Cara Membuat Cemilan Dari Pisang Ngga Pake Ribet

cara membuat cemilan dari pisang

Kalian punya banyak stok pisang? bingung cara ngabisinnya biar ngga mubadzir? tenang aja di artikel kali ini mimin bakal ngasi tau kalian cara membuat cemilan dari pisang yang ngga pake ribet dan ngga akan bikin buah pisang di rumah kalian terbuang sia sia dan mubadzir.

Buah pisang sendiri memiliki berbagai macam cara untuk diolah seperti dengan cara membuat salad buah sederhana dan juga dapat dengan resep es buah untuk jualan bagi kalian yang ingin membuka usaha es buah.

 

Manfaat Buah Pisang Bagi Kesehatan

1. Menyeimbangkan Gula Darah

Kandungan pati resistan dan pektin yaitu sejenis serat pada daging pada buah pisang dinilai dapat mengontrol gula darah dengan mengurangi nafsu makan sehingga memperlambat pengosongan lambung. Hal ini sangat bagus bagi kalian yang ingin makan tidak terlalu banyak, dengan makan sedikit nasi dan lauk diikuti dengan makan pisang setelahnya maka rasa kenyang akan bertahan cukup lama.

2. Membantu Diet

Karena pisang memiliki zat antioksidan yang sangat kuat, hal ini sangat mendukung bagi kalian yang sedang mengalami program diet. Dengan memperlambat pengosongan lambung agar kalian yang sedang melakukan program diet senantiasa merasa kenyang.

Selain dapat merasa kenyang lebih lama, pisang mengandung serat dan mineral yang tinggi sehingga dapat memperlancar sistem pencernaan dan membersihkan saluran pencernaan dengan serat yang dimilikinya.

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Mesin pembunuh nomor satu di dunia ini sangat mengerikan tentunya, banyak yang berlomba-lomba menerapkan hidup sehat demi menghindari mesin pembunuh ini. Namun tak perlu risau, beberapa kandungan buah pisang bakal membantu fungsi kerja jantungmu

Memiliki kandungan kalium atau kita kenal juga dengan potasium, kandungan ini bakal membantu menjaga fungsi kerja jantung kalian. Selain itu, buah pisang juga memiliki kandungan mineral elektrolit untuk menjaga aliran listrik dalam tubuh sehingga jantung tetap terus berdetak.

Dengan ketiga manfaat di atas apakah kalian yang ngga doyan pisang mulai terbuka hatinya? hahaha ya emang pisang sebenarnya memiliki banyak banget manfaat dan hasiat yang ngga bisa mimin jelasin dan sebutkan satu satu, takut ngga cukup nanti wkwkwk. Sekarang kita masuk ke resepnya aja deh kalo gitu. Lesgooo

 

Cara Membuat Cemilan Dari Pisang

1. Cemilan Nugget Pisang Oatmeal

Bahan:

  • 50 gr quick oats
  • 100 gr pisang ambon yang ranum
  • 1 butir telur
  • 1 sendok makan gula pasir
  • 20 gr tepung terigu
  • 15 gr susu kental manis
  • 4 sendok makan tepung terigu yang dilarutkan ke air

Cara Membuat Cemilan Nugget Pisang Oatmeal:

  1. Cuci bersih pisang dan kupas hingga bersih, kemudian masukan pisang tadi dengan semua bahan dengan blender hingga halus
  2. Kemudian kukus adonan tadi selama kurang lebih 15 menit
  3. Jika udah matang, biarkan dingin sebentar kemudian potong dan gulingkan pada larutan tepung terigu dan gulingkan lagi pada quick oats
  4. Setelah semuanya selesai dibalurkan dengan tepung dan quick oats, goreng dengan minyak panas sebentar saja
  5. Jika terlihat udah kecoklatan segera angkat dan tiriskan

2. Cemilan Molen Pelangi

Bahan:

  • 10 buah pisang uli atau raja
  • 45 gr mentega
  • 250 gr tepung terigu
  • Garam sejumput
  • 2 sendok makan gula pasir
  • 1/2 sendok teh vanil bubuk
  • 1/2 sendok teh baking powder
  • 1 butir telur yang udah dikocok
  • Air secukupnya

Cara Membuat Cemilan Molen Jamaika:

  1. Campurkan tepung, gula, garam, dan baking powder secara merata lalu aduk ulen
  2. Tambahkan telur dan aduk lagi sampai agak lengket dan masukkan air lagi sampai adonan tidak lengket dan jangan sampai melempem
  3. Diamkan adonan selama 20 sampai 25 menit di suhu yang stabil
  4. Aduk lagi adonannya dan pisahkan menjadi 3 bagian dengan warna berbeda lalu gilas tipis, bisa juga dengan alat pembuat mie lalu potong memanjang dengan ketebalan 1 cm pada masing masing warna tadi dan gabungkan ke semuanya
  5. Jika udah, nyalakan kompor dengan api kecil dan masukkan adonan tadi secara perlahan ke dalam minyak panas
  6. Setelah keliatan agak kecoklatan segera angkat dan tiriskan

3. Cemilan Pisang Kipas Krisipi

  • 8 buah pisang kapok
  • 50 gr gula pasir
  • 70 ml air
  • 45 gr tepung terigu
  • Tepung panir secukupnya
  • Sejumput garam

Cara Membuat Cemilan Pisang Kipas Krispi:

  1. Cuci bersih pisang dan kupas semuanya lalu iris menjadi 3 sampai 5 bagian jangan sampai bawahnya lepas
  2. Campurkan tepung terigu, gula pasir dan air lalu aduk hingga merata
  3. Lumuri pisang yang udah diiris 3 sampai 5 bagian tadi dengan campuran tepung terigu dan tepung panir. Lumuri semuanya tanpa terkecuali
  4. Nyalakan kompor dengan api kecil dan tunggu hingga api panas
  5. Jika api udah panas, masukkan adonan pisang ke dalam wajan daln goreng hingga warnanya agak kecoklatan kemudian angkat dan tiriskan lalu siap disajikan

Dari ketiga resep aneka olahan pisang untuk usaha di atas? resep mana yang memikat dan menantang kalian? hahaha ngga usah buru buru ya gaiss, cobain aja satu satu dulu pokoknya. Selamat mencoba ya gaisss!!