Cara Membuat Singkong Keju Empuk dan Bikin Ketagihan

cara membuat singkong keju

 Cara membuat singkong keju– Bagi sebagian orang di indonesia, singkong adalah makanan kampung yang rasanya begitu-begitu saja. Padahal, dengan bumbu dan cara memasak yang sesuai, singkong bisa menjadi kudapan yang tak kalah dengan makanan Barat.

Artikel pada kali ini, kita akan membahas bagaimana cara membuat singkong keju. Makanan yang satu ini sangat menarik perhatian dan dijamin bikin ketagihan. Apalagi, jika singkong ini teksturnya begitu empuk, merekah dan rasanya gurih nikmat

Berikut Cara Membuat Singkong keju yang Empuk dan Bikin Ketagihan

Sebelum melakukan proses pembuatan singkong keju alangkah baiknya kita memilih singkong yang bagus untuk dijadikan singkong keju, berikut tips memilih singkong :

1. Perhatikan Pemilihan Singkong

Agar bisa menghasilkan singkong keju dengan tekstur yang empuk dan merekah dengan sempurna, maka pemilihan singkong harus benar-benar diperhatikan. Alahkah baiknya, anda memilih singkong muda berukuran sedang yang baru dicabut. Singkong yang sudah lama dicabut biasanya ujungnya akan berwarna kebiruan dan kurang enak untuk dimasak.

2. Potong Singkong Dengan Ukuran Besar

Untuk dijadikan singkong keju, sebaiknya anda memotong singkong dengan ukuran yang agak besar. Hal tersebut bertujuan supaya singkong tidak hancur saat anda proses, karena nantinya singkong akan melalui beberapa proses pengolahan terlebih dahulu sebelum disajikan.

3. Kukus Singkong Terlebih Dahulu

Supaya singkong bisa merekah dan benar-benar empuk, sebaiknya anda tidak langsung menggoreng singkong. Memang singkong akan matang jika langsung digoreng, tapi teksturnya akan berbeda.

Cara yang terbaik adalah dengan mengukus singkong terlebih dahulu selama kurang lebih 20 menit atau sampai singkong empuk. Setelah itu angkat dan tiriskan singkong.

. Alat kukus ini terbuat dari bahan khas Tupperware yang berkualitas dan memiliki ketahanan terhadap panas dengan jumlah lubang yang tepat, sehingga aman digunakan dan pastinya membuat singkong cepat empuk.

4. Rendam Dingkong Dalam Air Dingin

Poin ini merupakan hal yang sangat penting yang harus anda perhatikan ketika membuat singkong keju merekah, karena akan sangat mempengaruhi tekstur akhir dari singkong. Sesaat singkong diangkat dari panci kukusan/dandang, segera rendam ke dalam air es yang telah diberi tambahan bumbu halus seperti bawang putih, ketumbar, dan garam. Rendam singkong kurang lebih selama 1 jam agar singkong bisa merekah dengan sempurna dan bumbunya meresap.

5. Goreng Singkong Dengan Minyak Banyak

Jika singkong yang di kukus sudah merekah dengan sempurna, selanjutnya anda tinggal menggorengnya. Pastikan anda menggoreng singkongnya terendam sampai dalam minyak yang sudah benar-benar panas. Gorenglah sampai singkong berwarna kuning keemas emasan, lalu angkat dan tiriskan. Selanjutnya, anda tinggal menaburi singkong dengan keju cheddar atau bubuk keju yang banyak dijual di pasaran.

Cara Membuat Singkong Keju :

Bahan

  • 3 buah singkong (kupas, cuci bersih)
  • Keju parut (secukupnya)
  • Minyak goreng (secukupnya)

Bumbu

  • Garam (secukupnya)
  • 1/2 sdt ketumbar
  • Kaldu ayam bubuk (jika suka)
  • 3 siung bawang putih

Cara Membuat

  1. Rebus singkong hingga empuk dan matang. Angkat, tiriskan.
  2. Haluskan bumbu kemudian beri sedikit air.
  3. Celupkan singkong yang telah direbus ke dalam bumbu. Diamkan kira-kira selama 10 – 15 menit.
  4. Panaskan minyak, goreng singkong hingga berwarna kuning keemasan.
  5. Angkat singkong yang telah matang, taburkan keju dan parutkan di atasnya.
  6. Singkong keju yang nikmat menggoda, empuk dan gurih bikin nagih siap disajikan.

 

Manfaat Singkong Bagi Kesehatan

cara membuat singkong

Meski kelihatannya sederhana, dan seringkali dianggap sebagai makanan kalangan bawah, singkong memiliki banyak manfaat untuk kesehatan karena kandungan gizinya cukup lengkap.

1. Sumber Vitamin B Kompleks

Singkong memiliki sumber vitamin B kompleks dan beberapa kelompok vitamin seperti riboflavin, folat, thiamin, piridoksin (vitamin B6), dan asam patotenat. Riboflavin bermanfaat dalam proses pertumbuhan dan proses produksi sel darah merah sehingga bisa mencegah penyakit anemia.

Singkong juga memiliki vitamin B17 atau amygdaline yang berfungsi membantu menghancurkan enzim penyebab kanker. Vitamin B17 bermanfaat sebagai alat pengobatan kanker tanpa kemoterapi.

2. Sumber Vitamin K

Vitamin K dibutuhkan tubuh untuk dapat membantu membangun massa tulang dengan cara memicu aktivitas osteotrophic dalam tulang. Tulang berfungsi sebagai organ yang melindungi tubuh dari benturan benda tumpul. Mengonsumsi singkong dapat menjaga tulang tetap kuat.

