Cara Membuat Minyak Klentik yang Sehat untuk Tubuh

cara membuat minyak klentik

Minyak kelapa murni (Inggris: virgin coconut oil) adalah minyak kelapa yang dibuat dari bahan baku kelapa segar, diambil minyaknya atau kernel-nya, diproses dengan pemanasan terkendali atau tanpa pemanasan sama sekali, tanpa bahan kimia dan RDB. Cara Membuat Minyak Klentik sangatlah mudah sekali jika tau cara nya dan membaca artikel yang tepat untuk membuatnya.

Cara Membuat Minyak Klentik

cara membuat minyak klentik

Harga VCO di pasaran cukup bervariasi mulai dari yang murah hingga yang mahal. Jika anda rajin mengkonsumsi VCO, tidak salahnya membuat VCO sendiri agar lebih ekonomis dan tentunya kualitasnya asli. Prinsip dasar dalam membuat VCO ada 3 tahapan utama, yakni: (1) pembuatan santan kelapa, (2) pembuatan VCO, dan (3) penyaringan. Berikut adalah penjelasan mengenai langkah-langkah membuat VCO :

Membuat Minyak Klentik Dirumah Dengan Santai

al yang harus diperhatikan sebelum proses pembuatan santan yakni pilihlah kelapa yang tua. Perbandingan kelapa dan air yakni 2,5 butir kelapa diberi air matang 1,5 liter. Untuk menghancurkan kelapa bisa diparut manual atau mesin maupun menggunakan food processor. Jika untuk skala kecil bisa menggunakan blender dengan memotongnya kecil-kecil kemudian diblender dengan air.

Peras dan saring kelapa sampai menghasilkan santan. Langkah selanjutnya yakni masukkan santan ke dalam wadah atau toples yang transparan dan tutup bagian atasnya. Biarkan santan kelapa tersebut selama kurang lebih 1 jam sampai terbentuk 2 lapisan, yaitu lapisan atasyang disebut krim (kanil) dan lapisan bawah yang berupa air. Pisahkan krim dari air untuk proses pembuatan VCO.

Pembuatan Minyak

Setelah diperoleh krim di lapisan atas, maka langkah berikutnya yakni proses pembuatan VCO yang terdiri dari 6 metode. Adapun metode pembuatan VCO antara lain:

Metode Pemanasan

Metode ini menggunakan pemanasan terkendali. Caranya yakni krim yang diperoleh dari santan kemudian dimasak dengan wajan pada suhu sedang 60°C – 75°C. Jaga suhu jangan sampai panas berlebihan. Aduk perlahan hingga keluar minyak. Jika sudah diperoleh minyak, matikan apinya. Pisahkan minyak dari blondo dengan cara menggunakan serok. Keunggulan menggunakan metode ini adalah VCO yang dihasilkan diperoleh dalam waktu yang singkat dibandingkan metode yang lain.

Metode Fermentasi

Cara membuat VCO dengan fermentasi dimulai dari menyiapkan krim santan di dalam toples dan kemudian tambahkan ragi roti sebanyak 1/4 sendok teh. Aduk campuran tersebut dan kemudian tutuplah toples. Biarkan (inkubasi) selama 24 jam. Hasilnya adalah terbentuk 3 lapisan yakni: lapisan atas (minyak), lapisan tengah (blondo), lapisan bawah (air).

Metode Pemancingan

Metode pancingan adalah membuat VCO dengan menggunakan VCO yang sudah jadi sebagai pemancing untuk terbentuknya VCO baru. Langkahnya sangat mudah sekali yakni siapkan krim dan masukkan ke dalam toples kemudian tambahkan 1-2 sendok makan VCO dan aduk hingga merata. Tutuplah toples kemudian tunggu selama 24 jam. Hasilnya yakni akan terbentuk 3 lapisan yaitu: lapisan atas (minyak), lapisan tengah (blondo), lapisan bawah (air).

Metode Enzim Daun Pepaya

Daun pepaya mengandung enzim papain yang bisa digunakan untuk membuat VCO. Siapkan daun pepaya dan iris kecil-kecil. Campurkan irisan daun pepaya secukupnya dengan krim santan dan msukkan ke dalam toples tertutup. Tunggu hingga 24 jam sampai terbentuk 3 lapisan. Lapisan atas berupa minyak, lapisan tengah berupa blondo, dan lapisan bawah berupa air.

Metode Enzim Nanas

Nanas mengandung enzim bromelain yang dapat digunakan untuk membuat VCO. Siapkan buah nanas secukupnya (termasuk bonggol tengahnya) dan kemudian diparut. Parutan nanas tersebut dicampur dengan krim santan dan taruh di toples tertutup. Biarkan selama 24 jam hingga terbentuk 3 lapisan.

Metode Asam Cuka

Cara membuat VCO dengan pengasaman cukup sederhana. Hanya menambahkan asam cuka makanan kedalam krim santan. Perbandingannya yakni 200 ml krim santan dicampur dengan 2 sendok asam cuka. Setelah dicampur dengan cuka, aduk hingga merata dan biarkan hingga 24 jam hingga terbentuk 3 lapisan.

Penyaringan

Tahap terakhir yakni menyaring VCO agar menjadi lebih jernih.. Hasil pada tahapan pembuatan VCO yang terbentuk 3 lapisan, ambilah lapisan atas yang berupa minyak dan kemudian disaring. Penyaringan bisa dengan menggunakan kain saring atau kertas saring. Setelah disaring masukkan ke dalam botol tertutup agar terjaga kualitasnya. Jangan disimpan di kulkas dan hindari terkena sinar matahari.

Sekian dari Artikel saya maaf kalau saya ada kesalahan kata di dalam artikel ini saya sebagai pembuat mohon maaf sebesar-besarnya dan jika sudah membaca artikel ini bisa baca artikel lain disini