Cara Membuat Smoothies Yang Mudah dan Enak

 5 Cara Membuat Smoothies yang Mudah dan Enak

Cara membuat smoothies yang mudah dan enak itu gimana sih? Simak terus artikel ini sampai selesai ya?

Sebelum itu, siapa yang tidak kenal dengan smoothies? Minuman sehat yang sedang naik daun saat ini. Terbukti dengan banyaknya toko toko yang menjual smoothies. Minuman yang bisa terbuat dari buah-buahan maupun sayuran ini sangat enak dan segar rasanya.

Smoothies banyak digemari oleh anak anak muda dan remaja. Hal tersebut tidak terlepas dari tren menjadikan smoothies sebagai makanan program diet. Selain mengenyangkan, smoothies juga dipilih karena kandungan nutrisinya yang tinggi.

Sekilas smoothies mirip dengan jus, namun tentunya memiliki beberapa perbedaan. Untuk penjelasan lengkapnya, silakan simak perbedaanya di bawah ini.

Jus:

Jus atau Juice adalah minuman yang berasal dari sari buah maupun sayuran yang cara pembuatanya menggunkan mesin juicer atau diblender, kemudian harus disaring sehingga hanya menyisakan cairan sari buah dan tidak meninggalkan ampas.

Di dalam jus terdapat kandungan nutrisi yang berasal dari buah maupun sayur. Nutrisi pada jus mudah diserap oleh tubuh karena tekstur jus yang cair, namun jus tidak membuat kita kenyang karena serat yang ada pada buah atau sayur sudah terbuang bersama ampasnya.

Smoothies:

Smoothies adalah minuman yang bisa terbuat dari buah buahan ataupun sayuran. Cara membuat smoothies mirip dengan jus, hanya saja kalau smoothies ampasnya tidak dibuang. Melainkan digiling sampai halus menggunakan blender.

Di dalam pembuatan smoothies biasanya juga ditambahi oleh komponen komponen lain, diantaranya yougurt, susu cair,dan madu. Banyak juga yang menggunakan topping untuk mempercantik penampilan dari smoothies. Topping yang digunakan biasanya seperti kacang kacangan, potongan buah, dan oat.

Tekstur smoothies lebih kental daripada jus karena ampasnya yang tidak disaring. Oleh karena itu, nutrisi pada smoothies labih sulit dicerna oleh tubuh daripada jus.

Meskipun saat ini banyak toko toko yang sudah menjual smoothies, tidak ada salahnya jika kita membuat sendiri. Selain mudah, bahan bahan yang digunakan bisa disesuaikan dengan selera masing-masing.

Beberapa Resep Smoothies yang Mudah dan Enak

1. Smothies Pisang

cara membuat smoothies

Pisang adalah buah tropis  yang burbuah secara berkelompok atau biasa disebut tandan. Buah manis ini banyak sekali ditemui di sekitar kita. Secara umum saat masih mentah pisang berwarna hijau dan saat sudah matang pisang berwarna kuning, namun ada juga pisang yang meskipun sudah matang masih berwarna hijau.

Jenis pisang pun ada banyak, seperti pisang ambon, pisang kepok, pisang mas, pisang raja, pisang tanduk, dan masih banyak lagi.

Selain rasanya enak, pisang juga memiliki banyak kandungan gizi. Sebuah pisang mengandung serat, antioksidan, kalium, fitronutien, vitamin C vitamin B6 dan potasium

Pisang memiliki banyak manfaat untuk tubuh, diantaranya:

a. Menurunkan berat badan

Pisang memiliki kalori yang rendah sehingga itu sangat bagus untuk menurunkan berat badan.

b. Mampu menangkal radikal bebas

Kandungan antioksidan pada pisang sangat tinggi. Dopamin dan katekin adalah 2 jenis antioksidan yang terdapat pada pisang. Antioksidan berguna untuk membuang racun di tubuh dan menangkal radikal bebas

c. Mengontrol tekanan darah

Pisang memiliki kandungan kalium yang berfungsi untuk menjaga kesehatan jantung dan mengontrol tekanan darah.

d. Mengatur kadar gula darah

Kandungan serat pada pisang sangat berguna dalam pencegahan kanker usus dan berfungsi untuk mengatur kadar gula darah pada tubuh.

Membuat smoothies pisang tidaklah sulit, bahan bahannya pun mudah didapat. Berikut adalah cara membuat smoothies pisang.

