Cara Membuat Roti Goreng Mengembang Anti Gagal

caa membuat roti goreng mengembang

Ingin buka bisnis baru dimasa pendemi?kalian bisa banget nih membuaka bisnis bakery. Siapa yang tak kenal dengan makanan yang satu ini, makanan yang seri disajikan untuk pengganti sarapan atau hanya sekedar untuk camilan. Masih bingung mau buat roti apa?Tenang sobat kali ini aku akan bagikan resep cara membuat roti goreng mengembang anti gagal. Stay tune..

Fakta Tentang Roti Goreng

fakta tentang roti

Roti adalah makanan berbahan dasar utama tepung terigu dan air, yang difermentasikan dengan ragi, tetapi ada juga adonan yang tidak menggunakan ragi. Namun dengan kemajuan teknologi, manusia membuat roti diolah dengan berbagai bahan seperti garam, minyak, mentega, ataupun telur untuk menambahkan kadar protein di dalamnya sehingga didapat tekstur dan rasa tertentu.

Roti termasuk makanan pokok yang banyak ditemukan di negara Barat. Makanan adalah bahan dasar pizza dan lapisan luar roti lapis. Roti biasanya dijual dalam bentuk sudah diiris, dan dalam kondisi segar yang dikemas rapi dalam plastik.

Cara Membuat Roti Goreng Mengembang Anti Gagal

caa membuat roti goreng agar mengembang

Bahan-Bahan :

  • Siapkan 300 gram Tepung terigu segitiga biru
  • Siapkan 2 sdt Fermipan
  • Gunakan 250 ml Air matang
  • Secukupnya Garam
  • Gunakan 1 sdt Vanili
  • Siapkan 2 sdm Gula pasir / sesuai selera
  • Gunakan 2 sdm Susu bubuk (merk apa aja)
  • Ambil Minyak goreng secukupnya (untuk mempermudah bentuk adonan)
  • Siapkan Mesis coklat
  • Siapkan Keju
  • Gunakan Selai coklat

Cara Membuat Roti Goreng Mengembang :

  1. Campurkan air matang dan fermipan pada gelas dan tunggu hingga 15 menit
  2. Sembari menunggu, campur tepung terigu, garam, vanili dan gula pasir, susu bubuk kedalam wadah. Aduk hingga rata.
  3. Sesudah 15 menit, campurkan keduanya. Tuang sedikit demi sedikit airnya. Jika dirasa agak lembek bisa ditambah terigu.
  4. Tutup adonan pakai kain dan tunggu kurang lebih 1 jam hingga adonan terlihat mengembang.
  5. Cetak bundar” seukuran apel hijau. Lalu masukkan isian sesuai selera. Gunakan minyak goreng di tangan jika adonan lengket.
  6. Goreng dengan api sedang, jangan ditinggal ya karena cepat gosong hehe.
  7. Roti gorengpun siap disajikan.

Tiga Jenis Roti Bedasarkan Rasa :

  1. Roti tawar : Rasa roti ini tidak berbeda dengan namanya. Pada umumnya roti ini dijadikan sebagai roti sandwich atau enak juga jika ditambah mentega, selai, gula, coklat atau susu kental manis. Saya memiliki tips untuk cara membuat roti tawar, yaitu roti jangan dipotong saat masih panas tetapi tunggu dulu sampai dingin. (untuk lebih jelasnya lihat artikel resep roti tawar)
  2. Yang ke 2 yaitu roti isi : pada dasarnya resep roti jenis ini mirip roti tawar hanya saja resep isiannya yang menyebabkan roti jenis ini bisa dikreasikan sesuai dengan selera. Roti isi yang populer dan banyak di temui saat ini adalah roti daging, roti coklat, srikaya dan keju.
  3. Roti manis : Rasa manis yang muncul biasanya karena kandungan roti manis lebih tinggi dibandingkan dengan jenis roti yang lain. Tetapi tidak menutup kemungkinan rasa manis didapat dari bahan lain seperti buah buahan, madu atau bahan lain yang memiliki cita rasa manis

Tips Cara Membuat Roti Mengembang Dengan Sempurna

tips agar roti dapa mengambang dengan sempurna

1. Memilih Bahan-Bahan Roti Goreng

Sebelum membuat roti goreng, kita harus tahu memilih bahan-bahan roti goreng yang benar. Salah bahan saja nanti roti gorengnya tidak akan sesuai dengan ekspektasi.Untuk membuat bahan-bahan roti goreng yang diperlukan adalah tepung terigu protein tinggi, gula pasir, ragi instan, baking powder, air dingin, margarin, dan garam.

