Cara Memilih AC Rumah yang Bagus

Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan mengenai cara memilih AC rumah yang bagus untuk dibeli. Tinggal di negara yang beriklim tropis yang kadang mempunyai cuaca sangat panas tentu akan membuat anda tidak betah berada di rumah berlama – lama bukan ? Nah banyak masyarakat yang menggunakan air conditioner atau AC untuk menyejukkan ruangan yang hendak mereka akan tempati.

AC pada sekarang ini mungkin sudah menjadi salah satu barang elektronik yang wajib dipunyai oleh kalangan masyarakat yang tinggal di daerah perkotaan. Ya mereka yang tinggal di perkotaan tentu akan merasakan cuaca yang sangat panas setiap hari siang hari maupun malam hari. Untuk menetralisir cuaca panas tersebut, mereka menggunakan AC ini untuk menyejukkan dan mendinginkan ruangan sehingga saat anda berada di dalam rumah akan terasa nyaman dan sejuk.

Tertarik menggunakan AC ? Atau anda sudah mempunyai AC yang anda pasang di dalam rumah ? Jika anda belum mempunyai AC dan akan berencana membeli AC yang akan anda pasangi di rumah. Alangkah baiknya anda perhatikan terlebih dahulu beberapa cara atau tips membeli AC rumah dibawah ini agar anda tidak menyesal dikemudian harinya.

Jika AC anda rusak atau bermalasah anda bisa menggunakan service AC Jogja untuk membantu memperbaiknya.

Ada banyak sekali AC yang beredar dipasaran dengan berbagai jenis merk dan berbagai tipe yang menggunakan fitur – fitur tertentu yang membuat pembeli terkesan. Namun dibalik semua itu jika anda membeli hanya dengan naluri atau bahkan hanya melihat harganya yang mahal dan befikiran bahwa itu AC yang bagus. Maka pengertian anda sungguhlah salah.

Sebab dalam membeli AC anda tak hanya melihat mengenai harga dan tampilannya. Namun juga anda harus memperhatikan aspek yang lainnya seperti ukuran dan kapasitas yang dimiliki oleh AC tersebut. Untuk membahas lebih lanjut, simaklah penjelasan berikut ini.

Cara Memilih AC Rumah

1. Menentukan Ukuran PK

Sebelum anda membeli AC ke toko, sebaiknya ukurlah terlebih dahulu luas ruangan yang akan anda pasangi dengan AC tersebut. Baru setelah itu kamu bisa memilih ukuran PK atau daya AC yang cocok untuk anda pasang pada ruangan tersebut.

Berikut ukuran PK dan luas ruangan yang akan anda pasangi dengan AC.

  • 1 / 2 PK ruangan dengan luas 10 meter persegi
  • 3 / 4 PK untuk ruangan dengan 14 meter persegi
  • 1 PK untuk ruangan dengan luas 18 meter persegi
  • 1 1 / 2 PK ruangan luas 24 meter persegi
  • 2 PK untuk ruangan luas 36 meter persegi

Jika ruangan yang akan anda pasangi dengan AC mempunyai luas ruangan lebih dari 36 meter. Maka anda bisa mempertimbangkannya dengan membeli 2 AC sekaligus agar pendinginan di ruangan tersebut bisa maksimal.

2. Memilih Jenis AC sesuai Kebutuhan

Selain harus memperhatikan mengenai luas ruangan dengan ukuran PK AC anda juga harus memperhatikan mengenai jenis AC yang ada di pasaran. Ada berbagai jenis AC yang ada di pasaran, namun jika anda beli AC untuk dipasang di rumah maka pilihlah AC dengan jenis AC split karena ini merupakan pilihan yang sudah sangat lumrah.

Sedangkan AC yang akan anda beli untuk anda pasang di kantor maka anda bisa membeli AC dengan jenis AC split ataupun juga degan AC casette. Jenis AC untuk kantor ini dipasang pada langit – langit. Untuk AC dengan jenis central, AC ini cocok digunakan di pusat perbelanjaan atau toko.

