Cara Membuat Kerajinan dari Sendok Plastik Menjadi Cermin

Cara Membuat Kerajinan dari Sendok Plastik

Cara Membuat Kerajinan dari Sendok Plastik – Sendok plastik tentu bukan barang yang sulit ditemukan. Anda bisa membelinya di mana saja, bahkan harganya juga sangat terjangkau. Selain berguna sebagai alat makan, sendok plastik juga bisa difungsikan sebagai barang lain yang bisa mempercantik hunian.

Bahkan sendok plastik adalah salah satu sampah yang sering ditemukan berserakan dimana saja. Agar sampah tersebut tidak menumpuk dan mencemari lingkungan, cobalah untuk membuat kerajinan dari sendok plastik yang bisa saja membuka peluang bisnis.

Membuat kerajinan dari sendok plastik ini unik sekali hasilnya, bentuk pada ujung sendok plastik itu sangat cocok sekali dibuat menjadi kelopak bunga, nah sendok plastik ini cocok sekali untuk anda jadikan sebuah kerajinan tangan.

Berikut adalah cara membuat kerajinan dari sendok plastik yang bisa dicoba sendiri di rumah. Cara berikut ini bisa dijadikan sebagai usaha dekorasi rumah.

Cara Membuat Kerajinan dari Sendok Plastik Menjadi Cermin

Cara Membuat Kerajinan dari Sendok Plastik

Cermin merupakan sebuah barang yang pasti sangat diperlukan sekali keberadaannya dalam kehidupan sehari-hari. Cermin tersebut biasa kita gunakan untuk memastikan diri kita supaya tetap tampil dalam keadaan yang rapih dan cermin ini merupakan solusinya.

Ada juga lho orang yang menjadikan cermin ini sebagai hobi. Berarti dia itu selalu memastikan penampilannya, tiada hari tanpa berkaca. Pada ornamen yang dipaduka dengan sendok plastik tersebut bisa membuat orang-orang yang bercermin semakin betah untuk berlama-lama.

Hal tersebut dikarenakan bentuk pada cermin yang dihasilkan jadi lebih terlihat artistik serta indah untuk dinikmati. Coba kalian lihat lagi pada gambar di atas, di situ terdapat rangkaian sendok yang disusun rapih hingga membentuk sebuah pola lingkaran yang menjadikan cermin tersebut lebih unik.

Alat dan Bahan yang Diperlukan :

  • Kayu Particle Board (PB)
  • Lem tembak
  • Cermin bulat (ukuran menyesuaikan dengan keinginanmu)
  • Gunting
  • 70-80 buah sendok plastik berwarna putih
  • Cat semprot berwarna (sesuaikan dengan tema warna yang kamu inginkan)
  • Pita kecil/tali
  • Potongan-potongan kain
  • Cat akrilik berwarna

Langkah Membuat Kerajinan dari Sendok Plastik – Bingkai Cermin :

  1. Potong-potong sendok plastik menggunakan gunting. Hingga terpisah antara gagang dan bagian cekungnya.
  2. Buatlah 2 ukuran kayu berbentuk bulat. Pertama, potong kayu yang menyesuaikan dengan ukuran cermin bulat yang anda miliki. Kedua, potong kayu dengan diameter yang lebih besar dari kayu sebelumnya.
  3. Jiplak lingkaran cermin bulat tersebut tepat ditengah-tengah kayu pertama.
  4. Tempelkan kain di atas rangka sehingga menutupi bolongan antara kayu yang satu dan kedua.
  5. Mulailah berikan lem tembak di belakang sendok. Tempel sendok mulai dari tepi luar lingkaran karton. Kemudian lanjutkan dengan menempelkan sendok hingga memenuhi pigura kayu.
  6. Tata sendok sedemikian rupa hingga terlihat rapi dan beraturan. Jangan sisakan sedikitpun celah ya.
  7. Mulailah mewarnai sendok. Semprotkan cat ke arah sendok dan juga kayu. Jangan sampai warna asli dari sendok dan kayu masih terlihat.
  8. Tunggu cat semprot benar-benar kering. Setelah cat mengering, lakukan pengecetan dengan cat akrilik agar gradasi warnanya terpancar. Kemudian tunggu kering.
  9. Tahap selanjutnya, tempelkan cermin bulat di tengah dengan lem tembak.
  10. Potong pita atau tali sepanjang yang anda inginkan. Bentuk menjadi lingkaran kemudian tempatkan di belakang pigura kayu agar bisa menggantung di dinding.
  11. Karena bingkai cermin ini terbuat dari sendok plastik dan kayu PB yang tidak berat. Sehingga pita atau tali yang di lem masih aman untuk anda gantung.
  12. Voila! Bingkai cermin dari sendok plastik milik anda sudah jadi. Cantik sekali!

Itulah cara membuat kerajinan dari sendok plastik, sekarang kamu tidak perlu bingung lagi karena sekarang sudah ada mesin pencacah plastik untuk limbah plastik yang bisa mencacah sampah plastikmu. Jangan salah, meski bahan bakunya murah dan mudah didapatkan anda tetap bisa mendapatkan hasil yang sangat menguntungkan. Kabar baiknya lagi, tentu anda sudah ikut serta dalam mengurangi jumlah penumpukan limbah sampah yang sampai saat ini menjadi problem di seluruh dunia. Jika kalian penasaran dengan kerajinan lain yang berbahan dasar sendok plastik kalian dapat membaca artikel kerajinan dari sendok plastik. Dengan berbekal kreativitas, inovasi dan pantang menyerah tentu anda bisa menjalani bisnis daur ulang hingga mencapai kesuksesan.