Cara Membuat Keripik Lumpia Kekinian Yang Rasanya Seperti Menjadi Iron Man!

cara-membuat-keripik-lumpia

Pada artikel sebelumnya, sudah dibahas bagaimana cara buat keripik bawang ubi ungu yang bisa dijadikan camilan ataupun pelengkap makanan berat. Nah kali ini, kita akan membahas tentang camilan keripik lagi yaitu cara membuat keripik lumpia kekinian yang renyah dan gurih. Tentunya sudah tidak asing lagi bukan dengan camilan yang satu ini. Cara pembuatannya pun hampir sama dengan bagaimana cara membuat keripik kentang dan keripik-keripik lainnya.

Lumpia merupakan salah satu makanan khas kota Semarang. Tentu, anda sudah tidak asing dengan makanan yang satu ini. Makanan ini biasanya menjadi cemilan saat bersantai dirumah. Jika digoreng warnanya kecoklatan, bentuknya memanjang serta di dalamnya terdapat irisan wortel dan sayuran lainnya. Makanan yang menjadi kegemaran masyarakat Semarang ini terbagi menjadi dua jenis, ada yang basah dan juga kering. Namun, baik lumpia basah atau pun kering sama-sama mempunyai manfaat bagi kesehatan. Dalam makanan ini mengandung energi, protein, karbohidrat, lemak, kalsium, fosfor, dan zat besi.

Olahan makanan lumpia pun mulai berkembang, lumpia yang biasanya berisi sayuran dan beberapa irisan daging ini, olahan lumpia kini sudah berkembang menjadi sebuah keripik yang banyak digemari oleh siapapun. Tidak hanya anak kecil saja, namun seluruh lapisan masyarakat menyukainya.

Nah, daripada kalian semua bingung harus membeli keripik lumpia dimana, mending kita buat kesibukkan kecil dirumah dengan memasak cara membuat keripik lumpia yang enak, renyah, gurih dan yang pastinya kalian bisa menikmatinya dengan beberapa varian rasa yang kalian inginkan.

Cara Membuat Keripik Lumpia Kekinian Yang Rasanya Seperti Menjadi Iron Man!

Bahan-bahan cara membuat keripik lumpia kekinian :

  • 1 bungkus kulit lumpia (secukupnya)
  • 2 sdm tepung terigu
  • Air secukupnya.
  • Bumbu keju atau bumbu tabur lainnya.

Cara Membuat Keripik Lumpia Kekinian :

  1. Larutkan 2 sdm tepung terigu dengan air secukupnya untuk lem kulit lumpia nya.
  2. Gulung kulit lumpia menggunakan tusuk sate atau sumpit.
  3. Setelah itu lem kulit lumpia tadi.
  4. Setelah digulung semua gunting serong kulit lumpia yang sudah digulung tadi.
  5. Goreng hingga kuning keemasan dan tiriskan sampai minyak kering.
  6. Taburi dengan bumbu keju, bumbu balado atau coklat bubuk, rasa sesuai selera.
  7. Sajikan untuk menjadi camilan yang enak.

Komposisi Kandungan Nutrisi/Gizi Pada Lumpia :

Nama Bahan Makanan : Lumpia
Nama Lain / Alternatif : –
Banyaknya Lumpia yang diteliti (Food Weight) = 100 gr
Bagian Lumpia yang dapat dikonsumsi (Bdd / Food Edible) = 100 %
Jumlah Kandungan Energi Lumpia = 133 kkal
Jumlah Kandungan Protein Lumpia = 3,43 gr
Kandungan Lemak Lumpia = 0,47 gr
Jumlah Kandungan Karbohidrat Lumpia = 28,14 gr
Jumlah Kandungan Kalsium Lumpia = 8 mg
Kandungan Fosfor Lumpia = 44 mg
Jumlah Kandungan Zat Besi Lumpia = 0,49 mg
Jumlah Kandungan Vitamin A Lumpia = 1 IU
Kandungan Vitamin B1 Lumpia = 0,04 mg
Jumlah Kandungan Vitamin C Lumpia = 1 mg
Khasiat / Manfaat Lumpia : – (Belum Tersedia)
Huruf Awal Nama Bahan Makanan : L
Sumber Informasi Gizi : Berbagai publikasi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia serta sumber lainnya.

Keterangan :

Riset/penelitian pada Lumpia yang berbeda bisa menghasilkan perbedaan hasil yang didapat karena berbagai faktor yang mempengaruhi.  Mohon maaf apabila ada kesalahan atau kekurangan pada informasi daftar komposisi bahan makanan Lumpia ini.Semoga informasi kandungan gizi/nutrisi Lumpia ini bisa bermanfaat untuk kita semua.

Kandungan gizi/nutrisi pada makanan lumpia – Lumpia atau terkadang dieja sebagai lun pia (Hanzi: ?? / ??, POJ: lun-pián, hanyu pinyin: rùn bing, Bahasa Inggris: long pia) adalah sejenis jajanan tradisional Tionghoa. Kata lumpia berasal dari Bahasa Hokkian dari pelafalan runbing dalam dialek Utara. Dan dalam Bahasa Khek atau Bahasa Hakka , Lumpia disebut Pokppya ( pokpia ).[butuh rujukan]

Lumpia terdiri dari lembaran tipis tepung gandum yang dijadikan sebagai pembungkus isian yang umumnya adalah rebung, telur, sayuran segar, daging, atau makanan laut. Di Indonesia, lumpia dikenal sebagai jajanan khas Semarang dengan tata cara pembuatan dan bahan-bahan yang telah disesuaikan dengan tradisi setempat.