Cara Membuat Selai Nanas yang Manis dan Legit

cara membuat selai nanas

Pada artikel kali ini akan di beri tahu bagaimana cara membuat selai nanas yang manis dan legit. Selai adalah salah satu hasil olahan makanan awetan yang terbuat dari sari buah yang telah melalui proses dengan penambahan gula. Nah untuk menikmatinya, selai biasanya memang suka dimakan bersama roti dengan cara dioleskan untuk sarapan atau bisa juga sebagai bahan isian dari kue nastar. Selain itu selai cokelat, selai nanas juga akan sering digunakan untuk isian rotinya dan kue lho.

Ternyata buah nanas memang memiliki banyak sekali kandungan zat yang sangat diperlukan oleh tubuh kita. Seperti kandungan enzim pencerna protein yakni proteinase sistein. Selain itu juga, buah nanas mengandung banyak vitamin C, vitamin B1 yang bermanfaat bagi antioksidan dan imunitas. Kandungan zat dalam nanas juga dapat bermanfaat untuk degenerasi makula sehingga penurunan fungsi penglihatan ketika memasuki usia tua dapat dihindari.

Selain bergizi, roti tawar yang dicampur dengan selai nanas juga dapat membuat kenyang. Perpaduan rasa manis dan asam segar yang legit khas dari buah nanas memang pas untuk dibuat selai. Apalagi itu memang hampir di semua daerah di Indonesia buah ini sangatlah mudah untuk dijumpai dan harganya pun cukup terjangkau. Nanas atau (Ananas Comosus) adalah salah satu tanaman yang sering juga dimanfaatkan pada bagian buahnya. Ternyata kualitas nanas yang baik akan sangat mempengaruhi dari kualitas selai yang akan kalian hasilkan atau dibuat nya.

Cara Membuat Selai Nanas Legit

cara membuat selai nanas

Saat ini, sudah banyak toko makanan yang menyediakan selai dengan berbagai macam pilihan rasa, sehingga sangat mudah bagi kita untuk bisa menikmatinya. Tapi sayangnya, produk selai yang telah beredar di pasaran belum tentu juga terbuat dari nanas original yang memang mempunyai segudang manfaat.

Bahan-bahan:

  • 1 buah nanas yang telah matang
  • 200 gram gula passir
  • 2 buah lemon
  • 1/2 sdt kayu manis

Cara membuat Selai Nanas:

cara membuat selai nanas

  1. Kupas terlebih dahulu buah nanas hingga bersih termasuk rongga-rongga gatalnya tersebut bersih dengan sempurna.
  2. Parut nanas dengan menggunakan parutan keju agar lebih mudah. Sangat disarankan juga untuk tidak menggunakan alat blender karena akan menambah kadar airnya.
  3. Setelah itu tuang parutan nanas tadi ke dalam wadah wajan, kemudian masak dengan api yang sedang sampai airnya benar-benar menyusut.
  4. Tambahkan juga bahan-bahan pelengkap seperti, gula pasir, kayu manis, dan air lemon, yang akan membantu selai semakin enak. Kemudian tinggal di aduk kembali dengan api yang cukup kecil.
  5. Setelah benar-benar memang tercampur dan menyusut, tekstur mulai kelihatan, lalu angkat dari dalam wadah panci.
  6. Diamkan dulu sejenak agar uap nya hilang dan selai tersebut akan menjadi dingin.
  7. Nah lalu masukkan selai nanas nya ke dalam toples dan simpan di dalam kulkas..
  8. Selai nanas pun siap dioleskan di roti

Manfaat Mengkonsumsi Nanas Bagi Kesehatan

1. Melawan radikal bebas

Ternyata nanas yang sudah memiliki rasa manis, asam, dan segar ini memang mengandung banyak sekali vitamin C. Seperti yang kita telah tahu, vitamin ini memang sangat baik untuk mencegah radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh dan akan menyebabkan banyak gangguan di kulit atau di organ bagian dalam.

