Cara Membuat Gantungan Dari Tali Dengan Desain Yang Menawan

Cara Membuat Gantungan Dari Tali

Assalamualaikum temen temen, kembali lagi disini. Yapp kali ini kita akan membahas bagaimana Cara Membuat Gantungan Dari Tali. Untuk lebih lanjutnya, yuk simak penjelasan berikut.

Definisi Tali Kur

Definisi Tali Kur

Tali Kur merupakan tali yang biasa digunakan untuk tali serut, tas fashion dan tas duvet, tali jaket, tali sweater, tali pramuka, dll. Tali kur juga tersedia dalam berbagai ukuran, warna dan bahan baku seperti Poy, nilon, polyester, katun, filamen dan lainnya.

Seperti yang kita ketahui, tali kursus juga banyak digunakan dalam seni menenun, dan salah satu kegunaan yang paling umum adalah dalam pembuatan aksesoris gantungan kunci. Namun, berbeda dengan bentuk gantungan kunci anyaman yang memanjang, kali ini kita akan membuat bentuk yang berbeda dari yang lain.

Selain Kerajina dari tali, ternyata banyak kerajinan kerajinan yang bisa kita buat dari bahan bekas lhoo. Karena pada hakikatnya orang yang memiliki jiwa kreatif tinggi, ia akan dapat mengubah benda bekas apapun menjadi sebuah karya. Contohnya saja kita dapat membuat kerajinan dari dari sedotan, plastik dan lainnya.

Yang tentunya misal cara membuat bunga mawar dari sedotan dan cara membuat tas dara plastik itu berbeda, apa yang membedakannya? ya perbedaannya terletak pada tingkat kesulitan pembuatannya.

Cara Membuat Gantungan Dari Tali

Cara Membuat Gantungan Dari Tali

Sebelumnya, sudah tahukan jenis jenis tali apa saja yang ada disekitar kita?. Kita jelaskan sedikit yaa, jenis jenis tali itu sangat banyak dan beragam berdasarkan material pembuatnya dan kegunaannya. Karena pada dasarnya setiap tali itu memiliki kegunaan masing masing. Contohnya tali prusik, tali layar, tali webbing, tali sabut kelapa, tali tambang, tali kur, dan lain sebagainya.

Gantungan Dari Tali Kur

Alat dan bahan:

1. Benang Wol

adalah benang yang terbuat dari bulu binatang yang halus (terutama bulu domba).

2. Tali Kur

Tali kur sendiri merupakan sebuah tali sejenis dengan bahan wol tebal

3. Gunting

adalah alat potong bekas pakai. Bahan tipis seperti kertas, karton, lembaran logam, tekstil, tali dan kabel dipotong dengan gunting. Gunting lebih cocok daripada pisau untuk berbagai keperluan, misal untuk memotong artikel dan gambar koran. Juga sering digunakan untuk memotong rambut. Berbeda dengan pisau, gunting memiliki 2 ujung yang tajam.

4. Gantungan Kunci

Adalah gantungan kecil yang digunakan untuk menempelkan benda kecil ke lubang kunci. Gantungan kunci biasanya terbuat dari logam, plastik, atau bahkan karet. Gantungan kunci juga dapat dihubungkan ke beberapa gantungan kunci lainnya.

5. Pistol Lem

6. Lilin

Lilin adalah sumber cahaya yang terdiri dari sumbu yang dilapisi bahan bakar padat dan mudah terbakar. Sebelum abad ke-19,  bahan bakar yang biasanya digunakan adalah lemak. Sekarang Yang biasanya digunakan adalah parafin.

7. Mutiara Atau Manik Manik

Manik-manik adalah barang dekoratif kecil yang memiliki berbagai ukuran dan bentuk dan terbuat dari bahan seperti batu, tulang, cangkang, kaca, plastik, kayu atau mutiara dengan lubang kecil untuk memasang benang atau tali pengikat.

Cara membuat gantungan kunci obat

1. Buatlah Tali Anyaman

  • Potong benang wol dengan panjang sekitar 20 cm. Buat 3 potong dengan ukuran yang sama, lalu ikat ujungnya dan kepang.
  • Ambil jalinan anyaman sesuai gambar di bawah ini hingga habis. Ikat ujungnya, sisihkan.

2. Buat Liontin

  • Siapkan talinya dengan baik. Panjangnya kira-kira 30 cm.
  • Bentuknya seperti guci. Tali pembentuk gelas diikatkan di bagian depan kepala gelas. Kemudian lanjutkan ke bawah mengikuti badan toples dan ikat ke kepala toples.