Bahan Bahan:
  • 2 buah pisang yang sudah matang
  • 200 ml susu cair atau yoghurt
  • 1 sendok makan madu
  • Secukupnya es batu jika ingin smoothies yang dingin
Cara Membuat :

a. Iris pisang lalu bekukan dalam freezer. Sisihkan sedikit untuk dijadikan topping.

b. Jika pisang sudah beku, masukkan dalam blender.

c. Tambahkan madu dan susu cair ataupun yoghurt. Jika menggunakan susu cair, maka tekstur smoothie akan lebih encer. Jika anda yoghurt maka teksturnya akan lebih kental.

d. Tambahkan es batu lalu blender semuanya hingga halus.

e. Jika sudah, pindahkan smoothies ke dalam mangkok ataupun gelas dan beri irisan pisang yang telah disisihkan sebulumnya sebagai topping.

f. Smoothies pisang siap disajikan.

2. Smoothis Buah Naga Pisang

cara membuat

Buah naga adalah buah berkulit merah keunguan atau merah muda dan berbentuk bulat. Disebut buah naga karena pada kulit buah tersebut terdapat sisik sisik seperti naga. Berdasarkan warnanya buah naga dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu buah naga merah dan buah naga putih.

Buah naga merupakan buah dari tanaman kaktus dari marga Hylocereus dan Selenicereus dan sudah banyak dibudidayakan di negara Asia seperti Indonesia, Malaysia, dan Filipina. Meksiko, Amerika Tengah dan Amerika Selatan adalah negara di mana buah naga ditemukan.

Buah naga memiliki banyak kandungan nutrisi dan manfaat bagi kesehatan diantaranya adalah:

a. Vitamin C

buah naga memiliki kandungan vitamin C yang sangat berguna untuk menjaga imunitas tubuh dan menangkal radikal bebas. Vitamin C juga sangat dibutuhkan bagi penderita anemia karena dapat membantu dalam penyerapan zat besi.

b. Vitamin B2 dan B3

Vitamin B2 dan B3 dalam buah naga berfungsi dalam pemeliharaan jaringan tubuh. Beberapa penyakit seperti katarak, migrain, penyakit saraf dan gangguan jantung dapat dikurangi risikonya menggunakan Vitamin B2 dan B3.

c. Zat Besi

Mineral yang penting bagi tubuh salah satunya adalah zat besi. Hal tersebut dikarenakan sel darah merah dibentuk oleh zat besi. Jika tubuh manusia kekurangan zat besi maka bisa terkena anemia yaitu keadaan dimana tubuh kita kekurangan darah.

d. Kalsium

Buah naga memiliki kandungan kalsium yang berfungsi dalam pemeliharaan kekuatan tulang. Jika tubuh kita kekurangan kalsium maka bisa menyebabkan kelainan tulang, contohnya osteoporosis.

Pada resep kali ini saya akan menambahkan buah pisang sebagai campuran agar rasanya lebih menarik. Berikut adalah cara membuat smoothies buah naga pisang.

Bahan Bahan:
  • 1 buah naga merah
  • 1 buah pisang
  • 150 ml yoghurt
  • 1 sendok makan madu
  • es batu secukupnya
  • topping sesuai selera
Cara Membuat:

a. Kupas lalu iris buah naga dan pisang menjadi kecil kecil agar mudah dihancurkan.

b. masukkan irisan buah naga dan pisang tadi ke dalam blender, lalu tambahkan yoghurt, madu dan es batu.

c. blender hingga halus.

d. Tuangkan smoothies ke dalam mangkuk maupun gelas dan beri topping sesuai selera.

e. Smoothies buah naga pisang siap dihidangkan.

Itu tadi adalah resep membuat smoothies buah naga pisang, jangan lupa untuk mambaca artikel Makanan Khas Makassar Enak dan Bikin Nagih ya.

3. Smoothies Mangga Pisang

mangga

Siapa sih yang tidak suka dengan buah mangga? Buah musiman ini sangat enak dan segar rasanya. Buah mangga berasal dari Asia Selatan, lebih tepatnya India. Namun sekarang mangga sudah populer di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Mangga banyak sekali jenisnya. Seperti mangga arumanis (bentuk lonjong dengan ujung meruncing, serta tekstur dagingnya lembut), mangga golek (bentuk lonjong dan tekstue daging tidak berserat), mangga manalagi (bentuknya seperti mangga golek tapi lebih kecil serta tekstur buahnya berserat).

