Cara Membuat Coklat Sendiri dari Coklat Batangan, Asli Mantap!

cara membuat coklat sendiri dari coklat batangan

Halo sobat semuanya! Kali ini aku mau bagi-bagi resep cara membuat coklat sendiri dari coklat batangan yang mudah dan simple. Selain mudah dan simple nih sobat, rasa yang dihasilkan dijamin enak dan super lezat. Coklat ini memnag sangat populer di berbagai kalangan dalam masyarakat, baik anak-anak maupun orang dewasa. Coklat sangat populer di kalangan masyarakat karena selain mudah untuk didapatkan, coklat juga memiliki rasa yang familiar dan cukup ramah di lidah semua orang.

Coklat sendiri merupakan hidangan penutup yang seringkali juga dijadikan bahan pelengkap untuk hidangan lain. Contohnya saja pada kue, donat, es krim, puding, brownies, dan masih banyak lagi. Hmm…mungkin jika sobat juga berminat untuk membuat donat, sobat dapat menggunakan bantuan mesin pembuat donat karena sangat efektif dan efisien.

Untuk mendapatkan coklat sobat dapat membelinya di kedai-kedai sekitar atau terdekat bahkan juga bisa di beli di olshop. Tapi nih ya sob, lebih baik kalau kita buat sendiri karena akan lebih seru dan kita juga dapat menyesuaikan selera. Oke jadi tanpa lama-lama yuk langsung aja simak resepnya!

Cara Membuat Coklat Sendiri dari Coklat Batangan Granola Bar

Bahan Kering:

  • Kacang tanah yang sudah dicincang dengan takaran 50 gram
  • Kurma dengan takaran 50 gram
  • Kismis dengan takaran 35 gram
  • Biji bunga matahari atau sunflower seeds dengan takaran 50 gram
  • Rolled oat dengan takaran 50 gram
  • Coconut flakes atau kelapa serut kering 50 gram

Bahan Coklat Caramel:

  • Dark Cooking Chocolate dengan takaran 220 gram
  • Madu dengan takaran 2 sendok makan
  • Minyak kelapa atau coconut oil dengan takaran 2,5 sendok makan
  • Brown sugar dengan takaran 4 sendok makan

Cara Membuat Coklat Sendiri dari Coklat Batangan Granola Bar:

  1. Pertama-tama sobat semua bahan kering dan bahan coklat caramel.
  2. Setelah itu siapkan 2 wadah, masing-masing untuk bahan kering dan bahan coklat caramel. Campurkan menjadi satu semua bahan kering dan coklat caramel ke dalam wadah masing-masing, lalu aduk sampai tercampur rata.
  3. Kemudian sobat siapkan sebuah wajan dan sangrai bahan kering yang sudah tercampur rata. Lalu sangrai bahan kering dengan nyala api yang kecil saja sampai warnanya menjadi agak kecoklatan. Eitss….jangan sampai gosong juga ya sobat.
  4. Jika bahan kering sudah selesai disangarai, angkat dan letakkan kembali ke dalam wadah. Tuangakn coklat caramel ke dalam bahan kering. Aduk-aduk secara terus menerus dengan menggunakan solet atau spatula sambil agak ditekan-tekan ya sobat.
  5. Siapkan sebuah loyang yang permukaanya sudah dilapisi dengan baking paper. Kemudian masukkan adonan yang sudah tercampur rata ke dalam loyang dan ratakan serta padatkan dengan cara ditekan-tekan.
  6. Sobat panaskan oven terlebih dahulu, jika sudah panas masukkan adonan ke dalam oven, panggang adonan dengan suhu 180 derajat celcius dalam waktu 10-15 menit. Jadi sobat, sambil menunggu adonan matang kita lelehkan Dark Cooking Chocolate terlebih dahulu ya. Jika adonan sudah matang keluarkan dari oven dan tuangkan Dark Cooking Chocolate yang sudah dilelehkan ke adoanan. Masukkan ke dalam kulkas aau freezer sebentar saja sampai agak mengeras, jika sudah mengeras granola bar super yummy siap disajikan.

Selesai Sudah Resepnya Sobat

Wahh…ternyata buat coklat sendiri itu mudah dan sederhana ya sob, ga perlu keluar rumah buat beli coklat yang rasanya enak, buat sendiri rasanya juga gak kalah enak lho. Jadi sobat jangan ragu untuk mempraktikannya sendiri, dijamin deh anti gagal. Oh iya, kalau sobat juga ingin membuat coklat batangan sendiri, sobat dapat mengunjung artikel cara membuat coklat batangan, caranya mudah dan sederhana juga. Oke, begitulah resepnya sob, terimakasih sudah membaca dan mengunjungi artikel ini, selamat mencoba