Bahan pelapisnya bisa tepung panir oranye yang kasar supaya kulit roti gorengnya renyah saat digigit.Roti goreng juga bisa diisi dengan selai, tumisan daging atau ayam, cokelat juga keju. Isiannya bisa disesuaikan dengan keinginan.Kalau mau mengisi dengan tumisan, pastikan tumisannya sudah kering.

Tepung terigu yang digunakan adalah tepung terigu protein tinggi karena membuat roti dibutuhkan gluten yang banyak.Membuat roti dengan tepung terigu protein tinggi juga membuatnya berserat bagus.Air yang digunakan bisa diganti dengan susu supaya rasa rotinya lebih enak dan lembut. Ingat, bahan cair ini harus dalam keadaan dingin untuk menjaga ragi di dalam adonan tidak matang karena lama di adoni.

2. Membuat Adonan Roti Yang Lembut

Membuat adonan roti yang lembut itu harus diuleni dengan benar. Pertama, campur tepung terigu, gula pasir, ragi dan baking powder sampai rata.Barulah masukkan campuran telur dan susu cair sambil diuleni sampai kalis. Menguleninya bisa menggunakan mixer dengan pedal yang spiral. Kalau menggunakan standing mixer gunakan pedal yang bentuknya hook.

Saat adonan sudah kalis, coba lihat apakah adonan sudah lembut atau belum. Kalau keras saat dipegang, kita bisa menambahkan sedikit susu. Adonan yang keras saat masih diuleni pasti hasilnya nanti juga keras.Setelah tekstur adonanya kalis, baru masukkan margarin dan garam. Baru deh diuleni sampai elastis. Elastis artinya saat adonan dilebarkan tidak akan mudah robek.

Ciri adonan elastis juga bisa dilihat apakah sudah mengkilap atau belum. Jika sudah elastis, pindahkan adonan ke dalam wadah lalu tutup dengang plastic wrap atau kain dan diamkan selama 30 menit.

3. Pencelup Roti Goreng yang Pasti Renyah

Ada tiga bahan pencelup yang bisa kita gunakan. Pertama, putih telur, gunakan hanya bagian putih telurnya saja karena kuningnya ini bisa mencegah roti goreng renyah tahan lama.Roti goreng yang dicelup di dalam telur utuh hanya akan renyah di awal dan tidak akan renyah saat sudah lama.

Kedua, larutan tepung yang terbuat dari tepung terigu yang dilarutkan dengan air es. Menggunakan larutan tepung memang renyah, tapi terkadang akan lebih tebal karena tambahan tepung gorengnya.

Terakhir, kita bisa menggunakan air dingin atau air yang diberi es. Air es ini tentunya lebih hemat, tidak perlu diracik-racik dan hasil kerenyahannya paling maksimal.

4. Pelapis Roti Goreng

Jika sudah mendapatkan adonan pencelup yang sudah tepat, tips membuat roti goreng lanjut dengan tips melapisi roti goreng.Roti goreng dilapisi dengan tepung panir kasar yang butirannya lebih besar tapi sangat renyah saat sudah digoreng.Untuk melapisi roti goreng, siapkan satu wadah seperti mangkuk kemudian isi tepung panir sampai penuh.

Saat roti selesai dicelup, rendam roti tawar di dalam balutan tepung panir kasar. Lapisi sampai semua bagian tepung terigu terbalut dengan sempurna.Ketika melapisi adonan, pastikan tangan selalu kering. Jadi gunakan tangan lain saat mencelup adonan roti goreng supaya tepung panir kasar tidak bergumpal

5. Menggoreng Roti

Sebelum menggoreng roti goreng, pastikan minyak sudah dipanaskan dengan api sedang. Saat api sudah panas, baru kita goreng rotinya.Api yang digunakan jangan terlalu kecil karena dapat membuat roti goreng lama matangnya tapi mudah menyerap minyak.Jangan juga gunakan api yang terlalu besar agar roti goreng tidak gosong dan rotinya tidak matang.

Sebaiknya gunakan api sedang saja supaya matangnya sampai ke dalam-dalam. Pastikan menggunakan minyak yang banyak karena menggoreng roti goreng harus dengan teknik deep fried.

6. Meniriskan Roti Goreng

Setelah roti goreng berubah kuning keemasan, saatnya diangkat. Sebelum diangkat, sediakan wadah yang cukup besar dialas dengan kertas merang atau tisu dapur.Setelah itu tiriskan roti goreng dalam posisi berdiri agar minyaknya bisa turun.Jangan sampai menumpuk roti goreng karena akan membuatnya berminyak dan tidak renyah lagi. Kalian bisa gunakan mesin peniris minyak.

