Cara Membuat Kentang Crispy Gurih dan Renyah!

cara membuat kentang crispy

Kali ini saya akan menjelaskan cara membuat kentang goreng crispy gurih dan renyah. Yang pastinya enak dan juga mudah.

Goreng Kentang Crispy sudah lama menjadi makanan atau camilan favorit semua orang, dari kalangan anak-anak maupun orang dewasa sekalipun. Pasti banyak orang yang sudah mengetahuinya, namun kentang goreng pasti sudah memiliki tempat spesial di hati kita. Ketika bosan dengan kentang beku yang biasa kita beli di supermarket, akan lebih baik jika kita membuatnya sendiri dirumah. Selain lebih bersih pastinya akan lebih hemat. Cara membuat Kentang Goreng Crispy ini cocok untuk dijadikan camilan dirumah saat menonton tv atau bersantai bersama keluarga.

Sejarah Kentang

cara membuat kentang crispy

Kentang atau (Solanum tuberosum L.) merupakan tanaman dari suku Solanaceae yang memiliki umbi batang yang dapat dimakan dan sering disebut “kentang” pula.  Orang  sudah mengenal umbi jenis kentang ini, sekarang telah menjadi salah satu makanan pokok penting di negara Eropa walaupun pada awalnya didatangkan dari Amerika Selatan. Yang pertama kali membawa kentang ke negara eropa adalah Penjelajah dari Spanyol dan Portugis.

Tanaman kentang adalah tanaman yang  berasal dari Amerika Selatan dan telah dibudidayakan oleh penduduk di sana sejak ribuan tahun silam. Jenis tanaman ini adalah  tanaman herba (tanaman pendek tidak berkayu) semusim dan menyukai iklim yang sejuk. Di daerah tropis cocok ditanam di dataran tinggi. Bunga sempurna dan tersusun majemuk. Ukuran cukup besar, dengan diameter sekitar 3cm. Warnanya berkisar dari ungu hingga putih.

Menurut para ahli sejarah, kentang ini berasal dari lembah-lembang dataran tinggi di Chili, Peru, dan Meksiko. Kelompok tersebut yang diperkenalkan bangsa Spanyol dari Peru ke Eropa sejak tahun 1565. Mulai saat itulah, kentang menyebar ke negara-negara lain -dan termasuk Indonesia-.

Pertama kali kentang ada di Indonesiag ini mulai ada semenjak tahun 1794, dimulai dengan penanaman di sekitar Cimahi. Saat itulah, kentang ini dapat ditemui pula di Priangan dan Gunung Tengger. Sejak tahun 1812, kentang sudah mulai dikenal dan dijual di Kedu.

Untuk daerah Sumatera tumbuhan ini dikenal setahun sebelumnya, 1811. Jenis umbi ini tumbuh di pegunungan dengan ketinggian antara 1000 mdpl hingga 2000 mdpl, pada jenis tanah humus. Karena untuk tanah dari bekas letusan gunung berapi adalah yang berstruktur remah lebih disukai. Salah satunya berada di pegunungan dieng.

Manfaat Kentang Goreng Crispy

1. Sumber energi

Kentang adalah salah satu alternatif makanan pokok selain nasi karena kaya akan karbohidrat yang menjadi sumber energi bagi tubuh. Dengan memakan kentang goreng akan membuat perut terasa kenyang dan tentunya menambah pasokan energi tubuh. Tidak hanya itu kentang pun ada pula bahan makanan pokok alternatif lainnya seperti manfaat jagung dan manfaat sagu.

2. Melancarkan pencernaan

Kentang goreng juga memiliki serat sehingga sangat baik untuk kesehatan pencernaan. Proses pengolahan dan penyerapan makanan akan berjalan lancar sehingga tubuh mendapat asupan nutrisi secara maksimal dari makanan atau minuman yang dikonsumsi. Berbagai makanan lain yang juga baik untuk kelancaran pencernaan diantaranya manfaat buah kupa, manfaat buah kiwano, dan manfaat ubi ungu.

3. Mencegah sembelit

Kandungan serat yang ada dalam kentang goreng juga dapat menghindarkan anda dari sembelit atau susah buang air besar. Sisa pencernaan berupa feses dapat segera dikeluarkan dengan lancar dan perut pun terasa nyaman. Cara lain mencegah sembelit juga dapat dilakukan dengan menggunakan manfaat buah plum hitam dan manfaat daun dill.

4. Meningkatkan kekebalan tubuh

Mengonsumsi kentang goreng juga baik untuk pertahanan tubuh terhadap virus dan bakteri penyebab penyakit sehingga anda tidak mudah jatuh sakit. Hal tersebut didukung oleh kandungan vitamn C yang terdapat pada kentang goreng sehingga kekebalan tubuh terpelihara dan semakin baik.

5. Menghaluskan kulit wajah

Mengonsumsi kentang goreng juga berpengaruh positif pada kecantikan dimana dapat membantu memperhalus kulit wajah anda. Selain dimakan kentang juga dapat dijadikan masker untuk merawat kehalusan kulit wajah dari luar. Selain itu ada cara lain untuk mendapatkan kulit wajah yang halus juga bisa dilakukan dengan manfaat nanas untuk wajah dan manfaat pace untuk kulit wajah.

 

Cara Membuat Kentang Goreng Crispy Gurih dan Renyah

cara membuat kentang crispy

Untuk membuat kentang goreng yang crispy gurih dan renyah, ternyata rahasianya cuma tepung. Anda juga bisa menggunakan tepung terigu atau tepung maizena. Bagaimana cara membuat kentang goreng seperti ini? Di bawah ini kami jabarkan resep lengkapnya.

