Cara Membuat Kuah Sop Buah Enak

cara membuat kuah sop buah

Sop buah memang memiliki banyak variasi, mulai dari isian di dalamnya, sampai ke kuahnya. Kali ini mimin mau berbagi ke kalian tentang cara membuat kuah sop buah yang enak dan pastinya bakal bikin kalian ketagihan terus deh. Penasaran? simak terus ya gaiss!

Pada resep resep kali ini, kalian bakal nemuin sop buah dengan kuah santan, yoghurt, dan susu kental manis yang legitnya ngga ada lawan hihihi. Tapi sebelum masuk ke resep resepnya, ijinin buat ngasih tau ke kalian manfaat apa aja yang terkandung dalam buah buahan yang ada dalam sop buah ini.

Manfaat Buah Yang Terdapat Sop Buah

Selain kelezatan dan kesegaran yang dimiliki oleh sop buah, manfaat dan khasiat dari kandungannya pun ikut menyertai di setiap sajiannya. Jadi di bawah ini mimin ambil beberapa aja ya gaiss hihihi.

1. Blewah

Mengusung kandungan nutrisi dan gizi yang terdapat serat dan mineralnya diikuti dengan serat, vitamin A, vitamin B, dan vitamin C yang senantiasa menjaga masalah kulit dan kekebalan tubuh. Dapat juga untuk senjata mencegah penyakit kanker.

Buah dengan nama latin cucumis melo var cantalupensis dan berwarna oranye ini selain menyimpan banyak gizi, ia juga sering dipercaya sebagai pemberi impact yang besar untuk kalian yang lagi menjalani program diet.

2. Kiwi

Rasa asam nan kecut pada buah ini seringkali membuat kita mengerutkan dahi, namun tahukah kalian bahwa buah kiwi sangat manjur untuk melawan insomnia?

Dengan kandungan senyawa antioksidan dan serotonin yang menjadi skill basic dari buah kiwi ini, sangat ampuh untuk menenangkan pikiran dari stress yang menjadi momok dan musuh bersama insomnia.

3. Semangka

Buah semangka ini sangat baik penderita asma. Asma sendiri dapat dipicu dari kurang asupan kadar vitamin C, sedangkan di buah semangka ini terdapat banyak sekali kandungan vitamin C. Selain itu juga buah semangka memiliki kandungan antioksidan yang tinggi.

Bagi ibu hamil pun, buah semangka ini ikut berperan aktif karena memiliki kandungan asam folat yang tinggi sehingga dapat menjaga kesuburuan janin dan kandungan si ibu hamil ini agar terhindar dan mencegah si bayi lahir dengan cacat fisik maupun saraf.

4. Nanas

Selain sangat mujarab dalam mengatasi masalah dahaga di siang bolong, buah yang kandungan airnya mencapai 87% ini memiliki gula alami seperti sukrosa, fraktosa, dan glukosa yang menyegarkan ketika dilahap.

Inilah mengapa sebenarnya sop buah diciptakan tanpa susu ya karena kandungan buah di dalamnya benar-benar sudah lebih dari cukup dalam membuat lidah kalian merasa manis.

Buah nanas ini memiliki sifat yang dingin(bukan dingin kayak sikapnya ya:p) sehingga sangat berkhasiat dalam mengurangi asam lambung, mengurangi resiko pertumbuhan sel kanker serta menjaga limpa kita agar tetap prima.

5.Rambutan

Selain dapat dibuat dengan resep yang bakal mimin share di bawah, buah rambutan juga dapat diolah dengan cara membuat manisan rambutan kering . Dalam sebuah penelitian di salah satu negara dengan populasi terbanyak, rambutan dipercaya memiliki zat dan kandungan fenolik yang berguna untuk menurunkan kadar gula darah serta glukosa pun menurun.

Di sisi lain terdapat fakta mengejutkan dan mungkin sedikit menggelikan bagi kita semua, dimana biji rambutan juga dapat melawan diabetes dengan merebus biji nya dan meminum air seduhan nya yang pahit tersebut.

 

Sebenarnya masih ada lagi beberapa buah yang ikut dalam bahan sop buah ini, tapi kalo mimin sebutin semua nanti ngga ada habisanya dong hahaha. Jadi sekarang kita langsung ke resep dancara pembuatannya aja ya gaiss!

