Inilah Resep Cara Membuat Kerupuk untuk Dijual Dijamin Laku

cara membuat kerupuk untuk dijual

Siapa yang tidak kenal dengan kerupuk yang paling nikmat menjadi lauk saat makan. Bagi kamu yang ingin membuat kerupuk di rumah dan bisa dijual bisa kok. Cara membuat kerupuk untuk dijual atau dikonsumsi pribadi tergolong mudah dan bahan juga gampang diperoleh.

Definisi Kerupuk

Definisi Kerupuk

Kerupuk adalah makanan ringan yang pada umumnya dibuat dari tepung tapioka yang dicampur bahan lain seperti udang atau ikan yang berasal dari indonesia. Kerupuk dibuat dengan proses pengukusan adonan sampai matang, kemudian dipotong tipis-tipis dan dikeringkan di bawah sinar matahari sampai kering lalu digoreng dengan minyak. Makanan ini populer di kalangan masyarakat Indonesia sebagai lauk saat makan serta sebagai lomba pada peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia.

Kerupuk memiliki jenis yang beragam. Seperti kerupuk nasi, kerupuk kulit, kerupuk udang, hingga kerupuk ikan. Tapi salah satu yang banyak diminati adalah kerupuk ikan.

Selain rasanya yang enak kerupuk ikan juga sangat pas jika dimakan sebagai camilan. Bagi Anda yang ingin mencobanya, Anda bisa membuatnya sendiri sekarang.

Cara Membuat Kerupuk Untuk Dijual

cara membuat kerupuk untuk dijual dijamin laku

Cara membuat kerupuk sebenarnya melalui proses yang cukup panjang, namun tidak terlalu sulit. Pembuatan kerupuk memang kini menjadi produksi dari bisnis yang cukup menjanjikan.Kerupuk sebenarnya memang dapat dibuat secara manual atau dengan alat tradisional.

Tapi, untuk memenuhi permintaan pasar yang tinggi, kerupuk perlu diproduksi dengan mesin. Supaya lebih efisien dan hasilnya pun lebih seragam serta bisa menghemat waktu juga tenaga kerja.

1. Cara Membuat Kerupuk Ikan

Bahan bahan  :

  • 400 gram daging ikan yang sudah dihaluskan (jenis ikan bebas)
  • 400 gram tepung tapioka
  • Garam secukupnya
  • Kaldu ayam atau jamur secukupnya (opsional)
  • 1/4 sendok makan merica Minyak untuk goreng kerupuk

Cara Membuat Kerupuk Ikan :

  1. Yang pertama campurkan semua bahan jadi satu. Kamu bisa koreksi rasa jika belum sesuai.
  2. Lalu bagi adonan jadi empat.
  3. Kemudian kukus adonan selama 45 menit dengan api sedang. Adonan kerupuk yang sudah matang akan terlihat kencang dan sedikit transparan.
  4. Setelah adonan dirasa sudah matang, angkat dan angin-anginkan sampai dingin
  5. Setelah kerupuk sudah dingin, iris adonan dengan ketebalan sekitar 2-3 mm lalu taruh di nampan ceper.
  6. lanjut masuk ke tahap pengeringan, agar kerupuk ketika digoreng mengembang. Kamu bisa memanggang adonan kerupuk di oven dengan suhu 100 derajat Celcius selama 1,5 jam. Balik setiap sisi adonan selama 20 menit sekali. Kalau tidak punya oven, gunakan cara tradisional yakni menjemur kerupuk di sinar matahari selama 1 hari penuh. Tetapi cara ini sangat bergantung dengan cuaca.
  7. Setiap adonan, bentuk menjadi lonjong dengan diameter 5-7 cm.
  8. Jika kerupuk sudah keluar dari oven angin anginkan sebentar kemudian goreng kerupuk dengan minyak panas di wajan sampai kerupuk mengembang dan garing.
  9. Jangan lupa kurangi kadar minyak di kerupuk lalu angin-anginkan kerupuk sebelum disimpan dalam wadah kedap udara agar tetap renyah.

2. Cara Membuat Kerupuk Bawang Putih

Bahan – Bahan :

  • 1/2 sdt merica bubuk
  • 1 sdt ketumbar bubuk
  • Air matang secukupnya
  • Minyak untuk menggoreng
  • 1 sdm soda kue
  • 500 gr tepung terigu
  • Bawang putih 5 siung
  • 5 siung bawang merah
  • 2 sdt garam

Cara Membuat Kerupuk Bawang Putih :

  1. Haluskan bumbu bawang putih dan bawang merah. Lalu campur dengan tepung, merica, ketumbar, soda kue, garam dan air. Uleni hingga jadi adonan kalis.
  2. Bungkus adonan dengan plastik atau daun pisang.
  3. Kukus kurang lebih 3-4 jam hingga adonan matang.
    Setelah matang, keluarkan dan iris tipis hingga habis.
  4. Kemudian tata adonan diatas tampah lalu jemur hingga kering.
  5. Setelah benar-benar kering, goreng kerupuk hingga merekah. Angkat dan tiriskan.
  6. Kerupuk bawang putih siap disajikan sebagai camilan atau pendamping saat makanan.

