Cara Membuat Nasi Liwet Sederhana Yang Super Mudah

cara membuat nasi liwet sederhana

Halo sobat sebelumnya kan sudah membahas tentang cara membuat nasi kebuli ayam dengan rice cooker anti gagal, sekarang kita akan bahas cara membuat nasi liwet sederhana yang super mudah. Pada resep kali ini kita akan menggunakan rice cooker, praktis banget kan.

Rice cooker selain digunakan untuk membuat nasi kuning ternyata juga bisa dibuat untuk membuat mie instan, nasi kuning, nasi briyani dan lain lain.

Nah sebelum kita ke resep nasi liwet, kita bahas dahulu mengenai filosofi nasi liwet. Yuk langsung saja ke apa sih nasi liwet itu?

Apa Sih Nasi Liwet Itu?

Nasi liwet adalah salah satu makanan khas Jawa tepatnya Jawa Tengah yaitu dari Solo atau Surakarta.

Sejarah dan asal-usul riwayat kuliner yang satu ini kerap dikaitkan dengan tradisi masyarakat Jawa, termasuk untuk menolak bala ketika terjadi bencana.

Sebenarnya, nasi liwet atau setidaknya makanan sejenis dengan nama berbeda juga dikenal di beberapa daerah lain di Indonesia, misalnya nasi liwet Sunda yang tentunya memiliki ciri khas, citarasadan keunikan masing-masing.

Dalam satu paket hidangan nasi liwet khas Solo biasanya terdiri dari beberapa bagian, antara lain nasi gurih, suwiran ayam ungkep, sayur labu siam, telur rebus, sambal goreng ati, tempe dan tahu bacem, serta areh atau hasil rebusan santan yang dimasak hingga mengental.

Nasi yang gurih dan harum menjadi ciri khas kuliner tradisional ini. Rasa gurih berasal dari santan kelapa yang dimasak bersama beras, sementara wanginya dari daun pandan, ditambah daun salam dan batang serai, serta berbagai macam bumbu juga rempah-rempah lainnya.

Cara Membuat Nasi Liwet Sederhana Yang Super Mudah

Bahan Bahan Cara Membuat Nasi Liwet Sederhana

  • 1 liter beras
  • 6 siung bawang merah
  • 1/2 ons teri medan
  • 3 cabai merah keriting
  • 1 Batang sereh di geprek
  • 3 siung bawang putih
  • 1/2 bungkus royko atau 1 sdt
  • 4 lembar salam
  • 1 sdm garam atau 2 sdt garam

Langkah Langkah Cara Membuat Nasi Liwet Sederhana

  1. Cuci beras seperti mau masak nasi, ukuran air nya seperti biasa masak nasi aja
  2. Cuci teri Medan dengan air, tiriskan.. goreng dengan sedikit minyak, setelah kecoklatan angkat
  3. Buang minyak bekas goreng teri Medan, ganti minyak baru untuk menumis bumbu iris, tumis hingga wangi
  4. Jika sudah wangi masukkan bumbu iris nya beserta minyak nya ke dlm beras yg sudah di cuci dan di beri air, masukkan teri Medan yg sudah di goreng, masukkan salam,sereh
  5. Tambahkan 1/2 bungkus royko ayam atau sekitar 1 sdt, garam 1sdm,aduk pelan supaya rata
  6. Masukkan ke dlm rice cooker, tutup dan pencet deh tombol untuk masak nya… jika tombol sudah bunyi “ceklek” langsung aduk aduk nasi nya supaya asin nya rata sampai ke bawah..
  7. Lauk pendamping nya bisa ayam goreng,tempe,tahu, goreng lalapan,sambal terasi.. waaahhh enak poll.

Resep Nasi Liwet

Gimana nih mudah kan resep cara membuat nasi liwet sederhana yang super gampangnya? Oh iya jika kalian tidak memiliki rice cooker besar, kalian bisa banget untuk menggunakan alat penanak nasi besar

Untuk lauk pendampingnya bisa sesuai selera ya, nasi liwet ini sangat cocok dan nikmat jika kalian makan saat nasinya keadaan hangat.. sangat mantap jiwa.

Sekian tutorial resepnya Mohon maaf ya jika ada kekeliruan kata atau ada kata yang kurang jelas. Ditunggu hasil masakan kalian ya, Selamat mencoba dan selamat menikmati