Cara Membuat Kue Bolu Coklat Kukus Lembut dan Asli Mantap Jiwa!

cara membuat kue bolu coklat kukus

Hola sobat semuanya! Pada artikel kali ini aku mau bagi-bagi resep cara membuat kue bolu coklat kukus yang pastinya lembut dan enak serta mudah. Kue bolu coklat ini juga merupakan salah satu makanan yang cukup populer di Indonesia dan cukup familiar di kalangan anak-anak maupun orang tua. Bagaimana bisa tidak familiar sob, karena sajian bolu coklat ini seringkali kita jumpai di acara hajatan atau pada saat hari raya Idul Fitri atau lebaran.

Saat ini untuk mendapatkan kue bolu coklat ini cukup mudah lho sobat. Hidangan penutup berupa kue bolu coklat ini dapat sobat temukan di restoran atau caffe dan kedai-kedai terdekat, dan bahkan banyak ditemukan di pasar jajanan tradisional. Tapi sobat, dari pada keluar jauh-jauh dari rumah dan mengeluarkan uang, gimana kalau kita buat bolu coklat di rumah aja?

Kalau iya, jangan khawatir sobat aku bakalan bagi resep cara membat kue bolu coklat kukus super lembut dan enak, tentunya proses pembuatannya sangat mudah dan hasilnya pastinya akan enak. Hmm…Kalau sobat juga ingin membuat hidangan penutup lainnya seperti donat, sobat dapat menggunakan mesin pembuat donat karena dapat mempercepat dan mempermudah proses pembuatan. Oke jadi langsung aja yuk sobat simak resepnya!

Cara Membuat Kue Bolu Coklat Kukus

Bahan-bahan:

  • Telur ayam sebanyak 3 butir
  • Tepung terigu dengan takaran 75 gram
  • Coklat bubuk atau kakao powder dengan takaran 25 gram
  • Dark cooking chocolate atau coklat batangan dengan takaran 75 gram
  • Gula pasir dengan takaran 100 gram
  • Emulsifier atau sobat juga dapat memakai TBM dengan takaran 1/2 sendok teh
  • Mmargarin atau mentega dengan takaran 50 gram

Langkah Membuat Kue Bolu Coklat Kukus:

  1. Langkah pertama yang harus sobat lakukan yaitu tentunya menyiapkan semua bahan yang akan diperlukan dan jangan sampai ada yang kelewatan. Siapkan sebuah wadah, ambil coklat bubuk dan tepung terigu lalu campurkan menjadi satu.
  2. Selanjutnya sobat ambil mentega atau margarin dan dark cooking chocolate yang sudah dicincang terlebih dahulu. Masukkan kedua bahan ke dalam panci yang kecil, lelehkan secara bersamaan. Apabila sudah benar-benar meleleh, angkat dan sisihkan.
  3. Kemudian siapkan sebuah wadah, ambil telur, gula, dan emulsifier atau TBM. Masukkan bahan-bahan tersebut ke dalam wadah yang akan dipakai, kocok dengan menggunakan mixer sampai adonan berubah menjadi berwarna putih, mengembang, dan cukcup kental.
  4. Ambil tepung terigu dan coklat bubuk yang sebelumnya sudah dicampurkan menjadi satu. Tambahkan ke dalam wadah yang berisi adonan, masukkan secara perlahan sambil diayak ya sobat. Setelah itu campur kembali adonan dengan menggunakan mixer sebentar saja dengan kecepatan yang rendah sampai merata.
  5. Campuran dari margarin dan dark cooking coklat yang sudah dilelehkan sebelumnya dimasukkan juga ke dalam adonan. Aduk-aduk kembali adonan dengan menggunakan solet atau spatula dan pastikan sampai benar-benar tercampur dengan rata.
  6. Siapkan sebuah loyang yang memiliki ukuran kalau bisa 18×18, lapisi permukaaan loyang dengan kertas roti dan olesi dengan margarin terlebih dahulu. Tuangkan adonan kue bolu yang sudah tercampur rata ke dalam loyang. Kemudian masukkan adonan ke dalam kukusan yang sudah dipanaskan sebelumnya, kukus adonan dalam waktu selama kurang lebih 30 menit. Jangan lupa balut tutup kukusan dengan menggunakan kain lap yang bersih agar uap air tidak masuk ke dalam adonan kue bolu ini.
  7. Untuk memastikan kematangan dari adonan kue bolu coklat ini sobat dapat menggunakan metode atau cara tes tusuk. Sobat tunggu kurang lebih setengah jam setelah adonan mulai di kukus, tusuk adonan bolu coklat dengan menggunakan tusuk sate atau lidi. Apabila adonan sudah matang, angkat dan sajikan. Potong dan beri topping sesuai selera sobat.

Manfaat Kue Bolu untuk Kesehatan Tubuh

Menjaga dan Memelihara Sel pada Tubuh

Jadi nih sob, bolu memiliki manfaat yang dapat menjaga dan memlihara sel tubuh yang sehat. Hidangan penutup berupa bolu ini memiliki kandungan senyawa protein yang ada di dalamnya. Kandungan berupa senyawa protein ini memiliki peran yang sangat baik dan penting bagi kesehatan tubuh, yakni memproduksi dan menggantikan sel-sel yang sudah mati pada dalam tubuh.

Membantu Dalam Pembentukan Otot

Seperti yang kita ketahui bolu memiliki kandungan senyawa protein yang cukup tinggi sehingga dapat emmbantu perkembangan otot pada tubuh kita sob. Hal ini dikarenakan dalam proses pengolahan bolu ini menggunkan bahan-bahan yang penuh dengan manfaat, salah satunya telur. Telur sendiri ini memiliki kandungan protein yang sangat tinggi yang berperan dalam membantu proses pembentukan otot.

Menjaga Kesehatan Tulang

Pada roti bolu terdapat juga banyak kandungan vitamin, salah satunya yaitu vitamin D. Vitamin D ini memiliki fungsi yang dapat membantu proses penyerapan kalsium pada tulang kita. Jadi jangan heran sobat kalau hidangan penutup berupa bolu ini untuk mencegah terjadinya pengeroposan pada tulang atau osteoporosis.

Jadi seperti itulah sobat beberapa manfaat yang dimiliki oleh bolu dan resep cara membuat kue bolu coklat kukus yang lembut dan enak. Kalau sobat ingin membuat bolu coklat dengan varian yang lain, sobat dapat mengunjungi artikel cara membuat bolu coklat. Oke jadi sampai disini dulu ya sobat, terimakasih sudah membaca artikel ini, sampai jumpa diartikel selanjutnya dan selamat mencoba 😉