Cara Mudah Membuat Resep Bumbu Sate Madura

Resep cara membuat bumbu sate ayam madura dan bumbunya adalah salah satu makanan enak asal Madura. Makanan ini cocok disantap dengan lontong ataupun nasi.

Mempunyai bumbu kuah kacang yang lezat, pedas, gurih dan juga manis membuat masakan ini jadi kaya akan rasa. Ingin mencoba membuat makanan ini di rumah kamu?

Kamu bisa langsung simak resep selengkapnya sebagai berikut.

Pengertian Tentang Resep Bumbu Sate Madura

resep bumbu sate madura

Indonesia adalah negara dengan varian sate yang sangat banyak. Sate adalah cara yang mudah untuk menyajikan berbagai jenis daging. Setiap wilayah Indonesia mempunyai sate jura masing-masing.

Melihat nama dan bentuknya, banyak yang mengira bahwa asal-usul (foodway) sate adalah dari negara Cina. Sa they menurut bahasa Cina bermaksud“tiga potongan daging”. Di Daerah Tiongkok, sate juga dikenal di kawasan Xinjiang yang mayoritasnya Muslim. Teori ini berjalan dengan fakta sejarah yang merupakan bahwa syi’ar Islam di Indonesia juga bersumber dari para ulama yang dibawa ke Ekspedisi Cheng Ho.

Jumlah sate ayam yang unggulan Indonesia adalah sate ayam dari Madura atau sate ayam dari Ponorogo. Nyaris semua sate ayam yang disajikan dengan sambal kacang berupa kondimen. Sambal kacangnya kadang dicampur kecap manis.

Untuk jamu fine dining, sate ayam dari Ponorogo bisa juga dijadikan pilihan karena potongan dagingnya lebih besar dan ditata lebih rapi pada tusukannya. Sambal kacangnya juga lebih halus dengan sedikit sentuhan rasa manis tidak samasekali  menutup kegurihan kacangnya.

Menurut umum, sate ayam yang berasal dari Madura lebih populer di seluruh Indonesia sebab kewirausahaan orang-orang Madura yang merantau ke semua daerah pelosok Nusantara dan mempertahankan hidup mereka dengan berjualan sate. Tergantung kelas sosial penikmat di mana sate ayam madura dijajakan, potongan daging ayamnya dapat disesuaikan ukurannya. Ada juga jenis sate ayam yang cukup kecil ukuran dagingnya, hingga disebut sate lala atau sate lalat – karena dari potongan dagingnya nyaris hanya sebesar lalat.

Untuk memperkuat aroma harum dari sate ayam, penjual sate dari Madura biasanya memberikan finishing touch waktu akhir pembakaran sate dengan menyiramkan sedikit minyak ayam, berupa minyak yang dibuat dari kulit ayam tersebut.

Cara membuat sate ayam memang lebih mudah bila dibandingkan dengan jenis sate lain. Seperti sate padang yang membutuhkan bumbu sate yang harus dibuat terlebih dahulu. Adapun jenis sate bumbu kacang lainnya, seperti sate madura ataupun sate ponorogo.

Beda dengan resep sate ayam ini yang hanya memerlukan beberapa bahan sederhana. Resep masakan sate tadi membutuhkan pengolahan dan memasak bumbu kacang nya. Memang cara membikin bumbu kacang untuk sate tersebut juga tidak sulit.

Akan tetapi buat teman teman yang ingin cepat, praktis dan tidak sedikit malas menghaluskan kacang dan bahan lain. Tentu saja resep sate ayam ini menjadikan pilihan utama untuk dimasak di rumah.

Resep Bumbu Sate Madura

resep bumbu sate madura

Mirip seperti sate ayam ponorogo, sate madura ini juga membutuhkan kemiri seperti salah satu bahan bumbunya. Kemiri inilah yang menghasilkan rasa khas sate ayam daerah jawa Timur. Bumbu sate ayam madura andaikan tidak menggunakan kemiri rasanya kurang mantap. Pengabungkan kemiri dengan bahan lainnya melahirkan resep sate ayam madura ini terasa lebih legit dan lezat. Dari aroma bakarannya saja tercium dan bisa bikin perut lapar. Makanya tidak heran lagi sate madura bumbu kacang ini banyak yang menyukainya.

Walaupun sepertinya bumbu sate ayam madura ini mirip dengan sate ayam ponorogo. Akan tetapi kalau cermat kelihatan perbedaan cukup besar di fisik atau tampilannya. Sate ayam madura kebanyakan dipotong mirip bentuk dadu dengan gajih yang atau kulit juga ikutkan di tusukan satenya. Berbeda dengan sate ponorogo yang biasanya berbentuk tipis memanjang. Selain itu pasti saja ada beberapa bumbu sate yang sedikit berbeda sehingga masing masing resep ini memiliki ciri unit tersendiri. Bahan dan langkah-langkah membuat sate madura ada di bawah ini ya.

Bahan

  • Ayam segar yang sudah dipotong kotak atau persegi panjang kurang lebih sebanyak 1 kg.
  • Tusuk sate secukupnya sesuai jumlah potongan daging ayam,Anda bisa Beli atau bisa juga membuat nya dengan mudah menggunakan mesin tusuk sate.

