Cara Membuat Sate Sapi yang Empuk

Halo gais pada kali ini saya akan membahas tentang cara membuat sate sapi yang empuk.

Definisi Sate

Sate ialah kuliner yg berasal dari daging yang dipotong kecil-kecil dan ditusuk sedemikian rupa menggunakan tusukan lidi daun kelapa atau bambu, kemudian dipanggang memakai arang kayu. Sate disajikan dengan aneka macam bumbu yg bergantung pada variasi resep sate. Daging yang dijadikan sate diantaranya bisa daging ayam, kambing, domba, sapi, babi, kelinci dan lain-lain.

Pasti teman-teman mengetahui sate berasal dari Jawa, Indonesia serta bisa ditemukan di mana saja diberbagai wilayah Indonesia dan disebut menjadi salah satu masakan nasional Indonesia. Sate juga terkenal di negara-negara Asia Tenggara lainnya seperti Malaysia, Singapura, Filiphina, dan Thailand. Makanan ini juga populer di Belanda sebab dampak kuliner Indonesia yg dulu adalah koloninya.

Sate ialah sajian yg sangat terkenal di Indonesia, dengan banyak sekali suku bangsa serta tradisi seni memasak yang dapat membentuk beraneka macam jenis sate. di Indonesia, sate bisa diperoleh dari pedagang sate keliling, pedagang kaki 5, di warung tepi jalan, hingga pada restoran kelas atas, dan kerap tersaji di pesta serta kenduri.

Resep dan cara pembuatan sate beraneka ragam bergantung variasi dan resep masing-masing wilayah. Hampir segala jenis daging bisa dibuat menjadi sate. Sebagai negara asal mula sate, Indonesia mempunyai variasi resep sate yang banyak.

Pada umumnya sate diberi sambal, bisa berupa bumbu kecap, kacang, atau yang lainnya, biasanya disertai acar dari potongan bawang merah, mentimun, serta cabai rawit. Sate dimakan menggunakan nasi hangat atau bisa pula disajikan dengan lontong atau ketupat.

Asal Mula Sate

Sate sudah menjadi kuliner yg terkenal secara luas di berbagai belahan dunia, hal ini membuat orang tertarik untuk mengetahui asal mula sajian populer ini.

Meskipun Thailand dan Malaysia menganggap makanan ini ialah milik mereka, sate tanah air yang sesungguhnya ada di Asia Tenggara yaitu Jawa, Indonesia. di sini sate dikembangkan dari adaptasi kebab India yg dibawa oleh pedagang muslim ke Jawa. Bahkan India tidak bisa mengakui asal mulanya sebab makanan ini adalah pengaruh dari Timur Tengah.

Sate adalah kuliner yg berasal dari Ponorogo, Jawa Timur. Istilah sate berasal dari bahasa jawa, yakni Sak Beteng yg berarti satu tusuk. Sate diketahui oleh Bupati Ponorogo pertama pada abad ke 15 setelah penaklukan ponorogo yang merupakan makanan, sehingga usia kuliner sate bisa lebih tua.

Sampai ketika potongan daging sate Ponorogo dipotong memanjang serta dibuat dengan cara primitif seperti awal mulanya, dan sedikit berbeda dengan jenis sate lain.

Dari Jawa, sate menyebar ke berbagai Nusantara serta sebagai konsekuensinya, aneka macam variasi sajian sudah dikembangkan. di akhir abad ke-19, sate telah melintasi Selat Malaka ke negara tetangga Malaysia, Singapura, dan Thailand. pada abad ke-19, istilah tadi bermigrasi, mungkin dengan imigran Melayu yang berasal dari Hindia Belanda, ke Afrika Selatan, di mana beliau dikenal sebagai sosatie.

Orang Indo Belanda menyajikan makanan ini, serta banyak kuliner khas Indonesia lainnya, ke Belanda, mempengaruhi kuliner Belanda.

Cara Memasak Sate

Terdapat banyak resep sate yg terdapat di dunia ini. Akan tetapi secara garis besarnya resep sate adalah sebagai berikut. Kunyit atau kecap manis merupakan salah satu bumbu penting untuk membumbui daging sate serta memberikan warna khasnya.

