Cara Membuat Tas Dari Tali Kur Sederhana Untuk Pemula

Cara Membuat Tas Dari Tali Kur

Assalamualaikum temen temen. Kembali lagi disini, kali ini kita akan membahas bagaimana Cara Membuat Tas Dari Tali Kur. Yapp kita dapat memanfaatkan tali kur sebagai bahan untuk membuat kerajinan. Lebih lanjutnya, yukk simak penjelasan berikut.

Pendahuluan

Cara membuat tas tali kur motif jagung bisa dipraktekkan di rumah. Tas tali kur merupakan produk kerajinan tangan yang banyak diminati. Tersedia dalam berbagai warna dan model.

Tas tali biasanya dibuat dengan tangan. Beragam teknik simpul sederhana hingga rumit dipadukan dalam pembuatan tas tali kur ini. Teknik simpul ini menciptakan desain tas yang berbeda. Yupp Macam Macam Tali yang kita ketahui itu banyak bukan hanya tali kur, contoh lainnya ada tali rafia, tali tambang.

Definisi Dan Motif Tali Kur

Definisi Dan Motif Tali Kur

Motif tali bisa berupa jagung, sisik, jaring, ketupat, bunga dan masih banyak lagi. Motif yang paling disukai adalah motif jagung. Membuat tas tali kur bertema jagung membutuhkan keahlian dan ketelitian sendiri.

Bagi Pemula bisa mempelajari cara membuat tas tali bertema jagung ini. Sudah banyak orang yang menggunakan metode pembuatan tas bertema jagung untuk menciptakan produk yang menarik dan inovatif. Meski terlihat rumit, namun bisa dengan mudah dipraktikkan dengan mempelajari cara membuat kantong lingkar spa bercorak jagung.

Cara Membuat Tas Dari Tali Kur

Cara Membuat Tas Dari Tali Kur

Saat membuat tas tali dengan motif jagung, cara dasar pembuatan tas tali juga harus diikuti. Berikut cara sukses membuat tas dengan tali motif jagung.

Bahan yang dibutuhkan

Cara membuat tas tali bertema jagung adalah dengan menyiapkan alat dan bahan. Alat dan bahan ini cukup sederhana dan dapat dengan mudah ditemukan di toko-toko khususnya toko alat jahit. Berikut bahan-bahannya:

1. Tali Kur

Adalah tali yang biasanya digunakan untuk keperluan tali serut, tas, jaket, dan keperluan lainnya. Biasanya terbuat dari nilon, poliester, katun, atau filamen. Tali kur tersedia dalam berbagai ukuran dan warna.

Tali Kur sangat mudah dibentuk menjadi simpul. Makanya, tali ini digunakan sebagai kerajinan tangan seperti tas, dompet atau gelang. Untuk digunakan sebagai bahan tas, bisa memiliki tali pengikat yang warnanya terang atau sesuai selera. Biasanya kamu perlu menyiapkan dua warna tali untuk sebuah tas agar lebih menarik.

2. Gunting

3. Korek Api

Tali kur memiliki serat yang mudah hancur. Batang korek api ini digunakan untuk menyambung ujung tali dan menutup ujung tali saat tas sudah siap.

4. Jarum Dan Benang

Jarum dan benang berguna untuk mengikat simpul-simpul tali kur menjadi satu dan membuatnya lebih mudah untuk mengikat simpul ke dalam kantong.

5. Resleting Atau Kancing

Ritsleting atau kancing bisa digunakan untuk menutupi kantong.

Cara Dasar Membuat Tas Tali Kur

1. Langkah pertama dalam membuat tas tali kur ini adalah menggunakan dua potong tali dengan panjang tali yang sama. Kemudian lipat tali menjadi dua dan luruskan. Maka Anda akan mendapatkan 4 ujung tali. Beri nomor pada tali untuk memudahkan Anda yaitu angka 1, angka 2, angka 3, dan angka 4 dari kiri ke kanan.

2. Ambil tali nomor 4 dan silangkan di belakang tali yang lain searah 1. Cara selanjutnya membuat tas dari tali tali adalah dengan memasang tali nomor 1 pada bagian belakang tali 4. Jadi urutannya nomor 4, 1 , 2 dan 3.

3. Langkah pembuatan tas dari tali 1 kemudian menguncinya dengan memasukkannya ke dalam lubang tali 3 dan 4. Kemudian tarik tali 1 dari kiri dengan tali 4. Ini dilakukan untuk mengunci dan juga melipat untuk memasukkannya ke lubang belakang.