Ganti kertas merang atau tisu dapur saat sudah bening atau sudah menyerap terlalu banyak minyak. Jika tetap digunakan untuk meniriskan pasti minyaknya tidak akan tiris dengan benar.

Asal Mula Adanya Roti Goreng

asal mula adnya roti goreng

Asal-Usul Nama Odading

Ternyata odading sudah ada sejak masa kolonial Belanda lho.Hal ini tertera dalam buku “9 dari 10 Kata Bahasa Indonesia adalah Asing” (2003) karya Alif Danya Munsyi yang diterbitkan oleh Kepustakaan Populer Gramedia.

Dahulu ada kue goreng tak bernama yang hanya terbuat dari adonan terigu campur gula.Suatu ketika seorang anak kecil Belanda merengek kepada ibunya minta dibelikan kue tak bernama itu.Rengekan sang anak membuat ibunya penasaran dengan bentuk kudapan itu.Kemudian ia pun memanggil seorang ujang penjual kue.

Orang Belanda itu menyuruh si penjual kue keliling untuk membuka daun pisang penutup kue di nyiru.Begitu melihat roti goreng itu, sang ibu berkata dengan heran, “O, dat ding?” yang artinya “O, benda itu?”.Ibu anak itupun mengatakan bahwa kue itu tak bernama itu disebut odading.Kata yang spontan dari orang Belanda itu akhirnya membuat roti goreng ini disebut odading hingga sekarang.

Oleh masyarakat Sunda, nama odading dianggap enak untuk didengar dan sedikit lucu.Sehingga, nama odading terus dipakai oleh para pedagang kue jenis tersebut.

Seperti Apa Rasa Roti Goreng/Odading?

Executive Chef GH Universal Hotel Bandung sekaligus Ketua Indonesian Chef Association Jawa Barat, Anton Kuswendi menjelaskan bahwa odading memiliki tekstur yang lembut di dalam dan garing di luar“Odading ini adonannya memang seperti roti, tapi orang sering kali memasukkan baking soda ke dalamnya supaya teksturnya ada seratnya dan bagian dalamnya sedikit lembab.”

Odading memiliki tekstur empuk dan rasa yang sedikit manis.Kudapan ini biasanya disantap dengan teh manis hangat untuk camilan di sore hari.Di Jawa Tengah dan Jawa Timur, ada jajanan yang nyaris sama persis bentuknya.Namanya bolang-baling, tekstur dan bentuk rotinya sama persis.Namun yang membedakan adalah taburan.Terdapat wijen dan gula pada permukaan bolang-baling.

Baca Juga :resep cara membuat bolu ketan hitam panggang

Macam-Macam Resep Roti Yang Bisa Kamu Jadikan Ide Usaha

1. Roti Sobek Teflon.

Bahan-Bahan :

  • 250 gr tepung terigu
  • 1 butir telur
  • 170 ml susu cair
  • ragi instan secukupnya
  • 30 gr gula pasir
  • 30 gr margarin
  • Es batu secukupnya
  • Garam secukupnya

Cara Membuat Roti Sobek Teflon:

  1. Campurkan tepung, telur, susu, ragi instan dan gula pasir.
  2. Masukkan margarin dan garam dan aduk rata lagi hingga adonan kalis.
  3. Diamkan kurang lebih 1 jam, tutup dengan kain lap basah.
  4. Kempeskan adonan dan bentuk bulat-bulat.
  5. Tata di teflon antilengket. Diamkan 30 menit.
  6. Panggang dengan api kecil sambil ditutup. Bolak balik sampai matang. Sajikan

2. Custard Cream Teflon.

Bahan Roti :

  • 300 gr tepung terigu
  • secukupnya margarin
  • 1 sdt ragi instan
  • 100 ml susu
  • 2 sdm gula pasir

Bahan Krim Vla :

  • 250 ml susu cair
  • 1 sdm mentega
  • 1 sdm tepung maizena
  • 2 sdm gula pasir
  • 3 butir kuning telur
  • sejumput garam air hangat secukupnya

Cara Membuat Custard Cream Teflon :

  1. Buat adonan roti dengan mencampur tepung terigu dengan larutan ragi, gula pasir dan air hangat.
  2. Tambahkan garam, susu, dan margarin, uleni sampai kalis. Tutup adonan agar mengembang.
  3. Buat cream vla, dengan mencampur susu, butter dan panaskan.
  4. Kocok kuning telur dan gula hingga larut.
  5. Masukkan tepung terigu dan aduk sampai tidak menggumpal.
  6. Bagi adonan roti dan isi dengan cream.
  7. Siapkan teflon, alasi dengan loyang. Panggang dengan api kecil, angkat dan sajikan.

