Cara Membuat Sup Daun Bawang Kentang Di Rumah

cara membuat sup daun bawang kentang

Cara membuat sup daun bawang kentang sangatlah mudah. Anda bisa melakukannya di rumah anda kapan pun anda mau. Tidak hanya membuat olahan sup daun bawang kentang, cara menanam daun bawang juga tidak begitu sulit. Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan langkah-langkah bagaimana cara membuat sup daun bawang kentang dengan mudah di rumah.

Berikut ini langkah lengkapnya.

Cara Membuat Sup Daun Bawang Kentang

Sup daun bawang kentang mudah dibuat, tetapi pertama-tama Anda harus berurusan dengan daun bawang. Mereka terkenal berpasir dan kotor, dan sangat pandai menyembunyikannya, jadi pastikan untuk mencucinya dengan baik. Mulailah dengan memotong dan membuang ujung akar dan bagian hijau tua yang tebal.

  1. Potong daun bawang menjadi dua memanjang dan bilas masing-masing setengahnya dengan air dingin, pisahkan lapisannya untuk menghilangkan pasir yang terselip di dalamnya.
  2. Setelah daun bawang bersih, potong kasar – Anda akan mendapatkan sekitar lima cangkir daun bawang cincang dari empat batang daun bawang besar.
  3. Untuk membuat sup, lelehkan mentega dalam panci sup besar, lalu tambahkan daun bawang cincang dan bawang putih.
  4. Masak sambil diaduk sesekali sampai empuk dan layu.
  5. Selanjutnya, tambahkan kentang, kaldu ayam, daun salam, timi, garam dan merica.
  6. Didihkan.
  7. Kemudian tutup, kecilkan api, dan biarkan mendidih selama 15 menit, atau sampai kentang empuk.
  8. Pancing daun salam dan tangkai timi.
  9. Kemudian haluskan sup dengan blender pencelupan genggam (atau dalam blender biasa) sampai lembut. (Jika menggunakan blender standar, pastikan untuk tidak mengisi stoples lebih dari setengahnya; biarkan lubang di tutupnya terbuka dan tutup longgar dengan lap piring agar panas keluar.)
  10. Terakhir, tambahkan krim kental. Anda dapat mengurangi jumlahnya jika Anda mau, tetapi saya tidak akan meninggalkannya sepenuhnya. Krim membuat supnya lembut, kaya, dan halus – cukup tambahkan sedikit demi sedikit sampai sup terasa enak untuk Anda.
  11. Didihkan, lalu cicipi dan sesuaikan bumbu dengan garam dan merica. Sajikan panas, hiasi dengan timi segar, daun bawang, atau apapun yang Anda suka.

Sup Daun Bawang Kentang

  • Porsi: 6
  • Waktu Persiapan: 25 Menit
  • Waktu Masak: 40 Menit
  • Total Waktu: 1 Jam 5 Menit

BAHAN

  • 3 sendok makan mentega tawar
  • 4 batang daun bawang besar, bagian putih dan hijau muda, cincang kasar (sekitar 5 cangkir)
  • 3 siung bawang putih, kupas dan hancurkan
  • 2 pon kentang emas Yukon, kupas dan cincang kasar menjadi potongan berukuran 1/2 inci
  • 7 cangkir kaldu ayam atau sayuran rendah sodium
  • 2 lembar daun salam
  • 3 tangkai thyme segar
  • 1 sendok teh garam
  • 1/4 sendok teh lada hitam bubuk
  • 1 cangkir krim kental
  • Kucai, cincang halus, untuk disajikan

INSTRUKSI

  1. Lelehkan mentega di atas api sedang dalam panci sup besar. Tambahkan daun bawang dan bawang putih, masak sambil diaduk secara teratur sampai lembut dan layu, kurang lebih 10 menit. Sesuaikan panas seperlunya agar tidak menjadi cokelat.
  2. Tambahkan kentang, kaldu, daun salam, timi, garam dan merica ke dalam panci dan didihkan. Tutup dan kecilkan api. Rebus selama 15 menit, atau sampai kentang sangat empuk.
  3. Keluarkan tangkai thyme dan daun salam, lalu haluskan sup dengan blender genggam hingga lembut. (Cara lainnya, gunakan blender standar untuk menghaluskan sup secara bertahap; lihat catatan.) Tambahkan krim kental dan didihkan. Cicipi dan sesuaikan bumbu dengan garam dan merica. Jika sup terlalu encer, rebus hingga mengental. Jika terlalu kental, tambahkan air atau kaldu untuk mengencerkannya.
  4. Hiasi dengan bumbu segar jika mau.
  5. Catatan: Jika menggunakan blender standar untuk menghaluskan sup: pastikan untuk tidak mengisi stoples lebih dari setengahnya; biarkan lubang di tutup terbuka dan tutup longgar dengan lap piring agar panas keluar; dan tuangkan sup yang sudah diblender ke dalam panci bersih.
  6. Petunjuk Ramah-Pembeku: Sup bisa dibekukan, tanpa krim, hingga 3 bulan. Cairkan sup di lemari es selama 12 jam, lalu panaskan kembali di atas kompor dengan api sedang hingga panas. Setelah dipanaskan, tambahkan krim dan didihkan sebelum disajikan.

Sekian resep kali ini. Saya harap anda bisa melakukannya di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!