 

Cara Membuat Kuah Sop Buah

1. Resep Cara Buat Sop Buah Yoghurt

Bahan Bahan:

  • 1 buah apel
  • 1 buah pir
  • 5 butir buah anggur
  • Nata de coco secukupnya
  • Jelly secukupnya
  • 1 botol yoghurt kemasan sedang

Cara Membuat Kuah Sop Buah Yoghurt:

  1. Cuci bersih buah apel, anggur dan pir kemudian kupas dan potong-potong sesuai selera
  2. Siapkan wadah untuk menaruh rajangan buah di atas tadi. Jika sudah masukkan nata de coco dan jelly ke dalam wadah tersebut
  3. Tuangkan yoghurt ke dalam wadah tadi dan aduk perlahan hingga merata
  4. Kemudian tambahkan es batu sesuai selera kalian dan sop buah yoghurt kali ini siap disajikan

2. Resep Cara Buat Sop Buah Soda

Bahan Bahan:

  • 500 gram buah mangga
  • 500 gram buah pepaya
  • 600 gram buah nanas
  • 500 gram buah apel
  • 700 gram buah pir
  • 400 gram buah naga
  • 400 gram buah mangga
  • 350 gram kolang kaling
  • 250 gram gula pasir
  • Sirup cocopandan
  • 1 liter soda
  • Es batu secukupnya

Cara Membuat Kuah Sop Buah Soda:

  1. Cuci dan bersihkan kolang kaling sampai bersih kemudian rebus kolang kaling sampai empuk
  2. Sambil menunggu kolang kalingnya matang, kita cuci semua buah dan kupas hingga bersih kemudian potong kecil sesuai selera
  3. Siapkan wadah atau mangkuk dan masukkan semua potongan buah tadi bersama dengan soda dan es batu
  4. Setelah kolang-kaling dirasa cukup empuk dan matang, segera angkat dan tiriskan, kemudian tunggu hingga dingin
  5. Jika kolang kaling sudah dingin masukkan ke dalam mangkuk yang udah berisi buah dan soda
  6. Jangan lupa tambahkan sirup cocopandan di atasnya dan voila sop buah soda siap disajikan

3. Resep Cara Buat Sop Buah Yoghurt

Bahan Bahan:

  • 1 buah apel
  • 1 buah pir
  • 5 butir buah anggur
  • Nata de coco secukupnya
  • Jelly secukupnya
  • 1 botol yoghurt kemasan sedang

Cara Membuat Kuah Sop Buah Yoghurt:

  1. Cuci bersih buah apel, anggur dan pir kemudian kupas dan potong-potong sesuai selera
  2. Siapkan wadah untuk menaruh rajangan buah di atas tadi. Jika sudah masukkan nata de coco dan jelly ke dalam wadah tersebut
  3. Tuangkan yoghurt ke dalam wadah tadi dan aduk perlahan hingga merata
  4. Kemudian tambahkan es batu sesuai selera kalian dan sop buah yoghurt kali ini siap disajikan

4. Resep Cara Buat Sop Buah Santan

Bahan-Bahan:

  • 1 buah mangga
  • 2 potong semangka
  • 2 potong melon
  • 5 buah anggur
  • 1 Nutrijel anggur
  • Santan secukupnya
  • Gula secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Susu kental manis sesuai selera
  • Daun pandan
  • Sirup(opsional)

Cara Membuat Kuah Sop Buah Santan:

  1. Cuci bersih semua buah yang ada kemudian lakukan pengupasan
  2. Potong-potong buah dan jelly yang sudah jadi dan taruh dalam sebuah wadah
  3. Masak santan hingga setengah mandidih, sambil memasukkan garam gula, garam, dan daun pada secara bersamaan lalu aduk terus hingga merata dan mendidih agar santannya tidak pecah
  4. Setelah dirasa cukup matang, dinginkan adonan tadi dan tunggu sampai hangat, kemudian tuangkan adonan ini ke wadah yang berisi buah dan potongan jelly tadi
  5. Simpan di dalam kulkas agar mendapat hasil yang maksimal dan sop buah santan siap disajikan

 

Dengan 4 resep di atas dapat dipastikan kalian bakalan bingung mau nyobain yang mana dulu hahaha. Buah buahan emang bisa banget ya diolah jadi apa aja, contohnya diolah jadi resep es buah untuk jualan pun juga bisa bagi kalian yang mau terjun ke dunia usaha kuliner.

Peluang Usaha Sop Buah

Dengan menggunakan cara buat sop buah seperti di atas tidak memungkiri bakalan ngebantu kalian dalam menentukan refrensi dalam menentukan kalian dalam berjualan. Kalian bisa melakukan inovasi apa aja dalam resep di atas secara bebas agar usaha kalian dilirik banyak orang dengan konsep anti mainstream.

Kalian bisa menggunakan jargon jargon yang menarik serta branding yang baru sehingga dapat memikat banyak pembeli. Ntah dengan melalui promo promo yang kalian berikan, atau juga dapat dengan melakukan bundle dengan menyisihkan sebagian keuntungan bagi mereka yang lebih membutuhkan.

Dengan begitu pembeli dan penjual sama sama melakukan sedekah dan kebaikan di setiap transaksinya. Selain  dapat menjalankan roda ekonomi kalian juga dapat membantu sesama yang mungkin kurang beruntung dan tentunya lebih membutuhkan.