Namun jika anda hanya membutuhkan AC dengan mobilitas tinggi. Maka AC yang cocok anda beli yaitu AC standing.

3. Memilih Tipe AC

Ada sua tipe AC yang dijual dipasaran yaitu AC degan tipe standar dan AC dengen tipe inverter. Untuk AC low watt atau AC yang mempunyai watt terendah itu bisa dikategorikan kedalam tipe AC standar. Sedangkan dengan AC bertipe inverter merupakan AC yang bekerja sangat keras saat pertama dinyalakan.

Namun jika anda membutuhkan AC yang akan anda gunakan selama sehari dengan waktu kurang lebih 6 jam. Maka AC inverter merupakan pilihan yang sangat cocok untuk anda beli.

4. Membeli AC dengan Merk Terpercaya

Kebesaran dari sebuah nama merk barang merupakan suatu hal yang bisa dijadikan patokan. Sebab merk tidak akan pernah membohongi kualitas pada barang tersebut. Jika anda bingung dengan berbagai merk AC yang ada dipasaran, maka anda bisa memilih AC dengan merk yang sudah terpercaya.

Merk – merk AC yang dipercaya dan banyak digunakan masyarakat pada umumnya adalah merk Sharp, Panasonic, Samsung, LG, Daikin, dan masih banyak lagi. Namun anda bisa memilih AC yang akan anda beli dengan sebutan merk ataupun rekomendasi merk yang teman anda bilang.

5. Memilih AC degan Fitur yang Berguna

Setiap merk AC tentunya memiliki fitur yang berbeda – beda. Fitur tersebut bisa dijadikan sebagai keistimewaan AC yang satu dengan yang lainnya atau juga sebagai pembeda. Jika anda akan membeli AC dengan fitur yang bagus dengan budget yang tidak banyak.

Maka belilah AC degan fitur yang benar Рbenar anda butuhkan saja. Seperti contohnya jika anda mempunyai  alat penjernih udara, maka anda tidak memperlukan AC degan fitur plasmacluster. Sebab plasmacluster dan penjernih udara memiliki fungsi yang hampir sama.

6. Mempertimbangkan AC dengan Daya Listrik Rendah

Anda sangat membutuhkan AC untuk membuat ruangan anda tetap dingin dan nyaman untuk ditempati. Nah jika anda hendak membeli AC maka pertimbangkanlah untuk membeli AC yang memiliki daya listrik yang rendah. Hal ini bertujuan agar tidak menambah tagihan listrik di rumah yang cukup banyak atau melonjak.

7. Pilih Desain yang Mudah untuk Dibersihkan

Selain tipe dan fitur AC yang ditawarkan dari berbagai merk AC. Anda juga perlu memperhatikan mengenai desain AC yang akan anda beli. Jika anda tidak terlalu memikirkan atau memilih desain AC yang akan anda beli tersebut. Maka pilihlah desain AC yang sederhana atau biasa saja.

Sebab jika anda memilih AC degan desain yang sederhana maka hal tersebut bisa mempermudah anda dalam membersihkan AC tersebut. Jika anda memilih desain AC yang rumit, maka akan semakin rumit pula cara untuk membersihkan AC tersebut.

AC degan desain sederhana, akan mempermudah anda dalam melakukan permbersihan AC tersebut dan anda juga bisa membersihkan filter AC sendiri. Namun jika anda akan membersihkan pada bagian lain yang mungkin anda tidak pahami jangan sesekali asal – asalan untuk membersihkannya.

Sebab jika hal tersebut anda lakukan maka bisa akan menyebabkan kerusakan pada AC anda, Ataupun juga bisa mempengaruhi kinerja pada AC di rumah anda. Jadi tetaplah berhati – hati. Jika butuh bantuan teknisi anda bisa menggunakan teknisi service AC Jogja.

Itulah beberapa hal yang harus anda perhatikan betul saat hendak membeli AC. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan terimakasih.