Cara Membuat Tas dari Plastik, Kurangi Sampah Plastik!

cara membuat tas dari plastik

Cara Membuat Tas dari Plastik – Permasalahan sampah plastik memang tak pernah usai dari dahulu hingga sekarang. Sampah plastik merupakan masalah yang serius. Mengapa? sebab plastik dipakai hanya jangka waktu yang sebentar, tapi sampah plastik membutuhkan waktu lama untuk terurai oleh tanah.

Asal kalian tahu, sampah plastik khususnya dalam bentuk kantong, membutuhkan waktu 20 sampai 1.000 tahun untuk akhirnya dapat terurai. Sebenarnya di beberapa tempat, sampah plastik bukan lagi menjadi masalah yang serius, bahkan dapat menjadi ladang bisnis yang menjanjikan. Banyak orang yang sudah memulai usaha dengan memanfaatkan sampah plastik.

Jika kita mempunyai daya kreatifitas tinggi, sampah plastik dapat dijadikan sebagai kerajinan tangan yang cantik dan sangat unik. Selain bahan baku yang mudah didapat, kita juga berpartisipasi dalam melestarikan lingkungan. Sampah plastik seperti bungkus kopi instant, detergen, botol plastik dan lain sebagainya sebenarnya masih bisa diolah menjadi barang-barang yang memiliki harga.

Cara Membuat Tas dari Plastik

Alat dan Bahan yang Diperlukan :

  • Kemasan Plastik Bekas
  • Bisban
  • Perekat
  • Renda Katun
  • Jarum dan Benang Jahit
  • Kain Beludru

Cara Membuat Tas dari Plastik :

  1. Bersihkan kemasan plastik dari segala noda dan kotoran. Untuk membersihkannya Anda bisa menggunakan kertas tisu. Namun jika noda sulit dibersihkan, Anda bisa merendam plastik di dalam air hangat terdahulu lalu dibersihkan menggunakan kertas tisu. Pada saat merandam jangan menggunakan air yang terlalu panas.
  2. Potong dua buah kemasan dan bahan beludru menggunakan gunting, untuk ukuran sesuai ukuran tas yang akan anda buat. Usahakan pada saat memotong kedua kemasan plastik memiliki ukuran yang sama.
  3. Setelah selesai memotong sisi depan dan belakang lanjut memotong sisi lainnya. Potong dua kemasan lain dan bahan beludru ( untuk sisi kiri dan kanan ) menjadi dua bagian, untuk lebarnya sekitar 7cm. Lanjut dengan menjahit bisban pada sisi lebar masing – masing kemasan yang sudah dipotong.
  4. Pasang dan jahit perekat pada bagian dalam masing sisi depan dan belakang. Untuk pemasangan bisa menggunakan mesin jahit.
  5. Tambahkan tali tas pada bagian permukaan plastik ( sisi depan dan belakang). Tali tas bisa menggunakan bisban selebar 3cm.
  6. Pasang dan jahit renda katun, sekaligus pasang bisban juga pada sisi atas lembar kemasan plastik.
  7. Sambungkan kedua kemasan plastik ( sisi kiri dan kanan tas ) yang sudah dipotong berukuran 7cm). Sehingga membentuk lembaran panjang.
  8. Hubungkan dan sambung dengan jahitan mesin, bagian tas ( sisi kiri dan kanan ) dengan lembaran plastik untuk sisi depan dan belakang.
  9. Langkah terakhir pasang bisban pada seluruh tepinya. Lalu jadilah tas kecil imut dan cantik.

Keuntungan Tas Dari Plastik Bekas

Indonesia merupakan negara penyumbang sampah plastik yang terbesar kedua di lautan ( Menurut hasil riset tanggal 13 Februari 2015 di Jurnal Science ). Zat – zat berbahaya yang terkandung dalam plastik sangat merusak lingkungan, mengingat plastik membutuhkan waktu yang sangat lama untuk dapat terurai. Namun pada dasarnya bukan hanya sampah plastik saja yang dapat merusak lingkungan, sampah jenis lain juga bisa mengakibatkan hal tersebut.

Untuk mengurangi dampak kerusakan lingkungan, kita bisa melakukan hal – kecil seperti memanfaatkan barang bekas supaya bisa dipergunakan kembali, misalnya sebagai tas. Memanfaatkan barang bekas supaya bisa dipergunakan kembali biasa kita kenal dengan istilah daur ulang. Memangnya barang bekas yang sudah tidak layak pakai bisa digunakan kembali?, memangnya ada keuntungannya?

Barang / benda bekas bukan berarti sudah tidak layak pakai. Benda yang tidak layak pakai pun jika kita berpikir kreatif maka dapat dirubah menjadi sesuatu yang lebih bermanfaat.

Apa keuntungan tas daur ulang ini?, yang paling jelas adalah bisa mengurangi jumlah sampah sekalipun hanya dalam skala yang sangat kecil. Meskipun hanya mempunyai efek kecil, tetapi aksi ini sebenarnya adalah aksi yang sangat besar supaya bumi tidak terlalu kotor.

Itulah cara membuat tas dari plastik, sekarang kamu tidak perlu bingung lagi karena sekarang sudah ada mesin pencacah plastik untuk limbah plastik yang bisa mencacah sampah plastikmu. Jangan salah, meski bahan bakunya murah dan mudah didapatkan anda tetap bisa mendapatkan hasil yang sangat menguntungkan. Kabar baiknya lagi, tentu anda sudah ikut serta dalam mengurangi jumlah penumpukan limbah sampah yang sampai saat ini menjadi problem di seluruh dunia. Jika kalian penasaran dengan kerajinan lain yang berbahan dasar plastik kalian dapat membaca artikel kerajinan tangan dari plastik. Dengan berbekal kreativitas, inovasi dan pantang menyerah tentu anda bisa menjalani bisnis daur ulang hingga mencapai kesuksesan.