Daging sate sendiri banyak ragamnya, contohnya daging kambing, ayam, sapi, domba, babi, ikan, udang, cumi-cumi, kelinci,telur puyuh atau jeroan. Beberapa daging artinya daging yang kurang lazim untuk dijadikan sate, contohnya daging kura-kura, bulus, buaya, kuda, kadal, serta ular. Daging yg telah ditusuki dan diberi bumbu baluran rendaman ini, kemudian dipanggang menggunakan bara api arang hingga matang.

Sate bisa disajikan dengan bumbu kacang atau kecap manis, disertai denga potongan bawang merah serta mentimun. disajikan menggunakan nasi putih panas, ketupat, atau lontong. Sate babi umumnya memakai saus berbahan dasar nanas, atau kecap manis.

baca juga : Cara Membuat Corndog Mozarella Coklat yang Lumer

Aneka Resep Sate Sapi

cara membuat sate sapi yang super empuk dan olahan lainnya

1. Sate Daging Sapi Goreng

Bahan-bahan

300 gr daging sapi
2 batang sereh
3 siung bawang putih
3 siung bawang merah
5 lembar daun jeruk
2 lembar daun salam
3 butir kemiri, sangrai dan haluskan
Secukupnya garam
lada
gula
kecap manis secukupnya
Secukupnya jahe bubuk
kunyit bubuk
sedikit air

Langkah-langkah

  1. Potong tipis daging sapi, tumis daging sapi yang sudah dipotong (mengurangi bau amis)
  2. Tumis bawang merah dan bawang putih kemudian, Jika sudah harum masukkan daun jeruk, daun salam, kemiri dan sereh, campurkan dan kocok rata.
  3. Masukkan daging kemudian beri kecap manis dan air. kemudian aduk rata serta kecilkan api.
  4. Lalu tuang gula, garam, kunyit, lada dan jahe.(sesuai selera)
  5. Aduk rata dan tunggu hingga airnya menyusut, Cek rasa, Bila masih kurang bisa ditambahkan bumbu lagi.
  6. Jika sudah sesuai serta air telah menyusut bisa dimatikan kompornya dan bisa disajikan.
  7. Selamat menikmati.

2. Sate Sapi Rembiga

Bahan-bahan

300 gr daging sapi
5 siung Bawang merah Haluskan
5 siung Bawang putih Haluskan
1 sdt Ketumbar
1 sdt Terasi
7 Cabe mix keriting&besar
1/2 sdt Garam
2 keping Gula merah
Air lemon secukupnya

Langkah-langkah

  1. Lumuri daging menggunakan air lemon beberapa mnt lalu dibersihkan dan dipotong kecil, marinasi dengan seluruh bumbu minimal 3 jam supaya bumbu meresap (lebih baik).
  2. Kemudian selesainya proses marinasi, tusuk daging ke tusuk sate dan panggang hingga matang.
  3. Sate siap disajikan.

3. Sate Buntel Daging Sapi

Bahan-bahan

1/2 kg daging sapi cincang
1 butir telur
2 SDM kecap manis kelapa
1 SDM gula jawa tropicana slim
minyak
Bumbu halus :
3 siung bawang putih
2 kemiri sangrai
1 sdm ketumbar kasi air ulek dan saring.. ambil sarinya saja
1 sdm merica
1/2 sdt garam halus

Langkah-langkah

  1. Siapkan kukusan
  2. Masukkan Daging cincang + telur + kecap + gula jawa + garam + bumbu halus dalam blender atau chooper
  3. Setelah tercampur rata ambil dgn tangan lalu tusuk menggunakan tusukan sate (cara ini lebih mudah )
  4. Setelah terselesaikan semua, kukus selama 10 sampai 15 mnt
  5. Lalu beri campuran kecap manis serta minyak lalu panggang
  6. Siap disajikan

Aneka Ragam Sate

Indonesia

Indonesia merupakan negara asal mula sate, serta hidangan ini dikenal luas hampir seluruh daerah di Indonesia dan disebut menjadi kuliner nasional dan salah satu sajian terbaik Indonesia. Sate merupakan hidangan penting dalam kuliner Indonesia, dihidangkan di mana-mana, mulai dari gerobak pedagang kaki lima sampai restoran mewah di hotel berbintang, demikian juga di tempat tinggal atau dalam berbagai pesta, acara, serta kenduri.