3. Cara Membuat Kerupuk Bawang Khas Solo

 

Bahan – Bahan :

  • 300 gram Nasi Putih Pulen
  • Kaldu Bubuk secukupnya
  • Garam secukupnya
  • 5 siung Bawang Putih

Cara Membuat Kerupuk Bawang Khas Solo :

  1. Pertama haluskan bawang putih, garam dan kaldu bubuk sesuai selera.
  2. Kemudian campurkan bumbu halus ke dalam nasi putih pulen, Aduk hingga rata. Kemudian, kukus kurang lebih 15 menit.
  3. Selanjutnya setelah 15 menit, keluarkan adonan dari kukusan. Tumbuk atau uleg saat adonan masih panas sampai halus.
    gunakan sarung tangan plastik, bentuk adonan yang sudah halus menjadi bulatan2 kecil, kira-kira diameter 3cm.
  4. Kemudian masukkan adonan ke dalam magic com agar adonan tetap hangat.
  5. Untuk mencetaknya,bisa menggunakan 2 buah piring datar. Ambil 1 bulatan adonan, taruh di tengah piring yang sudah dialasi plastik dan dioles sedikit minyak goreng, lalu tutup atas adonan dengan plastik lagi, kemudian di tekan degan piring yang lain.
  6. Tebal tipisnya adonan, bisa disesuaikan selera, bisa juga dibuat tipis karena hasilnya nanti akan sangat renyah.
  7. Setelah itu tata adonan yang sudah dipipihkan di atas nampan, atau jika tidak ada, bisa gunakan loyang.
  8. Kemudian jemur adonan di bawah terik matahari. Jika cuaca cerah dan terik, jemur dari jam 9 pagi, lalu bisa diangkat sekitar jam 3-4 sore / sampai sudah kering. setelah kering, hasilnya akan berwarna bening transparan, seperti warna alami nasi.

Untuk menggorengnya, panaskan minyak goreng sampai minyak nya panas, lalu kecilkan api. Goreng kerupuk karak dengan api yang kecil-sedang. Kerupuk karak bawang khas Solo yang renyah dan nikmat siap dihidangkan.

 Tips Cara Membuat Kerupuk Untuk Dijual

 Tips Cara Membuat Kerupuk Untuk Dijual

  1. Pilah bahan seperti tepung tapioka, daging ikan (opsional), bumbu, dan pewarna makanan sudah disiapkan.
  2. Kemudian dimasukkan ke mesin pengaduk untuk di proses agar tercampur rata.
  3. Selesai diaduk sekitar 30 menit,masukkan adonan ke mesin pencetak.
  4. Bila adonan dibentuk silindris memanjang seperti lontong, Anda bisa menggunakan mesin pemotong kerupuk lontongan berkapasitas 100-200 kg.
  5. Selanjutnya adonan kerupuk yang sudah dicetak diletakkan di wadah kukusan. Proses pengukusan dilakukan selama 10 menit / hinga suhu mencapai 100 derajat Celcius sampai adonan telah matang.
  6. Langkah selanjutnya adalah penjemuran yang bertujuan untuk mengawetkan adonan kerupuk dan membuatnya mengembang dengan baik saat digoreng. Dan bisa kalian tiriskan pada mesin peniris minyak agar minyaknya berkurang.

Fakta Menarik Tentang Kerupuk

 

1.Kerupuk Sudah Ada di Pulau Jawa Semenjak Abad ke-9 M

Penganan renyah pendamping makan ini ternyata tercatat di prasasti Batu Pura, menuliskan dahulu tentang kerupuk rambak yang terbuat dari kulit kerbau atau sapi, semenjak abad ke-9 M atau ke-10 M di Pulau Jawa.

2. Menyebar pada Abad ke-19 M

Seiring berkembangnya waktu, kerupuk menyebar ke penjuru nusantara. Dalam naskah Melayu karya Abdul Kadir Munsyi, saat menyebut Kuantan (Malaysia) sekitar abad ke-19 M disebutkan juga tentang keropok alias kerupuk.