Bahan bumbu rendaman sate madura

  • Garam dapur beryodium kurang lebih 0.25 sendok kecil.
  • Merica butiran kurang lebih 15 butir atau sesuai selera.
  • Bawang putih ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 7 pcs.
  • Kecap manis kental kurang lebih sebanyak 10 sendok makan.
  • Minyak goreng atau sayur yang baru kurang lebih sebanyak 15 sendok makan.
  • Air bersih kurang lebih sebanyak 3 sendok makan.

Bahan pelengkap

  • Bawang merah mentah yang sudah diiris secukupnya.
  • Bawang merah goreng sesuai selera.
  • Sambal atau cabai rawit yang diiris iris sesuai selera.

Langkah Membuat Sate Madura

  1. Pertama uleg kacang tanah, bawang putih, kemiri dan gula merah sampai halus.
  2. Berikan garam dapur dan kecap manis didalam bumbu sate.
  3. Tambahkan air bersih kemudian aduk sampai rata.
  4. Masukkan daging ayam kedalamnya.
  5. Aduk secara singkat agar tecampur dengan rata kemudian marinasi atau diamkan selama kurang lebih 0.5 jam. Sebaiknya dimasukkan kedalam kulkas.
  6. Keluarkan lalu kemudian kita masukkan potongan daging ayam yang sudah dibumbui tadi kedalam tusuk satenya.
  7. Tambahkan minyak goreng kedalam sisa bumbu rendaman tadi kemudian aduk sampai rata.
  8. Lalu siapkan arang  untuk membakar sate madura nya.
  9. Masukan kedalam sisa bumbu tadi lalu bakar sampai setengah matang.
  10. Masukan lagikedalam sisa bumbu kemudian bakar lagi kembali sampai semua tusuk sate nya matang.

Bahan Bumbu Kacang

  • Kacang tanah yang sudah digoreng kurang lebih sebanyak 500 gram.
  • Bawang putih kurang lebih sebanyak 10 pcs.
  • Garam dapur secukupnya atau kurang lebih 0.5 sendok kecil.
  • Kemiri yang sudah disangrai sebelumnya kurang lebih sebanyak 25 pcs.
  • Gula merah yang sudah haluskan kurang lebih sebanyak 100 gram.
  • Air bersih kurang lebih sebanyak 1 gelas atau sesuai tingkat kekentalan.
  • Minyak goreng baru sedikit saja.

Langkah membuat bumbu kacang sate madura

  1. Pertama uleg kacang tanah bersama dengan kemiri, gula merah, bawang putih sampai halus.
  2. Tuang air bersihnya dan garam dapur kemudian aduk sampai rata.
  3. Rebus bumbu kacang tadi dan tambahkan sedikit minyak goreng.
  4. Masak sampai airnya menyusut dan bumbunya mengental.
  5. Jangan lupa sering diaduk ya supaya tidak gosong.

Sejarah Sate Madura

SATE, satai, atau satay menggambarkan salah stau makanan yang cukup akrab di lidah masyarakat Indonesia. Sate adalah olahan daging, baik daging ayam, kambing, domba, sapi, maupun ikan atau yang lainnya, diiris kecil dan dironce dalam sebilah lidi atau bambu, kemudian dibakar di atas bara api.

Salah satu yang cukup populer di seluruh Nusantara adalah Sate Madura. Sate Madura biasanya terbuat dari daging ayam. Selain ayam sebagai bahan utama, sate juga ada yang menggunakan daging kambing.

Sate Madura begitu mudah ditemui di berbagai tempat di kota-kota di Indonesia. Umumnya, menggunakan gerobak yang menyerupai perahu khas Madura.

Pada awalnya, saat rombongan Jaram Panoleh adipati Sumenep Madura mengunjungi kakaknya bernama Lembu Kanigoro atau Batoro Katong yang selaku adipati di Ponorogo. Saat diberi hidangan makanan berupa sate, Jaran Panoleh beserta rombongan enggan untuk memakan hidangan tersebut. Selain belum pernah menjumpai dan berbentuk aneh, roncean daging tersebut dipenuhi dengan bumbu.

Setelah dijelaskan oleh sang kakak bahwa makanan tersebut merupakan makanan yang biasa di makan oleh pendekar Ponorogo yang memiliki sifat Wira’i, akhirnya Jaran Panoleh dan rombongan bersedia untuk makan. Karena di mata Jaran Panoleh, tanah perdikan yang di pimpin oleh kakaknya begitu sulit untuk dipahami dan di tebak, Jarean Panoleh memohon restu untuk mempelajari kehidupan orang Ponorogo termasuk kuliner membuat sate, hingga pakaian keseharian warok ponorogo untuk diterapkan di dataran Madura.

Setelah mengenal sate ponorogo lebih dalam, terciptalah cara membuat dan resep sate yang lebih mudah dengan membuat sate ala Madura yang kita kenal saat ini. Berbeda dengan sate ponorogo yang selalu menggunakan ayam.

Keistimewaan sate ayam Madura adalah daging ayamnya yang empuk karena diolah melalui beberapa proses perendaman agar bumbu meresap dengan baik. Setelah matang, sate akan disuguhkan dengan saus kacang yang dicampur kecap manis.

Penutup

Itulah dia cara membuat resep bumbu sate asli Madura. Selain daging ayam, resep ini juga bisa kamu gunakan untuk daging lain seperti sapi contohnya, Kunjungi juga Cara Membuat Bakso Goreng Gurih Crispy

Selamat mencoba. Setelah mencoba resep ini di rumah, share hasil foto dan pengalaman kamu membuat sate ayam di komentar ya. Terimakasih banyak.