Vitamin K juga dapat membantu menghambat kerusakan saraf pada otak sehingga berguna dalam pengobatan penderita penyakit alzheimer. Penderita alzheimer ditandai dengan menurunnya kemampuan berpikir dan berbicara.

3. Sumber Mineral

Singkong juga memiliki kandungan beberapa mineral yang sangat penting untuk tubuh. Seperti seng, magnesium, tembaga, besi, mangan dan kalium. Singkong memiliki kandungan kalium, yaitu sekitar 271 mg per 100 gram singkong.

Kalium memilk bagian yang sangat penting dari sel dan cairan tubuh, dan memiliki peran dalam membantu mengatur denyut jantung dan tekanan darah. Jika kekurangan kalium dapat mengakibatkan gangguan pada irama jantung, atau yang disebut aritmia. Selain itu, kalium juga berguna dalam mengantur tekanan darah sehingga mencegah hipertensi.

4. Sumber Energi

Singkong merupakan makanan yang memiliki rendah lemak dan kolesterol, namun tinggi kalori, yaitu 160 kalori per 100 gr singkong. Zaman dahulu, singkong pernah menjadi bahan makanan pokok sebagian rakyat Indonesia. Di masa modern sekarangpun, pemerintah kembali menggalakkan gerakan agar umbi-umbian termasuk singkong dijadikan salah satu makanan pengganti nasi.

Singkong adalah umbi-umbian tropis yang kaya akan pati dengan kandungan kalori tertinggi, yang terutama berasal dari sukrosa yang membentuk sebagian besar gula pada umbi-umbian. Kandungan kalorinya dua kali lipat lebih tinggi daripada kentang.

5. Sumber Serat

Serat pangan sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh karena memiliki banyak kegunaan, yaitu:Menurunkan tekanan darah, sehingga bermanfaat untuk mencegah penyakit hipertensi. Singkong juga memiliki khasiat menjaga kadar kolesterol dalam darah, yang berguna untuk mencegah penyakit jantung.

Dahulu, penyakit jantung banyak menyerang kaum lansia, tetapi kini kaum usia muda pun banyak terserang penyakit ini, akibat gaya hidup, konsumsi makanan yang banyak mengandung kolesterol, kurangnya olahraga, dan tingkat sres yang tinggi.

  • Membantu memperlancar sistem pencernaan.
  • Mencegah terjadinya obesitas, karena singkong memiliki kandungan serat yang tinggi namun rendah lemak.
  • Mengurangi risiko diabetes, karena serat mampu mengendalikan kadar gula darah agar tetap berada dalam batas normal.
  • Mencegah kanker usus besar, karena kandungan serat yang ada di dalamnya membantu proses buang air besar menjadi lancar.
  • Mengurangi risiko stroke, yaitu hilangnya fungsi otak dengan cepat yang diakibatkan gangguan aliran darah menuju ke otak.
6. Bebas Gluten

Belakangan ini, makanan yang mengandung gluten sedang menjadi tren masyarakat yang menggandrungi gaya hidup sehat. Kandungan gluten pada suatu makanan diketahui dapat menimbulkan penyakit celiac, yaitu reaksi tubuh akibat intoleransi terhadap zat gluten. Celiac ditandai dengan adanya kerusakan usus halus sehingga usus kehilangan kemampuan untuk mencerna beberapa nutrisi tertentu.

7. Mencegah Kanker

Seperti halnya manfaat buah pepaya, singkong juga mempu mencegah penyakit kanker. Karena di dalam singkong mengandung anti oksidan yang berperan penting dalam mencegah radikal bebas yang masuk dalam tubuh dan bisa menyebabkan kanker. Anti oksidan sendiri dikenal membantu tubuh dalam melindungi sel-sel dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas dan memperbaiki DNA yang rusak.

8. Mencegah Sembelit

Dengan banyak mengandung banyak serat singkong mampu membatu kalian untuk mencegah sembelit. Selain itu dengan mengkosumsi singkong secara rutin dan teratur mampu membuat sistem pencernaan lebih lancar sehingga kalian akan terhindar dari sembelit.

9. Menurunkan Berat Badan

Bagi kalian yang sedang melakukan penurunan berat badan mungkin mengkonsumsi singkong bisa menjadi satu jalan yang baik bagi anda. Selain daripada itu singkong juga memiliki banyak serat yang dapat membatu menurunkan berat badan dengan mempertahankan ras kenyang.

10. Bebas Gluten dan Nutrisi Untuk Pasien Celiac

Singkong terhindar dari gluten (protein yang biasanya ditemukan dalam gandum, barley, gandum dan gandum hitam dan bisa menyebabkan alergi bagi sebagian orang). Orang yang memiliki Celiac dapat mengkosumsi pati atau tepung yang terbuat dari singkong karana terbebas dari gluten. Jadi mereka masih bisa menikmati kue yang terbuat dari singkong yang terhindar dari gluten dan hidangan guring lainya.

Mungkin sekian artikel yang saya sampaikan kali ini, jika anda memiliki produk seperti minuman atau sebagainya yang berbentuk cairan bisa anda kemas kedalam botol buatan anda sendiri menggunakan alat mesin induksi sealer agar botol minuman anda rapat dan terjaga kestrilannya dah kehigienisannya. Semoga bermanfaat