3. Pengusaha Kerupuk Pertama dari Tasikmalaya Tahun 1930

Salah satu pengusaha kerupuk pertama di Indonesia berasal dari Tasikmalaya yaitu bernama Sahidin dan Sukarma. Mereka berjualan kerupuk semenjak tahun 1930 di Jalan Kopo depan Rumah Sakit Emanuel Bandung.

Pegawai yang dulu pernah bekerja di pabrik Sahidin dan Sukarma, cukup banyak yang berhasil mendirikan usaha kerupuk sendiri. Sekarang pengusaha kerupuk sudah tersebar hampir di seluruh penjuru Indonesia, dengan beragam jenis kerupuk yang dibuat.

Baca juga : cara membuat keripik tahu

Macam Macam Kerupuk Untuk Dijual

1.Kerupuk udang

Seperti namanya, kerupuk udang dibuat dari campuran tepung tapiokayang dicampur dengan udang dan bumbu lainnya. Bentuk kerupuk ini cukup beraneka ragam, ada yang berbentuk bulan sabit, lonjong dll. Kadang ada juga kerupuk udang yang berbentuk kecil, tapi ada juga yang tipis dan lebar. Kerupuk ini punya rasa dan aroma khas udang yang kuat dan cocok dinikmati dengan aneka makanan, seperti soto, nasi goreng, bubur dan masih banyak lagi.

2. Kerupuk Kulit

Sesuai namanya, kerupuk kulit ini terbuat dari kulit sapi atau kerbau. Kulit yang sudah dibersihkan digoreng di pasir yang panas, dijemur sampai kering, lalu diberi bumbu dan digoreng. Kerupuk kulit sangat populer di Indonesia. Keruuk ini mempunyai tekstur yang sangat renyah dan tebal, dengan rasa gurih yang khas. biasanya kerupuk ini kerap diberi bumbu tambahan seperti bumbu rasa pedas.

3.Kerupuk Gendar

Kerupuk gendar biasanya terbuat dari adonan nasi yang dibumbui sehingga rasanya sangat gurih, dengan tekstur yang renyah. Nasi dihaluskan dan diberi bumbu, lalu ditumbuk nasi hingga padat lalu giling nasi sampai tipis. Kemudian jemur adonan dibawah terik matahari, lalu digoreng diminyak yag sudah panas. Kerupuk gendar ini bisa kalian buat di rumah, karena kerupuk ini bisa untuk memanfaatkan nasi sisa. Rasanya gurih dan cocok dinikmati sebagai pendamping aneka makanan seperti lontong sayur, soto dll.

4. Kerupuk Kemplang

Kerupuk ini berasal dari kota Palembang, Sumatera Selatan dan dibuat dari campuran tepung kanji, lalu dicampur dengan aneka bumbu, dan ikan tenggiri. Karena dibuat dari ikan, maka aroma dan rasanya juga cukup khas dan kuat cocok untuk camilan saat nonton TV. Biasanya kerupuk kemplang disantap sebagai pendamping menikmati pempek dari Palembang.

5. Amplang

Berbeda dari kerupuk lainnya, bentuk kerupuk amplang bulat kecil dengan warna coklat muda. Kerupuk ini banyak ditemukan di daerah Samarinda, Kalimantan Timur. Amplang ini biasanya dibuat dari campuran ikan tenggiri, tepung kanji, dan bumbu gurih. Karena dibuat dari ikan, maka rasa dan aromanya yang sangat khas.

6. Rempeyek

Selain terbuat dari tepung tapioka, ada pula kerupuk yang dibuat dari campuran tepung terigu, santan, yang dicampur aneka bumbu, dan topping. Itu adalah rempeyek, mempunyai warna coklat tipis dengan topping yang umum biasanya berupa kacang atau rebon. Rasanya yang gurih dan renyah biasa dijadikan teman makan nasi pecel.

7. Rengginang

Rengginang biasanya dibuat dari beras ketan yang dijemur hingga kering. Ketan yang sudah dijemur dan kering kemudian digoreng hingga mengembang. Bentuk kerupuk rengginang ini bulat dan tebal. Rasanya gurih, dengan tekstur yang khas karena butiran beras ketannya masih utuh. Selain rasa gurih, ada juga rengginang yang ditambah dengan terasi sehingga menghasilkan aroma yang lebih khas.

9. Kerupuk Mi

Kerupuk mi ini biasanya berwarna kuning, dengan bentuk yang tebal. Biasanya bentuknya dibuat bulat melebar. Rasanya gurih, dan enak disantap jadi pelengkap asinan Betawi, atau sekadar dicocol ke sambal kacang.kerupuk ini juga banyak di jual belikan di pasar tradisional maupun diwarung warung terdekat, harganya yang terjangkau membuat kerupuk ini banyak digemari oleh banyak kalangan. bentuknya yang menarik membuat kita ingin menyantapnya.