Saat ini, seni menenun tali kursus kurang diminati orang, walaupun ada berbagai bentuk yang bisa kita buat dari tali.

Gantungan Dari Tali Sepatu

Kerajinan tangan yang biasa dibuat dari karton atau plastik bekas aqua. Sekarang kami akan memberi kamu tips tentang kerajinan dari tali sepatu. Perhatikan baik-baik, tentunya pertama kita harus menyiapkan alat dan bahan.

Alat Dan Bahan :

Hanya 1 pasang tali sepatu dengan warna berbeda agar terlihat berwarna.

Cara Membuat Gantungan Dari Tali Sepatu

  • Sesuaikan panjangnya
  • Tarik sabuk ke atas di bagian bawah dan sedikit ke samping.
  • Kemudian Tarik talinya dari kanan ke kiri dan sedikit ke kanan
  • Tarik tali atas ke bawah
  • Dan masukkan tali di kiri bawah, dari tali bawah yang ditarik ke atas, lalu tarik semua bagian tali, sisi kiri, lalu keluar tali kiri bawah.
  • Karena sisi kiri keluar, lakukan saja hal-hal seperti bagian atas. Mulai dari kiri bawah, kanan atas, kanan atas, kanan bawah, atas dan kiri kemudian berlanjut hingga tali sepatu tidak bisa lagi ditenun.

Gantungan Pot Dari Tali

Jika kita tahu gantungan pot kawat. Gantungan kawat tidak hanya kurang menarik, tetapi juga mudah berkarat. Jika tanaman terlalu berat, kawat bisa putus dan jatuh. Selain kawat, sekarang sudah ada tempat tali plastik. Kelihatannya unik dan kita bisa melakukannya sendiri.

Alat Dan Bahan :

  • Tali pramuka, panjang 21 m. Potong menjadi 6 bagian dengan panjang masing-masing 3,5 m.
  • Cincin atau ring rotan. Diameter 10 cm dan 25 cm.
  • Pot.
  • Pemotong atau gunting atau cutter.

Cara Membuat Gantungan Pot Dari Tali

  • Ambil tali sepanjang 3,5 m. Lipat bagiannya menjadi dua. Masukkan ujung terlipat dari tali berdiameter 10 cm ke tengah cincin rotan. Masukkan ujung yang lain ke ujung yang terlipat agar talinya terpasang ke ring.
  • Lakukan hal yang sama dengan lima untai tali lainnya. Kelompokkan tali menjadi tiga bagian, masing-masing berisi dua simpul yang berdekatan. Beri nomor tiap senar dalam kelompok dari 1 sampai 4. Seberangi senar 4 ke kiri melewati bagian depan tali 2 dan 3.
  • Silangkan tali 1 ke kanan melewati bagian belakang tali 2 dan 3. Lewati salah satu ujung tali 4 ke dalam ruang antara tali 1 dan 2. Masukkan juga ujung tali 1 ke dalam ruang antara tali 3 dan 4. Tarik ujung tali pengikat. Lakukan sampai anyaman cukup.
  • Lakukan hal yang sama dengan dua set tali lainnya. Ambil cincin rotan dengan diameter 25 cm. Ikat setiap tali anyaman. Pastikan panjang tali dan jarak antara simpul sama. Ambil seutas tali dari kelompok. Ikat tali dari kelompok di sebelahnya. Lakukan hal yang sama dengan kelompok senar lainnya. Ambil pot dan pohon untuk digantung. Letakkan di atas cincin rotan dengan diameter 25 cm.
  • Lanjutkan mengikat tali yang tersisa. Pilih seutas tali, lalu lilitkan di sekitar tali lainnya. Setelah Anda cukup melilitkannya, masukkan ujung tali ke salah satu simpul. Pada langkah terakhir, potong atau potong sisa ujung tali hingga memiliki panjang yang sama.

Demikian pembahasan mengenai bagaimana Cara Membuat Gantungan Dari Tali. Kita dapat membuatnya diwaktu senggang, agar waktu kita tidak terbuang hanya untuk main main saja, lebih baik kita lakukan hal yang bermanfaat yang akan menghasilkan sebuah karya.

Dengan demikian kita tidak akan menyesal dikemudian hari karena telah menyianyiakan waktu. kita harus produktif. Terima kasih semoga bermanfaat dan selamat mencoba.