Hasilnya sudah tumbuh berkembang aneka macam variasi resep sate di seluruh kepulauan Indonesia. di Indonesia ada beberapa rumah makan yang spesifik menghidangkan berbagai macam sate, seperti restoran Sate Ponorogo, Sate Blora, serta gerai Sate spesial Senayan, yg sebelumnya dikenal sebagai Satay House Senayan.

Di Bandung, Jawa Barat, ada bangunan yang dikenal dengan nama Gedung Sate yang merujuk pada kemuncak (mastaka) atapnya yang mirip seperti sate.

Indonesia mempunyai koleksi jenis sate paling kaya di dunia. Variasi sate di Indonesia umumnya berdasarkan daerah dari resep sate tersebut, jenis dagingnya, bahannya, atau proses pembuatannya.

Sate Madura

Berasal dari Pulau Madura, sebelah utara Pulau Jawa, sate jenis ini merupakan sate yg paling terkenal di Indonesia. Bahan dagingnya menggunakan daging ayam atau kambing, serta bumbu kecap manis dan gula jawa, dicampur bawang putih, bawang goreng, kacang tanah goreng yang telah dihaluskan, petis, kemiri, dan garam.

Sate ayam umumnya dihidangkan bersama dengan bumbu kacang, sementara sate kambing dihidangkan dengan kecap manis ditambah potongan bawang merah. Sate Madura memakai potongan daging yg lebih kecil. Dimakan menggunakan nasi putih, lontong, atau ketupat. kadang ditambahi acar irisan bawang, mentimun, dan cabai rawit. Biasanya penjual sate madura berasal suku Madura.

Sate Padang

Makanan dari Padang serta wilayah sekitarnya di Sumatera Barat yg terbuat dari jeroan sapi atau kambing yg disajikan bersama bumbu, kemudian dipanggang. Karakteristik utamanya ialah saus kuah kuning yang terbuat dari tepung beras yang dicampur kaldu daging serta jeroan, kunyit, jahe, bawang putih, ketumbar, lengkuas, jintan putih, bubuk kari, dan garam. Sate Padang terbagi atas 2 jenis, Sate Padang Pariaman dan Padang Panjang, yang berbeda pada cita rasa saus bumbu kuningnya.

Sate Ponorogo

Jenis sate yg berasal dari Kota Ponorogo, Jawa Timur. Terbuat dari potongan daging ayam yang direndam pada bumbu kecap, disajikan bersama bumbu kacang serta sambal menggunakan irisan bawang merah serta cabai rawit dan jeruk nipis.

Variasi ini unik sebab pada setiap tusuknya hanya ada satu potong daging ayam yang diiris memanjang, tidak sama dengan sate pada umumnya yg terdiri atas empat irisan daging atau beberapa.

Daging ayam sebelumnya direndam dalam kecap manis serta bumbu dan melalui proses “bacem” supaya bumbunya masuk meresap. Lalu dihidangkan bersama lontong. Panggangannya terbuat dari tanah liat yang dilubangi satu sisinya untuk mengipasi arang.

Sate Tegal

Kambing muda yang baru berumur di bawah lima bulan julukannya di Tegal adalah sate “balibul” singkatan dari “baru lima bulan”. Dipanggang dalam satuan  kodi , yang terdiri atas dua puluh tusuk, dan setiap tusuk terdapat empat potong dua potong daging, satu potong lemak dan satu lagi potongan daging.

Dipanggang di atas arang dari hampir matang hingga matang sekali dapat juga diminta dimasak tidak terlalu matang. Kadang kala potongan lemak dapat diganti hati, jantung, atau ginjal kambing. Daging ini tidak dibumbui sebelum dipanggang.

Saat disajikan, disertai kecap manis yang diencerkan dengan air panas, ditambah potongan cabai, bawang merah, tomat hijau, dan nasi putih, ditaburi bawang goreng.

Sate Ambal

dari daerah Kebumen, Jawa Tengah ada sate Ambal. Berbahan daging ayam kampung. Keunikannya adalah bumbunya, bumbu kacang, melainkan tempe tumbuk yang dicampur cabai dan aneka bumbu lainnya. Daging ayam dibaluri dan direndam bumbu selamat dua jam agar terasa. Sate ini dimakan dengan ketupat.

Sate Makassar

Dari Sulawesi Selatan, sate ini terbuat dari jeroan sapi atau kambing yang dibumbui saus yang terbuat dari belimbing. Rasanya khas asam dan pedas. Tidak seperti sate lainnya, sate Makassar dihidangkan tanpa bumbu.

