Cemilan Gorengan Sederhana DiJamin Ketagihan

Cemilan Gorengan Sederhana

Gorengan atau goreng tepung adalah berbagai jenis makanan yang dicelup adonan tepung dan kemudian digoreng rendam dalam minyak goreng panas yang banyak. Cemilan Gorengan Sederhana juga mudah di cari.

Cemilan Gorengan Sederhana

Gorengan Sederhana

Gorengan adalah berbagai jenis makanan yang dicelup adonan tepung dan kemudian di goreng dalam minyak goreng panas yang banyak.

Cemilan adalah istilah bagi makanan yang bukan merupakan menu utama. Makanan yang menganggap makanan ringan merupakan makanan untuk menghilangkan rasa lapar seseorang sementara waktu, memberi sedikit pasokan tenaga ke tubuh, atau sesuatu yang dimakan untuk menikmati rasanya.

Sejarah Gorengan

Prasasti Rukam yang kita temui di Temanggung sebelas abad yang lalu menyebutkan hidangan disajikan setelah adanya sima (tanah bebas pajak). Makanan tersebut mengolah dengan cara Kasih Garam dan membakar. Proses pengolahan ikan dan daging yang berbeda tidak dijelaskan.

Cemilan Gorengan Sederhana

Gorengan Sederhana

1. Cemilan Gorengan Sederhana Martabak Lipat

Bahan-bahan:

  • 180 gram daging giling
  • 1/2 butir bawang bombay cincang halus
  • 1/2 sdt gula pasir
  • Garam secukupnya
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • 1/2 sdt bubuk kari
  • Minyak goreng secukupnya

Bahan-bahan Tambahan:

  • 4 butir telur, kocok lepas
  • 4 batang daun bawang iris

Bahan-bahan Kulit:

  • 100 gram tepung terigu
  • 1 butir telur, kocok lepas
  • 1/2 sdt garam
  • 1 sdm minyak sayur
  • Air kurang lebih 200ml

Cara Membuat Cemilan Sederhana Martabak Lipat:

  1. Campur tepung, telur,garam, tuang air sedikit demi sedikit sampai kekentalan adonan sedang. Masukkan minyak sayur, aduk rata.
  2.  Tuang adonan martabak 1 sendok sayur di pan yang sudah dipanaskan, ratakan.
  3.  Tunggu sampai pinggiran mengeras. Tuang secukupnya bahan isi di tengah. Lipat kanan kirinya dengan spatula/sendok.
  4. Balik adonan, tunggu isian sedikit mengeras. Angkat dan sisihkan.
  5. Goreng martabak hingga kecokelatan kedua sisinya, angkat dan tiriskan.

2. Cemilan Gorengan Sederhana Cireng Tahu

Bahan-bahan:

  • 2 papan/200 gram tahu putih, hancurkan dengan garpu
  • 2 sdm tepung sagu
  • 1 daun bawang iris
  • 1/2 sdm bawang putih bubuk/3 siung bawang putih haluskan
  • 1 sendok teh garam
  • 200 ml air
  • 200 gram tepung sagu (tepung kering)
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat Cemilan Sederhana Cireng Tahu:

  1.  Untuk biang: Masukkan semua bahan biang ke wadah, aduk rata. Masak dengan api kecil hingga mengental, matikan api.
  2. Tuang biang ke tepung kering, aduk asal (tidak terlalu rata).
  3. Bentuk adonan jadi pipih, goreng dengan api sedang hingga matang atau krispi, angkat dan tiriskan.

8 Cemilan Gorengan Sederhana

Gorengan merupakan camilan khas Indonesia yang sering diburu karena memiliki rasa yang enak, dan harga yang relatif murah. Kini semakin berkembangnya jaman, banyak inovasi aneka gorengan unik yang dijual oleh pedagang gorengan.

1. Es Krim Goreng

Pernah bayangin gak es krim digoreng bakal jadi apa? Pastinya akan meleleh. Tetapi berbeda dengan camilan es krim goreng, hal ini disebabkan es krim dibaluri dengan tepung tapioka dan panir agar saat digoreng tidak meleleh.