Jika radikal bebas ini bisa dicegah untuk masuk, kemungkinan besar terjadi kerusakan pada organ atau terjadi mutasi pada sel dan bisa untuk dihindari. Makanlah buah nanas dengan secara rutin dalam bentuk jus yang dicampur dengan yoghurt atau juga bisa dimakan langsung sebagai buah potong, jangan lupa untuk dicuci bersih dengan menggunakan air garam sebelum mengkonsumsinya.

2. Menjaga kesehatan jantung

Ternyata ada dua kandungan dari buah nanas yang sangat baik untuk kesehatan dari jantung. Yang pertama merupakan potasium. Zat ini memang sangat baik untuk menyeimbangkan kandungan air yang ada di dalam tubuh. Kandungan air yang ada di dalam tubuh kita biasanya kacau akibat banyak nya sodium atau garam yang dikonsumsi. Penyeimbangan air ini akan membantu untuk menurunkan risiko hipertensi.

Dan kandungan kedua yang baik bagi jantung merupakan vitamin C. Zat ini memang mencegah  terjadinya gangguan pada pembuluh darah seperti pada penebalan atau penyumbatan akibat kolesterol jahat.

3. Membantu menurunkan kadar lemak

Buah nanas banyak sekali mengandung cukup banyak gula alami yang sangat baik untuk tubuh. Jika kalian memang sedang lapar dan ingin ngemil sesuatu yang manis, tapi cukup menyehatkan, nanas lah makanan yang bisa dijadikan alternatif untuk membuat perut kita lebih kenyang. Selain itu juga, pada khasiat buah nanas memang memicu pembakaran pada lemak yang di dalam tubuh berjalan dengan lebih lancar.

4. Meningkatkan daya tahan tubuh

Ternyata nanas yang mengandung banyak sekali vitamin C juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Kandungan antioksidan memang akan memicu tubuh supaya selalu siaga terhadap berbagai serangan yang terjadi mulai dari serangan bakteri, jamur, hingga virus.

Nanas memanglah sangat segar atau juga yang dibuat menjadi jus agar membuat pria dan wanita tidak mudah mengalami flu. Pada saat musim panas, tubuh kita akan selalu sehat karena daya tahan tubuh kita tidak bisa dihancurkan.

5. Membuat tulang lebih sehat

Mengkonsumsi buah nanas dalam jumlah yang cukup seimbang juga akan membuat tulang menjadi lebih sehat. Ternyata buah nanas ini memang tekah mengandung senyawa mangan yang cukup baik bagi tulang dan juga tendon dari otot yang mengelilingi sekitarnya.

6. Menyehatkan mata

Selain vitamin C yang banyak manfaatnya, buah nanas juga ternyata mengandung vitamin A. Kalian yang sedang mengalami masalah pada bagian penglihatan ketika sudah tua, konsumsilah buah nanas dengan secara rutin dalam bentuk jus ataupun dimakan dengan secara langsung.

7. Mencegah terbentuknya sel kanker

Seperti yang telah disebutkan pada sebelumnya, khasiat buah nanas ini memang untuk mencegah dari radikal bebas masuk. Radikal bebas ini juga bisa berupa dari asap rokok yang mengandung racun ataupun partikel yang berbahaya lainnya. Partikel tersebut biasanya memicu dengan terjadinya abnormalitas pada sel-sel sehingga kankerpun terbentuk.

Jika kalian merokok, coba untuk kurangi aktivitas yang berisiko tersebut. Selanjutnya kalian perbanyak untuk mengkonsumsi buah nanas sebagai pengganti cemilan ataupun untuk pengganti makanan penutup pada saat siang hari.