3. Pizza Teflon.

Bahan-Bahan :

  • 150 gr tepung terigu protein tinggi
  • potongan kornet 1 lembar
  • 1/2 buah bawang bombay, iris tipis secukupnya
  • sejumput sdt garam
  • 1/2 sdt gula
  • 100 ml air hangat
  • 2 buah sosis, iris tipis
  • 3 siung bawang putih, haluskan
  • Keju mozarella/quickmelt secukupnya
  • Oregano kering secukupnya

Bahan Saus :

  • 2 sdm saus pasta bolognese instan
  • Minyak goreng secukupnya
  • 1/2 buah bawang bombay, cincang

Cara Membuat Pizza Teflon :

  1. Campur air hangat dengan ragi. Biarkan mengembang atau hingga muncul gelembung-gelembung udara.
  2. Campur terigu dengan air ragi, garam, gula, dan minyak goreng. Aduk rata hingga tidak lengket.
  3. Biarkan adonan selama 30 menit, tutup dengan kain basah hingga mengembang.
  4. Untuk sausnya, tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum, masukkan saus dan aduk rata. Masak hingga harum, matikan api.
  5. Setelah adonan mengembang, kempeskan dan bentuk adonan pizza. Ratakan, oles saus, tata sosis, bawang bombay dan keju. Beri taburan oregano dan kornet. Adonan jangan terlalu tebal agar nanti cepat matang.
  6. Oles teflon dengan mentega sedikit. Taruh adonan pizza. Nyalakan api kecil dan tutup teflon. Masak hingga adonan pizza matang.

4. Pie susu teflon.

Bahan Kulit Pie :

  • 200 gr tepung terigu
  • 100 gr margarin
  • 1 butir telur
  • maizena secukupnya

Bahan Vla :

  • 100 ml kental manis
  • 1 butir kuning telur
  • setengah sdt vanila bubuk
  • 100 ml air
  • 2 sdm gula pasir
  • 50 gr tepung maizena

Cara Membuat Pie Susu Teflon :

  1. Untuk kulit, campurkan tepung dengan margarin, aduk rata. Masukkan telur dan maizena. Aduk rata, uleni hingga kalis. Diamkan.
  2. Untuk vla, larutkan maizena dengan air, tuang kental manis, gula dan kuning telur. Aduk rata.
  3. Masukkan vanili bubuk dan aduk merata lagi.
  4. Siapkan teflon, oles dengan margarin merata. Gilas adonan hingga selebar teflon.
  5. Tata di teflon membentuk mangku atau sesuai bentuk teflon. Tusuk-tusuk dasarnya dengan garpu. Tuang adonan vla.
  6. Tutup teflon dan masak dengan api sangat kecil. Jika tak ingin adonan kulitnya cepat gosong, tumpuk dua tatakan kompor. Angkat dan sajikan.

5. Matabak manis.

Bahan-Bahan:

  • 250 gram tepung terigu
  • 1 butir telur ayam
  • secukupnya garam
  • 1/2 sdt baking powder
  • 1/2 sdt baking soda
  • 2 sdm gula pasir
  • 300 ml air

Cara Membuat  Martabak Manis:

  1. Campur semua bahan kecuali baking soda dengan mixer berkecepatan rendah, atau bias juga dengan spatula atau whisk.
  2. Masukkan baking soda, diamkan beberapa saat.
  3. Panaskan teflon, lalu tuang adonan.
  4. Tunggu sampai muncul lubang atau rongga martabak. Tutup teflon tunggu sampai matang.
  5. Taburi dengan gula pasir, coklat, keju, atau topping lainnya.

6. Cookies Keju Teflon.

Bahan-Bahan :

  • tepung terigu 12 sdm
  • 1 1/2 sdm tepung maizena
  • 1 butir kuning telur
  • 5 sdm gula putih halus
  • 50 gram keju parut
  • 75 gram mentega

Cara Membuat Cookis Keju Teflon :

  1. Campur semua bahan jadi satu. Uleni sampai tidak lengket.
  2. Panaskan teflon. Bentuk kukis bulat pipih dan tekan-tekan permukaannya menggunakan garpu, tata di atas pembatas kukusan yang sudah diolesi mentega.
  3. Selanjutnya panggang kukis yang sudah ditata di atas pembatas kukusan di atas teflon. Tutup teflon.
  4. Panggang hingga matang, sekitar 15 menit. Lakukan sampai semua adonan habis.

Gimana sudah kebayang mau buka usaha rot1 yang mana?, atau mau semuanya?. Kalian bisa ikutin dan praktekin cara membuat roti dan tips tipsnya agar roti dapat mengambang dengan sempurna.