Sate Buntel

Khas Kota Solo atau Surakarta, Jawa Tengah. Terbuat dari daging cincang daging sapi atau kambing (terutama bagian atau iga). Daging kaya lemak ini kemudian membungkus membran daging dan dililitkan membungkus tusukan bambu. Ukuran sate ini cukup besar, mirip dengan kebab Timur Tengah. Setelah dipanggang di atas bara arang, potongan sate ini dipisahkan dari tusukannya, diiris-iris, lalu disajikan dengan kecap manis dan merica.

Sate Lilit

Variasi sate dari Bali. Sate ini terbuat dari daging cincang berbahan daging sapi, ayam, ikan, babi, atau kura-kura. Daging cincang ini dicampur dengan kelapa parut, santan kental, jeruk nipis, bawang merah, dan merica. Adonan ini kemudian dibungkus melilit tusukan bambu, batang tebu, atau batang serai, lalu dipanggang di atas bara arang.

Sate Maranggi

Sate khas Sunda yang lazim ditemukan di Purwakarta, Cianjur, dan Bandung, Jawa Barat. Bumbu sate ini dibuat dari bumbu khusus, yaitu pucuk bunga kecombrang dan tepung ketan. Kecombrang memberikan aroma dan rasa yang seperti mentol. Dihidangkan dengan ketan ( jadah ) atau nasi putih.

Sate Lembut

Sate yang langka dari masyarakat Betawi . Dapat ditemukan di Jalan Kebon Kacang, Jakarta Pusat. Sate dibuat dari daging cincang dicampur parutan kelapa dan bumbu-bumbu, dililitkan pada tusukan sate dari bambu yang pipih. Biasanya dimakan dengan ketupat laksa Betawi.

 Sate Manis

Juga masakan khas Betawi. Dapat ditemukan di Jalan Kebon Kacang, Jakarta Pusat. Sate ini dibuat dari daging has dalam bagian yang paling lembut dari daging sapi, direndam dalam bumbu yang manis.Biasanya dimakan dengan ketupat laksa Betawi.

Thailand

Sate adalah hidangan yang populer di Thailand. Biasanya dihidangkan dengan saus kacang, sate Thailand memiliki beberapa variasi, misalnya sate ayam, sapi, babi, hingga sate vegetarian yang terbuat dari lembar protein kedelai atau tahu. Sate dapat ditemukan di berbagai restoran Thailand di seluruh dunia. Karena masakan Thailand mulai terkenal dan dipasarkan secara internasional dan telah menarik perhatian dunia lebih awal dari seni kuliner Indonesia, telah terjadi pemahaman lebih terutama di luar negeri yang berasal dari Thailand. hasilkan sate sering kali dengan masakan Thai.

Filipina

Filipina memiliki dua macam tradisi dalam memanggang daging sate. Hidangan yang mempengaruhi Spanyol Luzon dan Visayas, umumnya dari babi dan sebagian kecil ayam, direndam dan dibaluri saus manis berwarna merah yang merupakan campuran kecap dan saus pisang. Karena pengaruh Amerika hidangan jenis ini disebut  Barbikyu .

Jenis yang kedua disebut  Satti , adalah makanan khas bangsa Moro di Filipina Selatan. Satti ini paling mirip dengan sate dari Indonesia dan Malaysia. Satti disajikan dalam kuah kacang kental. campuran sausnya adalah kacang, bawang putih, jahe, bawang merah, jintan, terasi, cabai, dan santan. Karena penduduknya mayoritas muslim, daging yang digunakan adalah daging halal seperti sapi, ayam, kambing, dan domba.

Belanda

Disebut saté atau sateh di Belanda, hidangan ini telah teradaptasi ke dalam hidangan Belanda sehari-hari. Sate babi dan sate ayam biasanya disajikan dengan saus kacang, yang banyak tersedia di berbagai toko makanan ringan dan pasar swalayan. Sate kambing dengan kecap manis tersedia di rumah makan Indonesia dan makanan kedai siap saji lainnya. Sate babi dan sate ayam dalam saus kacang, dengan salad dan kentang disebut adalah hidangan populer di pub yang  eetcafes .

Nah cukup sekian artikel tentang sate. Semoga artikel ini bisa bermanfaat. Gunakan alat memasak dari rumahmesin . Sampai jumpa lagi.