8. Melancarkan pencernaan

Memakan buah nanas yang segar dalam segala bentuk secara teratur dapat melindungi kalian dari berbagai kondisi kesehatan, termasuk sembelit, diare, sindrom iritasi usus (IBS), aterosklerosis, dan juga pembekuan pada darah serta tekanan darah tinggi. Buah nanas ini yang kering dan tanpa pemanis, kaya serat, untuk mendorong pengalihan pada makanan yang melalui saluran pencernaan tingkat yang normal dan menstimulasi pelepasan pada lambung dan cairan pencernaan untuk membantu agar makanan cepat larut. Manfaat buah nanas ini juga bisa membantu dalam mengobati diare dan IBS. Selanjutnya, bromelain dalam buah nanas ini merangsang pada pencernaan protein, mengurangi peradangan usus sehingga dapat mengobati masalah pada pencernaan.

9. Mengobati arthritis

Pada khasiat buah nanas ini memang mampu untuk mengurangi radang sendi dan otot, terutama yang sangat berkaitan dengan radang sendi. Ternyata memang mengandung enzim proteolitik yang langka dan juga disebut bromelain, terutama yang bisa untuk membantu dalam pemecahan protein kompleks nya dan memiliki efek yang anti-inflamasi. Memang boleh saja mengkonsumsi suplemen Bromelain ataupun enzim nanas, tetapi seharusnya diminum dari pengawasan medis.

10. Mengontrol diabetes

Buah nanas ini memang mengandung banyak serat, dan juga merupakan makanan yang sangat bagus untuk penderita diabetes. Bagi mereka yang sedang menderita diabetes tipe 1, ini akan sangat membantu untuk menurunkan kadar glukosa darah tinggi. Pada penderita diabetes tipe 2, itu akan menghasilkan peningkatan pada gula darah, insulin, dan tingkat lipid. Namun juga, ada sejumlah gula yang hadir, jadi harus di batasi asupan kalian supaya untuk menghindari dari efek yang buruk.

Sisi Buruk dari Buah Nanas

cara membuat selai nanas

1. Meningkatkan kadar gula darah 

Kandungan pada zat gula ini yang cukup tinggi dalam buah nanas tidak baik untuk dikonsumsi bagi orang yang sedang menderita diabetes karena akan meningkatkan gula darah dalam tubuh kita bila dikonsumsi nya dengan secara berlebihan/kebanyakan.

2. Menyebabkan sakit kepala dan alergi 

Buah nanas ini juga dapat menyebabkan sakit kepala dan reaksi pada alergi yang bila dikonsumsi secara berlebihan. Biasanya juga gejala yang ditimbulkan pada berupa kulit yang berubah menjadi ke merah-merahan dan gatal-gatal. Pada kasus alergi ini yang cukup parah, dan efeknya juga dapat menyebabkan pembengkakan pada bibir dan mulut.

3. Memicu kontraksi bagi ibu hamil 

Buah nanas ini ternyata juga tidak baik untuk dikonsumsi bagi wanita yang sedang mengalami hamil muda, di karena kan nanas memang memiliki sifat antelmintik dan abortivum yang akan memicu kontraksi, sehingga dapat berpotensi untuk mengugurkan kandungan nya.

4. Merangsang munculnya rematik 

Ternyata buah nanas juga tidak baik untuk dikonsumsi pada penderita rematik. Dikarenakan, buah nanas ini mampu merangsang munculnya rematik yang ketika sudah masuk ke dalam tubuh kita dan berada dalam saluran pada pencernaan. Di sana makanan tersebut akan difermentasikan agar menjadi alkohol yang menyebabkan akan rasa rematik. Oleh sebab itu, para penderita rematik tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi atau memakan buah nanas dalam jumlah yang banyak agar tidak menimbulkan efek lebih buruk lagi bagi kesehatan.

Demikian tadi cara membuat selai nanas yang manis dan legit, untuk anda yang ingin mencoba di rumah bisa menggunakan mesin penutup botol agar lebih cepat dan efisien. Semoga bermanfaat dan terimakasih.