Bahan:

  • 2 Buah kentang ukuran besar
  • 1/2 Sendok teh kunyit bubuk
  • 1 Sendok makan tepung terigu
  • 2 Gelas air untuk merebus
  • 2 Gelas air es
  • Garam secukupnya
  • Minyak untuk menggoreng secukupnya

Cara membuat kentang goreng crispy:

  1. Cuci kemudian kupas dan potong-potong kentang, lalu iris dengan bentuk stik setebal 0,5 cm sampai 1 cm. Setelah di potong, masukkan ke dalam air setelah kentang diiris agar tidak berubah warna.
  2. Siapkan air rebusan, kemudian tambahkan 1/4 sendok teh kunyit bubuk agar kentang tidak terlalu pucat. Rebus kentang selama 3 atau 4 menit.
  3. Setelah di rebus lau tiriskan kentang dan segera masukkan ke dalam air es.
  4. Kemudian campur terigu dan garam, gulingkan kentang di atasnya. Campurkan hingga seluruh bagian kentang terlumuri tepung dan garam.
  5. Siapkan wajan panas dan minyak secukupnya, kemudian goreng kentang hingga berwarna kekuningan. Kemudian angkat dan tiriskan minyaknya di atas kertas minyak atau kertas tisu.

 

Cara Membuat Kentang Goreng ala KFC yang Enak

cara membuat kentang crispy

Ternyata rahasianya adalah lemak beku. Bisa menggunakan lard (dari babi) ataubeef tallow(dari sapi). Dibawah ini  adalah resep ara membuat kentang goreng ala KFC yang renyah.

Bahan:

  • 200 lemak daging sapi beku
  • 2 Buah kentang ukuran besar
  • 1 1/2 gelas air
  •  1/4 cangkir gula yang dilarutkan dengan 1 sendok makan air hangat, atau sirup jagung
  • 1/4 Sendok teh kaldu sapi blok (opsional)
  • 2 Sendok teh garam

Cara membuat kentang goreng ala KFC:

  1. Bersihkan kulit kentang lalu potong-potong kentang, lalu iris dengan bentuk stik setebal 0,5 cm sampai 1 cm. Setelah itu masukkan ke dalam air setelah kentang diiris agar tidak berubah warna.
  2. Tambahkan sirup jagung dan air, kemudian masukkan kentang ke dalamnya. Dinginkan selama sekitar 30 menit.
  3. Panaskan wajan dan minyak goreng, kemudian tiriskan kentang dari larutan gula. Kemudian goreng kentang kembali selama 1 sampai 2 menit.
  4. Diamkan kentang goreng yang sudah digoreng, kemudian dinginkan kentang di dalam lemari es selama 15 menit.
  5. Lalu panaskan kembali minyak goreng dan tambahkan lemak daging sapi. Kemudian goreng kembali kentang selama 5 menit atau sampai kuning keemasan.
  6. Setelah digoreng kemudian tiriskan  kentang goreng, kemudian taburi garam dan merica sesaat sebelum dihidangkan.

 

Cara Membuat Kentang Goreng Tanpa Tepung

cara membuat kentang crispy

Kebanyakan resep kentang goreng atau french frieslokal menggunakan tepung terigu atau maizena untuk menambahkan tekstur renyah yang tahan lama.  Apabila kentang yang direndam dalam air es akan menghasilkan kerenyahan ekstra setelah digoreng.

Bahan:

  • 100 grambeef tallow atau lemak daging sapi beku
  • 4 Buah kentang ukuran sedang
  • 2 Liter air es
  • Minyak untuk menggoreng secukupnya
  • Garam secukupnya

Cara membuat kentang goreng tanpa tepung:

  1. Bersihkan kulitnya dan potong-potong kentang, kemudian iris dengan bentuk stik setebal 0,5 cm sampai 1 cm. Masukkan ke dalam air es setelah kentang diiris. Biarkan kentang terendam selama 1 jam.
  2. Panaskan beef tallow di penggorengan, kemudian tambahkan minyak goreng.
  3. Angkat kentang dari air rendaman, kemudian goreng dalam campuran minyak danbeef tallowyang sudah panas. Apabila warnanya sudah kuning keemasan, angkat dan tiriskan minyaknya.
  4. Tambahkan kentang goreng dengan garam halus sesaat sebelum disajikan.

 

Cara Membuat Kentang Crispy Saus Keju

cara membuat kentang crispy

French fries atau kentang goreng paling nikmat disantap dengan saus. Dan bisa ditambahkan mayones seperti di Prancis atau menggunakan saus keju seperti Richeese. Inilah cara membuat kentang goreng saus keju seperti ini sebenarnya juga tidak sulit, kok. Berikut kami sertakan resepnya yang paling sederhana.

Bahan:

  • 100 Gram kejuquickmeltdiparut
  • 130 ml susu cair tawar
  • 20 Gram bumbu kentang bubuk rasa keju
  • 50 ml air
  • 1 1/2 Sendok makan tepung maizena
  • 1 Kuning telur

Cara Membuat Kentang Crispy Saus Keju :

  1. Rebus susu dan kejuquickmeltdengan api kecil.
  2. Kocok kuning telur, maizena, dan air, lalu masukkan ke dalam rebusan susu. Aduk rata sampai asus mengental.
  3. Tambahkan bumbu kentang bubuk rasa keju ke dalam saus, kemudian aduk sampai meletup-letup. Segera angkat dan tunggu sampai dingin.

Bagaimana cara membuat kentang goreng crispynya? cara yang saya bagikan kali ini sangat mudah bukan untuk membuatnya?, jangan lupa ya untuk di coba dibuat dirumah mu. Apabila kalian ingin cepat dan juga praktis dalam mengolahnya pakailah mesin pengupas kulit kentang ya. Itulah cara yang saya bagikan kali ini semoga bermanfaat ya. Selamat mencoba!