya.

2. Cemilan Gorengan Untuk Buka Puasa Bakwan

Bahan-bahan:

  • 50 gr kol iris halus
  • 50 gr toge
  • 1 buah wortel potong-potong
  • 1 batang saledri iris halus
  • 6 sdm tepung terigu
  • 2 sdm tepung beras
  • 1 sdm tepung tapioka
  • Secukupnya garam, kaldu bubuk
  • Minyak

Cara Membuat Cemilan Gorengan Buka Puasa Bakwan:

  1. Cuci semua sayuran.
  2. Dalam wadah campur semua bahan. Lalu aduk-aduk cek rasa.
  3. Panaskan minyak api sedang. Lalu ambil 1 sdm. Lakukan sampai habis.
  4. Sajikan bakwan dengan cabai lalap.

3. Cemilan Gorengan Untuk Buka Puasa Pisang Molen

Bahan-bahan:

  • 1 kg tepung terigu payung biru
  • 200 gr gula pasir
  • 100 gr margarin
  • Sejumput garam
  • 2 sachet panili
  • Secukupnya air
  • Minyak untuk menggoreng
  • Secukupnya pisang raja nangka/kepok pipit/magelang potong serong

Cara Membuat Cemilan Gorengan Untuk Buka Puasa Pisang Molen:

  1. Campur terigu, gula pasir, garam, panili dan margarin sampai rata.
  2. Tuang air sedikit demi sedikit, sampai adonan kalis dan terasa ringan.
  3. Ambil sedikit adonan, giling menggunakan alat pembuat molen dari angka 1-6.
  4. Ambil pisang yang dipotong serong lalu lilitkan dengan adonan kulit.
  5. Goreng molen dalam minyak dingin lalu besarkan api sampai semuanya matang, menjelang kuning keemasan kecilkan api.

Berbuka Puasa Dengan Gorengan

Umat Islam selalu merindukan bulan puasa Ramadhan. Lalu setelah seharian berpuasa menahan lapar dan haus, salah satu momen yang paling menantikan adalah menjelang waktu berbuka puasa.

Lalu biasanya banyak penjaja takjil atau jajanan buka puasa yang menjajakan di pinggir jalan ya, jajanan ini laris dan beragam mulai dari makanan seperti kolak hingga gorengan.

Tapi pada umumnya orang makan dulu sebelum makan berat. Tak heran jika snack menjadi sajian favorit. Setelah itu, kebanyakan orang memilih jajanan terbuka dengan variasi rasa yang manis, namun ada juga yang memilih rasa gurih seperti digoreng. Kedua jenis makanan ini memang menggugah selera semua kalangan.

14 Macam Cemilan Gorengan

1. Tempe Mendoan

Tempe Mendoan memiliki cita rasa yang berbeda. Keunikan tempe mendoan adalah proses pemanggangannya tidak sepenuhnya matang.

2. Bakwan

Jajanan ini juga dikenal di seluruh pelosok negeri, dengan nama yang sedikit berbeda di tiap daerah. Campuran sayuran yang berbeda ini adalah camilan goreng favorit orang. Setiap penjual gorengan pasti selalu berada di suatu tempat.

3. Pisang Molen

Pisang molen kita sukai oleh tua dan muda, tetapi terutama oleh anak-anak. Selain itu, kini ada inovasi dari pihak penjual dengan membuat tahi lalat pisang ukuran mini.

4. Tahu Isi

Jajanan goreng yang selalu dibeli dari penjual gorengan adalah tahu. Camilan yang satu ini hanyalah potongan tahu yang diisi dengan berbagai jenis sayuran cincang.

5. Gandas Turi

Camilan goreng berikutnya adalah gandasturi. Camilan berbahan dasar kacang hijau ini mulai jarang ditemukan di penjual gorengan

6. Ubi Jalar Goreng

Jajanan sederhana ini juga bisa menjadi pendamping santai sore hari. Apalagi saat cuaca hujan, seperti yang sering terjadi belakangan ini. Untuk membuatnya sangat mudah. Bahan yang perlu disediakan sedikit dan lugas.

7. Pisang Goreng Kipas

Pisang goreng menjadi salah satu alternatif jajanan gorengan saat berkumpul bersama kerabat dan teman. Rasa gurih dan manisnya pisang goreng kipas ini bisa menambah kemeriahan suasana.

8. Singkong Keju

Keju singkong merupakan salah satu jajanan pinggir jalan di Indonesia. Keju singkong merupakan salah satu jajanan yang populer di Indonesia dan mudah ditemukan di warung-warung grosir dan gerobak.

9. Pisang Crispy

Cemilan ini menawarkan rasa pisang yang manis dengan balutan tepung renyah yang krispi. Bisa dinikmati kapan saja dan di mana saja.

10. Bakwan Jagung

Salah satu cemilan goreng yang cukup disukai anak-anak maupun dewasa adalah bakwan jagung. Sayuran utama yang digunakan sebagai bahan sudah tentu jagung. Pilihlah jagung manis untuk membuat bakwan ini agar rasanya lebih gurih.

11. Cireng

Cemilan berbahan dasar aci atau tepung kanji ini termasuk favorit semua usia. Kekenyalan cireng dan rasa gurih yang ditawarkan membuatnya selalu menjadi rebutan ketika disajikan di atas piring.

12. Martabak Telor

Cemilan goreng terakhir adalah martabak telor. Martabak ini juga mudah dicari. Terutama di depan Pasar Tradisional atau Di Pinggir Jalan pada umumnya.

13. Tahu Pong

Adalah tahu  kecil-kecil yang mengembang setelah diangkat dari wajan. Tahu ini telah menjadi hidangan khas sejak dulu di Semarang yang disajikan bersama udang, lalu kuah kecap dan telur.

14. Susu Goreng

Ternyata susu itu enak kalau membuat gorengan juga. Sekilas, susu kreasi ini seperti nugget. Tetapi ketika saya mencobanya, rasanya lucu dan sangat lembut. Lalu disebabkan penggunaan susu cair sebagai bahan utama dan tambahan rasa manis sebagai pengganti gula.

Sekian dari artikel saya semoga bermanfaat cemilan gorengan untuk buka puasa yang saya berikan, Saya rekomendasikan menggunakan peluang bisnis tanaman hidroponik agar kerja lebih mudah. Selamat mencoba!