4. Kemudian tarik kuat setiap tali untuk mengencangkan dan mengunci. Ini adalah langkah-langkah dasar untuk membuat tas dari tali pengikat. Anda perlu membuat bagian bawah saku ini menjadi angka genap. Ini agar lebar kantong seimbang antara kiri dan kanan. Semakin besar tas yang ingin Anda buat, semakin banyak pola dasar yang perlu Anda buat.

5. Metode yang sama digunakan untuk menggabungkan dua pola dasar tas ini. Kedua kepala yang dirakit hanya disambungkan dengan melapisi tang yang ada. Kemudian dua untai tali di kanan dan dua untai tali di kiri atau ambil bagian tengah tali untuk mengikatnya. Metode yang digunakan sama karena Anda juga perlu menggunakan 4 tali untuk menghubungkan.

6. Buat pola dasar ini menjadi bentuk saku. Saat Anda sudah membentuk kotak atau persegi panjang, yang harus Anda lakukan adalah menyatukannya untuk membentuknya menjadi tas menggunakan benang dan jarum atau batang korek api.

Perkembangan Tas Dari Tali Kur

Tas ini juga dikenal sebagai macrame. Macrame telah ada di Timur Tengah sejak tanggal 13. Kerajinan ini terus berkembang ke Eropa dan seluruh dunia.

Awalnya, macrame hanyalah teknik simpul sederhana seperti jaringan. Simpul utama macrame adalah simpul persegi. Dengan perkembangan, simpul macrame tumbuh seiring waktu dan memiliki nilai estetika tersendiri.

Selain dari tali kur, tas juga dapat dibuat dari plastik. Cara membuat tas dari plastik tentunya tidak mudah dan tidak sulit juga terganting dengan motif yang kita inginkan.

Motif Tas Tali Kur

Beberapa waktu lalu sempat ada review salah satu model tas tali kur cantik dengan motif daun. Ada tas dengan motif daun melambai, motif daun isian, motif daun gabungan dan lain sebagainya.

Ternyata motif pada tas tali kur bukan hanya sekedar motif daun, tapi juga tas tali dengan motif floral yang cantik. Tas ini hadir dengan beragam warna menarik yang akan menambah kesempurnaan penampilanmu.

1. Tas Tali Kur Motif Loreng Tentara

Jika menggunakan tas bermotif loreng tentara ini pasti akan menarik perhatian. Tas ini sangat nyaman untuk dibawa kemanapun kamu pergi. Didukung dengan tali yang tahan lama. Biasanya kamu juga bisa request warna, ukuran dan model tas yang kamu pesan.

Campuran warna yang dihasilkan sangat indah dan serasi. Jadi model tas tali kur cantik ini sangat cocok saat dipakai di berbagai acara.

2. Model Tas Kur belt dengan motif Hello Kitty

Model atau motif tas tali kur lain yang bisa dipilih adalah motif Hello Kitty. Tas ini dikenal awet dan tahan lama. Namun, bukan berarti kamu bisa meletakkan tas kamu di mana saja.

Tas Tali Kur motif Hello Kitty akan bertahan lebih lama dengan perawatan yang tepat. Kamu bisa mencuci tas ini saat kotor. Namun, jangan gunakan pemutih karena dapat memengaruhi warna tas. Selain itu, jika salah satu talinya putus, kamu bisa merapikannya kembali dengan menyambungkannya ke api kecil.

3. Tas Tali Kur Dengan Pagar motif Bunga

Model tas tali cantik ini mengusung konsep hedge flower yang cantik. Ini bisa jadi pilihan koleksi tas keren kamu. Tersedia dalam berbagai pilihan warna sesuai keinginan. Selain itu, bagian dalam tas memiliki finishing satin dan resleting.

Tali rajutan sangat rapi dan kokoh. Selain itu, bagian bawah tas bisa diimbangi dengan sambungan warna dari kiri dan kanan. Dengan begini tas akan terlihat simetris saat dibawa. Sempurnakan gaya busanamu dengan berbagai model tas ikat pinggang cantik yang tersedia dalam berbagai macam desain dan warna keren.

Demikian penjelasan mengenai bagaimana Cara Membuat Tas Dari Tali Kur. Selamat Mencoba dan terimakasih.