Selain itu ada juga mangga apel (bentuknya seperti buah apel, memiliki 2 jenis lagi, yaitu mangga apel merah dan mangga apel hijau), mangga Malibu (bentuknya lebih besar dan warna kulitnya lebih merah dibanding mangga lainnya, mangga nam dok mai (berasal dari Thailand, bentuknya panjang dan rasanya manis), dan masih banyak lagi.

Buah mangga memiliki segudang kandungan gizi yang tentunya sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita, antara lain protein, serat, vitamin A, C, D, E, K, B1, B2, kalsium dan zat besi.

Manfaat buah mangga diantaranya adalah:

a. Mampu menjaga kesehatan tulang karena mengandung kalsium.

b. Membantu memperlancar metabolisme tubuh karena mangga memiliki banyak serat

c. Menjaga daya tahan tubuh kita dari virus berbahaya.

d. Sangat baik bila dikonsumsi sebagai program diet.

e. Sangat baik dalam menjaga kesehatan kulit, seperti membuat kulit wajah menjadi lebih bersinar, melembutkan kulit, dan mampu menjaga kealastisan kulit.

Membuat smoothies buah mangga pisang tidaklah sulit. Di bawah ini adalah cara membuat smoothies buah mangga pisang.

Bahan Bahan:
  • 1 buah mangga
  • 1 buah pisang
  • 200 ml susu cair
  • 1 sendok makan gula pasir
  • es batu secukupnya
Cara Membuat:

a. Cuci bersih buah mangga lalu lalu kupas dan potong kecil kecil.

b. Kupas dan iris iris buah pisang.

c. Kemudian masukkan semua bahan bahan ke dalam blender.

d. Setelah itu blender hingga halus.

e. Tuang smoothies dalam gelas dan sajikan.

4. Smoothies Alpukat Coklat

cara membuat smoothies

Alpukat atau avocado adalah buah yang berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah. Buah ini memiliki bentuk bulat lonjong dengan pangkal mengecil. Alpukat memiliki kulit hijau tua agak keunguan dan memiliki tekstur yang agak kasar.

Buah dengan nama ilmiah Persea Americana ini memiliki daging lembut dan berwarna hijau muda. Alpukat sering digunakan sebagai makanan diet karena enak, mengenyangkan dan tentunya sehat.

Kandungan gizi dalam buah alpukat sangat banyak, antarai lain karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral. Alpukat juga memiliki kandungan potasium yang tinggi, bahkan melebihi pisang yang selama ini dikenal memiliki kandungan potasium yang tinggi.

Tekanan darah tinggi akibat dari stroke dan serangan jantung dapat diturunkan  jika Anda mengonsumsi alpukat karena kandungan potasiumnya yang tinggi tersebut.

Manfaat dari buah alpukat pun tidak perlu diragukan lagi, antara lain sebagai berikut:

a. Alpukat dapat mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh yang selama ini selalu menjadi penyebab nomor satu penyakit jantung.

b. Membantu menjaga kesehatan mata.

c. Meskipun alpukat memiliki kandungan lemak yang tinggi, tapi alpukat bagus untuk program diet karena lemak tersebut adlah lemak baik. Serat tinggi serta karbohidrat yang rendah juga mendukung alasan mengapa alpukat sangat baik untuk menurunkan berat badan.

d. Memiliki kandungan vitamin E yang sangat baik sebagai anti aging untuk membantu merawat kulit.

Selain itu, dalam resep kali ini saya juga akan menggunakan coklat untuk menambah cita rasa. Coklat juga memiliki banyak manfaat lho, antara lain sebagai berikut:

a. Rasanya enak dan manis sehingga bisa meningkatkan mood seseorang.

b. Baik untuk kesehatan jantung.

c. Coklat dapat menurunkan kadara kolesterol dalam tubuh.

d. Selain dapa mengendalikan nafsu makan, coklat juga dapat mengontrol kadar gula darah.

Untuk resepnya, berikut adalah cara amembuat smoothies alpukat coklat:

Bahan Bahan:
  • 1 buah alpukat beku yang sudah dipotong potong sebelumnya
  • 1 sendok makan bubuk kakao atau sesuai selera
  • 200 ml air kelapa muda
  • 1 sendok makan madu
  • sedikit perasan lemon jika suka
  • es batu secukupnya
Cara Membuat:

a. Pertama tama masukkan semua bahan bahan ke dalam blender.

b. Blender hingga halus.

c. Tuang smoothies ke dalam gelas atau mangkuk dan sajikan selagi masih dingin.

