Cara Membuat Manisan Rambutan Kering Yang Lezat

cara membuat manisan rambutan kering

Manisan rambutan? hmmm mungkin kalian lebih sering mendengar asinan rambutan ketimbang manisan rambutan. Hal ini karena ngga banyak yang menjadikan rambutan sebagai manisan. Maka dari itu kali ini mimin mau kasi tau kalian cara membuat manisan rambutan kering.

Cara Membuat Manisan Rambutan Kering

Buah rambutan memanglah terkenal sebagai buah yang selalu menjadi primadona sebagai ujung tombak di ruang tamu, dikarenakan kebanyakan rumah-rumah di desa kebanyakan pasti memiliki pohon ini. Saking banyaknya, kadang saat panen pun rambutan ini berserakan di mana mana. Selain dapat dijadikan manisan rambutan kering, buah rambutan dapat juga diolah dengan cara membuat salad buah sederhana. Hal ini dapat kalian terapkan untuk membuat hal baru agar ngga mubadzir.

Penasaran gimana caranya? Lesgooo!!

1. Resep Manisan Rambutan Kekinian

Mengusung nama kekinian yang ala ala, resep kali ini memang agak berbeda dengan resep lain nya dan juga dengan mengutamakan keestetikan visual nya.

Bahan-Bahan Resep Manisan Rambutan Kering Kekinian:

  • 15 biji buah rambutan
  • 4 buah strawberry
  • 1/2 buah jeruk lemon
  • 4 buah cabai rawit
  • 1 sendok makan gula pasir
  • 1/2 sendok teh garam halus

Cara Membuat Manisan Rambutan Kering Kekinian:

  1. Seperti biasa kita bersihkan dulu buah rambutan nya kemudian kita kupas hingga bersih. Untuk membuat rambutan nya terkesan lebih bersih lagi kita bisa mencuci hasil rambutan yang udah kita kupas tadi
  2. Kemudian potong strawberry, jeruk lemon serta cabai rawit dan sisihkan terlebih dahulu di sisi lain
  3. Siapkan wadah untuk penyajian nya kemudian masukkan rambutan yang udah dirajang tadi bersama dengan cabai serta strawberry dan potongan jeruk lemon
  4. Tambahkan gula pasir dan garam bisa sesuai selera atau mengikuti resep mimin inI, setelah itu aduk hingga merata
  5. Kemudian masukkan ke dalam lemari es dengan durasi kurang lebih 4 hingga 5 jam namun ngga masalah juga kalo mau semalaman
  6. Manisan rambutan kekinian siap disajikan

2. Resep Manisan Rambutan Kering

Terdengar asing di telinga kita semua, tapi inilah terobosan-terobosan di bidang manisan khusus nya manisan rambutan.

Bahan-Bahan Resep Manisan Rambutan Kering:

  • 2,5 kg buah rambutan
  • 1 kg gula pasir
  • 1/4 sendok teh garam
  • 1/2 sendok makan vanili
  • 1/4 sendok teh kapur sirih
  • 1 sendok tanah natrium benzoat
  • Air secukupnya

Cara Membuat Manisan Rambutan Kering:

  1. Cuci bersih rambutn terlebih dahulu, kemudian kupas dan untuk biji nya kali ini dapat dibuang ataupun diikutsertakan, sesuai selera masing-masing aja
  2. Nyalakan kompor kemudian masukkan rambutan dan rebus hingga mendidih secara keseluruhan
  3. Setelah direbus, tiriskan rambutan nya sampai benar-benar kering
  4. Buat cairan larutan dari kapur sirih dengan cara mencampurkan 1 liter air dan 1/4 sendok teh kapur sirih.
  5. Setelah larutan nya jadi, rendam rambutan yang udah  direbus tadi ke dalam larutan sirih tadi kemudian tunggu sampai semalaman kemudian tiriskan
  6. Kemudian rebus air seliter serta tambahkan garam, gula, dan natrium benzoat nya sampai mendidih. Setelah mendidih masukkan rambutan yang udah direndam di larutan sirih semalaman tadi kemudian lanjut dimasak sampai agak matang.
  7. Matikan api kompor dan tuang vanili kemudian tunggu semalaman lagi
  8. Selesai direndam semalaman lagi, jemur manisan rambutan tadi hingga mengering

3. Resep Manisan Rambutan Pontianak

Masuk di urutan ketiga, kita lanjutkan dengan resep manisan rambutan pontianak yang terkenal unik ini.

Bahan-Bahan Resep Manisan Rambutan Pontianak:

  • Buah rambutan tentunya, yang manis segar dan fresh agar hasilnya maksimal.
  • Jeruk sambal secukupnya atau bisa sesuai selera
  • cabai rawit sesuai selera kepedasan masing-masing
  • Kiamboy(opsional)
  • Gula pasir secukup nya
  • Garim pasir secukup nya

Cara Membuat Manisan Rambutan Pontianak:

  1. Cuci buah rambutan pilihan tadi kemudian kupas kulit nya hingga bersih dan potong belah daging rambutan nya dan sisihkan biji
  2. Taruh bagian yang sudah dirajang tadi ke dalam wadah yang digunakan untuk menyajikan
  3. Kemudian siram daging yang sudah dirajang tadi dengan perasan air jeruk sambal
  4. Masukkan juga gula pasir dan garam secukup nya atau sesuai selera kalian masing-masing
  5. Tak lupa masukkan irisan halus cabe rawit yang sudah dirajang sebelumnya
  6. Setelah irisan cabe rawit nya masuk, sekarang giliran kimboy dan belahan jeruk sambal yang udah diperas tadi di masukkan
  7. Aduk merata semuanya tadi agar rasa nya merata dan terdapat cita rasa nya kemudian masuk kan ke dalam kulkas sampai dirasa udah cukup dingin kemudian sajikan

4. Resep Manisan Rambutan Simplee

Resep rambutan kali ini bener bener simple dan ngga perlu effort lebih seperti resep resep rambutan sebelumnya.

Bahan-Bahan Resep Manisan Rambutan Simplee:

  • 2 ikat rambutan
  • 1/2 ons kiamboy
  • Gula pasir secukupnya
  • 5 butir jeruk sonkit
  • 1/4 buah jeruk sonkit yang diperas
  • 2 buah cabai merah besar

Cara Membuat Manisan Rambutan Simplee:

  1. Seperti biasa kita cuci dulu buah rambutan ini agar tetap bersih dan higenis, lalu kupas sampai bersih dan tinggal dagingnya doang
  2. Kemudian campur rambutan yang telah dikupas tadi dengan kiamboy, aduk hingga menyatu
  3. Tambahkan gula pasir dan potongan cabe lalu aduk lagi sambil memasukkan potongan jeruk sonkit tadi beserta perasannya
  4. Aduk semunya perlahan hingga merata lalu tunggu hingga kering dan merata
  5. Voila manisan rambutan simplee siap disajikan

 

4 resep manisan rambutan di atas patut banget kalian coba. Buat kalian yang ingin terjun ke dunia usaha kuliner, kalian juga bisa  pake resep es buah untuk jualan dengan buah rambutan ini. Terlebih dengan bahan baku yang mudah didapatkan. Selamat mencoba guiss!!