Cara Membuat Onion Ring Renyah Yang Gampang

cara membuat onion ring renyah

Onion Ring ini kriuk diluar sekali gigit langsung kreyes.  Onion Rings termasuk salah satu resep makanan ringan yang sangat mudah dibuat, pas disajikan sebagai camilan dengan cocolan saus sambal ataupun untuk dimakan bersama makanan utama lainnya. Kali ini saya akan membahas tentang cara membuat onion ring renyah, Daripada penasaran dengan cara pembuatannya yukk langsung simak saja ulasan di bawah ini.

Onion Ring

onion ring

Onion ring adalah sebuah bentuk hidangan pembuka atau hidangan sampingan yang umum ditemukan di Amerika Serikat, Kanada, Britania Raya, irlandia, australia, selandia baru, afrika selatan dan beberapa belahan asia, eropa dan amerika latin. Hidangan tersebut umumnya terdiri dari “cincin” bawang bombai yang dicampur mentega atau tepung roti dan kemudian digoreng.

Biasanya onion ring crispy ini dihidangkan bersama tempura goreng, ayam goreng tepung atau masakan lainnya. Rasanya yang enak, gurih serta manis dari bawang bombay memang layak untuk difavoritkan. Biasanya menyantap onion ring crispy ini paling pas dengan saus sambal botolan, saus tomat, mayonaise serta sambal pedas sesuai selera.

Untuk membuat onion ring crispy, yang dilakukan adalah dengan dipotong-potong melingkar dulu kemudian lepaskan satu persatu sesuai ruasnya sampai berbentuk ring. Setelah itu celupkan ke adonan basah dan kering lalu digoreng sampai matang. Nah sudah semakin penasaran kan? Berikut cara membuat onion ring renyah.

1.Cara Membuat Onion Ring Renyah

Bahan-Bahan:

  • 1 buah bombay ukuran besar kupas menggunakan mesin pengupas bawang
  • 1 bungkus tepung goreng serbaguna
  • 1 bungkus tepung roti/panir
  • Air dingin secukupnya untuk merendam bawang

Cara Membuat Onion Ring Renyah:

  1.  Iris bawang bombay sesuai pola lingkarannya, lalu pisahkan dan rendam sebentar di air dingin.
  2. Buat adonan basah dengan mengambil 2sdm tepung serbaguna dan tambahkan air secukupnya.
  3. Baluri bawang bombay dengan adonan kering tepung serbaguna, lalu celupkan ke adonan basah, dan terakhir balur dengan tepung roti/panir. Ulangi hingga bawang habis.
  4.  Goreng dengan minyak panas di api sedang hingga berwarna kuning kecoklatan.
  5. Angkat, tiriskan, dan sajikan dengan saus sambal atau mayones.
Baca Juga: cara membuat onion ring

2.Onion Ring Kriuk

Bahan-Bahan:

  • 2 buah bawang bombay ukuran sedang
  • 1 bungkus  Tepung Kentucky
  • 120 ml air
  • Minyak goreng

Cara Membuat Onion Ring Kriuk:

  1. Iris bawang bombay membentuk lingkaran dan lepas satu persatu hingga menyerupai bentuk cincin.
  2. Buat adonan tepung basah dengan cara mencampur 4 sdm Tepung Kentucky dengan 120 ml air (1/2 gelas air).
  3. Tuang sisa Tepung Kentucky di atas piring.
  4. Masukkan bawang bombay yang sudah diiris ke dalam adonan tepung basah.
  5. Kemudian letakkan di atas sisa Tepung Kentucky kering dan balurkan bawang bombay dengan tepung satu per satu hingga merata.
  6. Goreng dengan minyak panas dan api sedang hingga matang dan berwarna kuning keemasan, lalu tiriskan.
  7. Sajikan selagi hangat

Dalam pembuatan camilan ini menggunakan bahan dasar dari bawang bombay, jadi jangan khawatir walau memakan camailan ini setiap hari. Karena bawang bombay memiliki berbagai macam manfaat yang baik untuk tubuh ketika kita mengonsumsinya setiap hari, baik dijadikan camilan atau di gunakan untuk bumbu dalam memasak. Berikut manfaat bawang bombay

Manfaat Bawang Bombay

Bawang bombay merupakan salah satu bumbu dapur andalan di rumah. Berbeda dari bawang merah dan bawang putih, bawang bombay tidak memiliki bau yang menyengat. Bawang bombay kerap dijadikan campuran untuk membuat masakan lebih lezat. Bukan itu saja, bawang bombay sendiri kerap dikonsumsi langsung dengan cara digoreng.

Makanan olahan bawang bombay ini biasa disebut onion ring. Rasa gurih alami dari bawang membuat onion ring kerap dijadikan cemilan. Namun tak banyak yang sadar ada banyak kandungan yang luar biasa dari bawang bombay. Bahkan nilai gizinya mampu membantu kita menjaga kesehatan tubuh, loh.

1. Menjaga daya tahan tubuh

bawang bombai memiliki beberapa mineral mikro yang unggul, seperti selenium dan fluor. Selenium diperlukan tubuh dalam jumlah kecil, tapi nutrisi ini memiliki peran yang cukup penting. Uji biokimia membuktikan bahwa selenium adalah antibiotik dan antioksidan yang baik. Dengan fungsinya ini, keberadaan selenium sangat berarti untuk menjaga daya tahan tubuh atau imunitas.

2. Sumber makanan rendah gula dan hampir bebas lemak

Bawang bombai terbukti hanya memiliki kalori sebanyak 40 kcal/100 gram bahan. Penyumbang kalori pada umbi Liliaceae ini adlaah karbohidrat. Maka dari itu, dapat dikatakan bahwa bawang bombai hampir bebas lemak sehingga kalori dari lemak tidak berarti jumlahnya.

Karbohidrat yang dikandung bawang bombai terdiri atas monosakarida, polisakarida, dan serat. Sementara, gula total yang dikandung dalam umbi ini hanya sebesar 4,24 g/100 gram bahan. Dengan begitu, bawang bombai juga termasuk makanan rendah gula.

3.Mencukupi kebutuhan vitamin C harian

Bawang bombai memiliki vitamin C yang masuk dalam karegori lumayan tinggi. Dalam 100 gram bawang bombai, terkandung vitamin C yang merupakan 12 persen dari kebutuhan vitamin C harian orang dewasa. Jadi, konsumsi bawang bombai dapat sangat membantu seseorang dalam upaya mencukupi kebutuhan vitamin C yang sering kali tidak terpenuhi karena beragam alasan.

Cukup sekian dulu artikel dari saya tentang cara membuat onion ring renyah semoga bermanfaat untuk anda yang ingin mencoba membuatnya sendiri di rumah. Dann selamat mencobaa!