10. Kerupuk Putih

Kerupuk ini mungkin jadi salah satu yang paling mudah ditemukan. Bentuknya bulat, warna putih. Kerupuk putih ini bisa kamu dapat di warung-warung, di wadah kaleng berwarna biru. Kerupuk putih ini cocok dinikmati dengan makanan apa pun. Seperti nasi goreng, soto, bakso, mi ayam, sarimi, atau bahkan nasi putih biasa.

Manfaat Kerupuk

1.Memperkuat Pertumbuhan Gigi

Khasiat kerupuk yang pertama adalah dapat membantu memperkuat pertumbuhan gigi. Kandungan kalsium dan juga fosfor yang ada di dalam kerupuk baik untuk pertumbuhan gigi yang kuat sehingga dapat mencegah kerusakan pada gigi.

2. Melancarkan Pencernaan

Ingin proses pencernaan berjalan dengan lancar? maka anda bisa mengkonsumsi kerupuk. Kandungan yang ada di dalam kerupuk terbukti mampu melancarkan proses pencernaan sehingga anda akan terbebas dari gangguan pencernaan.

3. Meningkatkan Ketahanan Tubuh

Mengkonsumsi kerupuk juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Hal ini dikarenakan kandungan protein yang ada di dalam kerupuk akan membantu meningkatkan sistem ketahanan tubuh sehingga bisa mencegah serangan dari kuman atau penyakit.

4. Mencegah Penyakit Maag

Penyakit maag atau radang lambung merupakan penyakit yang menyerang bagian lambung. Untuk mengatasinya bisa dilakukan dengan banyak mengkonsumsi makanan kerupuk ini. Kandungan yang ada di dalam kerupuk sangat efektif untuk mencegah timbunya penyakit maag.

5. Meningkatkan Energi Tubuh

Selain bermanfaat untuk mencegah penyakit maag / radang lambung, kerupuk juga mampu meningkatkan energi pada tubuh. Kandungan protein serta karbohidrat yang ada di dalam kerupuk akan membantu pembentukan energi dalam tubuh sehingga tubuh tidak akan mengalami lemas karena kekurangan energi.

6. Menghilangkan Rasa Pedas

Rasa pedas biasanya terjadi karena kita mengkonsumsi terlalu banyak makanan yang mengandung banyak cabe di dalamnya. Untuk mengurangi rasa pedasnya anda bisa mengkonsumsi kerupuk ini. Kandungan minyak yang ada di dalam keupuk mampu menetralisir rasa pedas sehingga rasa pedas akan hilang dengan sendirinya.

7. Menjaga Kesehatan Tulang

Manfaat lain dari kerupuk ternyata juga mampu menjaga kesehatan tulang. Kandungan kalsium dan fosfor yang ada di dalam kerupuk akan membantu menjaga kesehatan tulang sehingga bisa mencegah dari resiko pengeroposan tulang.

8. Meningkatkan Massa Otot

Otot merupakan jaringan dalam tubuh yang berfungsi sebagai alat gerak aktif yang penting dalam tubuh kita. Untuk meningkatkan massa otot kalian bisa mengkonsumsi kerupuk. Kandungan protein yang ada di dalam kerupuk akan membantu meningkatkan massa otot sehingga otot anda akan menjadi lebih kuat.

9. Sebagai Pelindung Tubuh

Dengan mengkonsumsi kerupuk akan memberikan manfaat yang baik untuk tubuh kita. Kandungan zat besi yang ada di dalamkerupuk sangat baik sebagai pelindung tubuh sehingga menambah daya tahan tubuh menjadi lebih kuat dari serangan berbagai macam penyakit.

10. Menurunkan Berat Badan

Kerupuk juga sangat efektif untuk menurunkan berat badan. bila anda bermasalah dengan berat badan yang berlebihan maka anda bisa mengkonsumsi makanan ini. Kandungan kalori yang rendah dalam keupuk mampu menurunkan berat badan sehingga bisa mencegah anda dari resiko kegemukan.

Saat memasak kerupuk banyak memperoleh kegagalan, berikut ini beberapa cara yang perlu anda perhatikan. Berbagai cara yang perlu diperhatikan seperti pemilihan bahan baku yang berkualitas. Bahan yang digunakan harus berkualitas bagus. Alat masak dan rempah harus gunakan yang bersih.

Mudah bukan cara membuat kerupuk untuk dijual?kamu bisa mengikuti cara cara diatas. Selamat mencoba…!!Semoga berhasil