Es krim goreng memiliki rasa yang gurih, renyah, dan pastinya dingin. Camilan ini biasanya tersedia di cafe atau restoran saja. Jarang didagangkan secara keliling, hal ini disebabkan proses produksi yang cukup lama. Satu porsi es krim goreng biasanya berisi 3pcs dengan varian rasa yang berbeda.

2. Cimol

Cimol atau cilok molor merupakan salah satu aneka gorengan unik dan sangat menguntungkan bila dijual. Camilan ini terbuat dari tepung kanji yang berbentuk bulat kecil. Biasanya cimol digoreng setengah matang, agar tekstur molornya terasa.

Untuk menambahkan rasa cimol yang gurih, biasanya pedagang akan memberikan tambahan bumbu serbuk seperti pedas dan asin. Cimol dijual dengan harga yang sangat murah, porsinya pun juga sangat banyak

3. Biskuit Goreng

Aneka gorengan unik berikutnya, adalah biskuit goreng. Pernah mencoba biskuit goreng? Pasti ketagihan. Inovasi baru ini memiliki cita rasa gurih, dan manis karena didalamnya terdapat isian fla atau isian pastel.

Biasanya biskuit goreng disajikan untuk menu sarapan pagi. Karena camilan ini bisa membuat perut kenyang lebih lama. Biskuit goreng jarang dijual keliling, Anda bisa menemukan gorengan atau camilan ini di toko-toko kue.

4. Oreo Goreng

Aneka gorengan unik berikutnya, ialah Oreo Goreng. Jika Anda sering mengkonsumsi oreo secara langsung, gimana rasanya jika oreo harus digoreng terlebih dulu? Rasa oreo yang manis akan berpadu dengan rasa gurih dan renyahnya tepung roti.

Oreo Goreng biasanya disajikan dengan tambahan aneka es krim dengan rasa berbeda. Camilan ini bisa Anda temukan di cafe atau restoran, untuk harganya relatif lebih murah dibanding es krim goreng.

5. Buah Goreng

Selain es krim, buah juga bisa disajikan dalam bentuk gorengan. Cita rasa yang gurih dipadu dengan segarnya buah-buahan akan menyatu di lidah Anda. Agar menjadi bentuk yang menarik, buah dicelupkan di tepung roti atau panir, dan digoreng hingga kecoklatan.

Ada beberapa jenis buah yang bisa dijadikan camilan ini, seperti nanas, semangka, alpukat, nangka, dan strawberry. Camilan ini jarang didagangkan, padahal jika dijual bisa mendatangkan keuntungan yang besar.

6. Pisang Coklat

Pisang coklat atau piscok adalah salah satu inovasi dari pisang goreng, yang memiliki dominan cita rasa manis. Piscok memiliki bentuk memanjang, yang terbuat dari pisang dan coklat dan dibungkus dengan kerupuk pangsit.

Piscok biasanya dijual dalam bentuk frozen atau sudah matang. Pisang coklat yang digoreng kecoklatan, akan menghasilkan perpaduan rasa manis dan renyah dari kulitnya. Gorengan ini biasanya dijual di kantin sekolah atau pedagang gorengan pinggir jalan.

7. Bakso Goreng

Berbeda dengan bakso bakar, Basreng atau bakso goreng merupakan salah satu aneka gorengan unik yang wajib dicoba. Camilan yang terbuat dari bakso ini memiliki cita rasa yang renyah, dan gurih. Basreng dijual dalam bentuk kemasan dan biasanya produsen menambahkan cita rasa pedas.

8. Sempolan

Sempolan atau sempol adalah sejenis gorengan yang terbuat dari tepung tapioka. Nama sempol diambil dari tempat jajanan ini berasal yaitu desa Sempol di wilayah Kecamatan Pagak, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur. Sempol banyak dijumpai di daerah Jawa Timur dan Jawa Tengah

Itulah aneka cemilan gorengan sederhana yang bisa harus Anda coba, atau bisa Anda jadikan sebagai ladang rejeki. Semakin unik gorengan yang disajikan, akan semakin banyak peminatnya. Tetap jadikan rasa sebagai unggulannya. Saya rekomendasikan menggunakan peluang bisnis tanaman hidroponik agar kerja lebih mudah Selamat mencoba.