Itu adalah resep smoothies alpukat coklat, baca juga artikel Cara Membuat Milkshake Strawberry yang pastinya segar diminum ketika siang hari.

5. Green Smoothies

cara membuat smoothies

Pada resep yang terakhir ini saya akan menggunakan sayuran sebagai bahan utamanya. Yaitu bayam dan timun. Saya juga akan menambahkan buah nanas sebagai penambah cita rasa.

Peran sayuran sangat penting bagi tubuh kita. Terutama untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mireral. Namun, terkadang banyak orang yang tidak suka makan sayuran. Bagi sebagian orang, rasa sayuran itu cenderung pahit, sehingga mereka tidak mau mengonsumsinya.

Namun sekarang kita bisa mengatasinya dengan cara dibuat smoothies. Dengan dibuat smoothies, kita bisa menambahkan berbagai sayuran da buah buahan lain supaya rasanya sesuai dengan yang kita inginkan. Jika Anda tidak terlalu suka rasa yang pahit, maka Anda bisa menambahi madu ataupun gula sebagai pemanis.

Bayam

Bayam memiliki kandungan vitamin K dan mineral yang tentunya sangat berguna dalam menjaga kesehatan tulang dan gigi. Selain itu, vitamin A, C, K, B6, B9, E, mineral, asam folat, zat besi, kalsium dan magnesium juga terdapat dalam bayam. Banyak sekali bukan?

Manfaat bayam untuk tubuh kita tentunya juga tidak perlu diragukan lagi. Di bawah ini adalah beberapa manfaat bayam:

a. Vitamin K dan kalsium pada bayam dapat menjaga kesehatan tulang kita dan mencegah osteoporosis, yaitu pengeroposan pada tulang.

b. Bayam berperan penting dalam menjaga kesehatan mata karena mengandung zeaxanthin dan lutein yang berfungsi dalam mengatasi kerusakan mata dan mencegah kebutaan.

c. Sering mengonsumsi bayam dapat memperkuat otot kita karena kandungan antioksidannya. Antioksidan juga berguna dalam penegahan dan menguragi resiko kanker dan penyakit mematikan lainnya.

d. Bayam juga dapat menjaga kestabilan tekanan darah karena kandungan nitrat, kalium, dan folat. Selain itu bayam juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Timun

Kandungan dan manfaat timun juga tidak kalah dengan bayam. Antara lain sebagai berikut:

a. Timun mengandung vitamin dan mineral yang tinggi namun rendah kalori. Hal tersebut menjadikan timun sering digunakan untuk diet karena timun dapat mengurangi berat badan.

b. Kekurangan cairan tubuh atau yang sering disebut dehidrasi dapat dicegah dengan sering mengonsumsi timun karena 96% bagian dari timun adalah air. Dengan begitu, timun dapat memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh serta dapat memperlancar pencernaan kita.

c. Timun biasa dijadikan masker wajah karena dapat menjaga kesehatan dan kelembaban kulit.

Nanas

Nanas adalah buah tropis berwarna kuning, berdaun hijau, serta memiliki kulit yang tajam. Selain rasanya yang segar nanas juga memiliki banyak kandungan nutrisi antara lain vitamin C, vitamin A, folat, kalsium, magnesium dan zat besi. Beberapa manfaat nanas ada di bawah ini.

a. Dapat meredakan radang sendi atau arthritis karena kandungan bromelain yang terdapat pada nanas.

b. Nanas mengandung vitamin C yang sangat bagus untuk kekebalan tubuh.

Setelah mengetahui manfaatnya, berikut adalah cara membuat green smoothies:

Bahan Bahan:
  • 1 genggam bayam
  • 1/2 timun ukuran sedang
  • 1/2 gelas nanas
  • 200 ml air
  • 2 sendok makan madu
  • es batu secukupnya
Cara Membuat:

a. Cuci bersih bayam dan timun.

b. Potong kecil kecil timun dan nanas agar mudah dihancurkan.

c. Setelah itu masukkan semua bahan bahan ke dalam blender.

d. Blender hingga halus.

e. Tuang dalam gelas dan sajikan selagi masih dingin.

Mudah sekali bukan untuk membuat smoothies? Tanpa perlu repot repot untuk membeli di toko terdekat, kita bisa membuatnya sendiri. Selain enak dan segar, smoothies juga sehat. Kita dapat memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh dengan cara yang unik.