Cara Membuat Keripik Nangka Rumahan Yang Enak Dan Renyah

Buah Nangka

Buah nangka adalah salah satu buah yang hidup di hutan tropis di Ghats Barat, India, dan merupakan salah satu sumber pangan karbohidrat yang penting di dunia. Anggota familinya termasuk cempedak, timbul, sukun, peusar dan marang. Daun nangka, secara botani, merupakan daun yang sangat efisien dalam melakukan proses fotosintesis (proses pembuatan makanan). Zat karbondioksida di udara dapat diserap dan diubah menjadi oksigen dan zat gula secara cepat.

Selain itu buah ini adalah buah yang tumbuh pada bagian batang pokok (yang disebut cauliflorous). Kedua hal tersebut yang menyebabkan pohon nangka mampu berbuah tanpa mengenal musim dan menghasilkan salah satu buah terberat di dunia dengan maksimal berat buah mencapai 45kg bahkan bisa lebih.

Cara Membuat Keripik Nangka Rumahan Yang Enak Dan Gurih

Cara Membuat Keripik Nangka Rumahan Yang Enak Dan Renyah

Bahan Bahan:

  • Buah nangka yang matang dan segar sebanyak 1 kg atau juga bisa lebih
  • Kapur sirih 100 gram
  • Garam 75 gram
  • Garam 75 gram
  • Gula pasir 150 gram
  • Gir satu setengah liter
  • Minyak goreng 2 liter

Cara Membuat Keripik Nangka Rumahan Yang Enak Dan Gurih:

  1. Kupas buah nangka dan bersihkan kulit beserta  jeraminya, belah daging buah, buang bijinya lalu potong ujung-ujungnya.
  2. Rendam buah nangka dengan menggunakan air larutan kapur sirih hingga 5 jam.
  3. Lalu cuci bersih buah nangka kemudian tiriskan hingga benar-benar kering.
  4. Juka sudah di angkat lalu jemurlah setengah hari atau selama 5 jam.
  5. Kemudian Masukkan ke dalam dengan minyak yang dipanaskan pada suhu rendah tidak melebihi 90° Celcius.
  6. Tunggu sampai mendidih lalu goreng hingga matang dan buih pada minyak semakin mengecil atau berkurang, angkat dan tiriskan. Dapat menggunakan mesin peniris minyak, agar keripik nangka tidak mudah tengik.

 Berikut adalah manfaat dari buah nangka:

  • vitamin C
  • pyridoxine (vitamin B6)
  • niacin (vitamin B3)
  • riboflavin (vitamin B2)
  • asam folat (vitamin B9)
  • kalsium magnesium
  • Kkalium fosfor

Menurut pakar diet Mira Ilic, kombinasi potasium, serat dan antioksidan bisa bermanfaat bagi kesehatan jantung. “Nangka juga mengandung flavonoid dan lignan, senyawa tanaman yang dapat membantu melawan peradangan,” ucap Ilic.

Bahkan, nangka sudah lama dipakai untuk pengobatan tradisional, terutama sebagai antimikroba dan antijamur. Membantu mengontrol kadar gula Kandungan glikemis pada nangka tergolong rendah. DMengonsumsi makanan dengan kandungan indeks glikemiks yang tinggi juga terbukti membantu mengontrol kadar gula dalam darah.

Selain itu, nangka mengandung beberapa protein, yang dapat membantu mencegah kadar gula darah naik terlalu cepat setelah makan. Nangka juga mengandung antioksidan flavonoid , yang mampu menyeimbangkan kadar gula darah.

Baca juga:Cara Membuat Keripik Nangka Tanpa Mesin Yang Renyah &Gurih.

Begitu juga, meskipun nangka sangat enak dan banyak manfaat nangka juga memiliki efek samping.

Meski mengonsumsi nangka banyak manfaatnya, beberapa orang dengan kondisi tertentu harus menghindarinya. Bagi orang yang alergi lateks atau serbuk sari, sebaiknya hindari mengonsumsi nangka. Nangka juga mengandung potasium tinggi, yang bisa berbahaya bagi penderita penyakit ginjal kronis (PGK) atau gagal ginjal akut. Baca juga: Sakit Leher saat Bangun Tidur, Begini Solusinya Orang dengan kondisi ini dapat mengalami hiperkalemia jika mengonsumsi banyak kalium. Hiperkalemia adalah penumpukan kalium dalam darah yang dapat menyebabkan kelemahan, kelumpuhan, dan serangan jantung

Berikut adalah salah satu olahan adi buah nangka dan manfaat juga efek samping buah nangka jika mengkonsumsinya

Demikian itulah pembahasan tentang cara membuat keripik nangka yang gurih, renyah, dan enak dan pembahasan tentang  manfaat dan efek samping pada tubuh kita Terimakasih:)