Cara Membuat Bunga dari Kresek Beserta Gambarnya!

cara membuat bunga dari kresek

Lagi, kali ini kami akan berbagi bagaimana cara membuat bunga dari kresek alias kantong plastik bekas. Kreasi kali ini adalah bunga zinnia dari plastik kresek berwarna kuning. Cara pembuatannya relatif mudah. Dalam waktu sekitar 10 sampai 15 menit anda akan dapat membuat sebuah bunga zinnia ini.

Ketika kamu pulang dari pasar, biasanya kamu diberikan plastik kresek dengan beragam ukuran dan warna. Biasanya kantong plastik ini memang mudah diberikan oleh pedagang karena harganya yang murah dan kuat. Tetapi, sayangnya, karena harganya yang murah dan mudah diperoleh ini, justru plastik kresek bekas dapat menjadi sampah yang mencemari lingkungan sekitar kita. Nah, pemanfaatannya menjadi beragam kerajinan tangan seperti pembuatan bunga zinnia ini mungkin sebagai salah satu alternatif bagi kita untuk turut serta menjaga lingkungan dari tumpukan sampah plastik yang sangat sulit diuraikan oleh mikrobia pembusuk.

Simak apa saja alat dan bahan yang diperlukan untuk pembuatan bunga dari kresek bekas ini serta langkah-langkah membuatnya dengan disertai gambar.

Cara Membuat Bunga dari Kresek – Bunga Zinnia

cara membuat bunga dari kresek

Alat dan Bahan yang Digunakan :

  • Plastik kresek berwarna kuning 1 lembar (ukuran sedang)
  • Sebatang kawat ukuran sedang panjang lebih kurang 20 cm
  • Kabel bekas
  • Gunting
  • Lilin
  • Korek api
  • Sedotan plastik warna hijau 1 batang

Cara Membuat Bunga dari Kresek – Bunga Zinnia :

  1. Rentangkan sebuah kantong plastik bekas berwarna kuning di atas lantai.
  2. Gunting bagian bawah kantong dan bagian atas untuk mendapatkan bentuk persegi yang rapi.
  3. Lipat menjadi beberapa lapisan, lalu gunting berbentuk persegi ukuran sekitar 20 cm x 20 cm. Kamu akan mendapatkan 4 lembar persegi dengan sedikit sisa lembaran plastik. Keempat lembaran ini akan kita gunakan untuk membuat bunga.
  4. Ambil satu lembar plastik berbentuk persegi dengan ukuran 20 cm x 20 cm yang telah dibuat. Lipat menjadi 2.
  5. Lipat sekali lagi.
  6. Lipat lagi seperti.
  7. Sekali lagi, lipat seperti.
  8. Gunting membulat pada bagian ujungnya yang lebar untuk membentuk lingkaran-lingkaran tepi kelopak bunga zinnia seperti.
  9. Buka lipatan, kamu akan mendapat sebuah dasar bentuk kelopak bunga zinnia dengan 8 buah lekukan yang tepinya membulat. Siapkan lilin dan korek api / korek gas. Bekas-bekas lipatan akar dibakar dengan api agar sedikit mengkerut dan memberikan rangka pada kelopak bunga nantinya.
  10. Buatlah keempat persegi menjadi bentuk dasar mahkota ini.
  11. Sebelum sisi-sisi bekas lipatan dibakar dengan lilin, gunting keempat bentuk dasar kelopak tadi dengan rincian sebagai berikut: Bentuk dasar yang terdiri dari 8 lekukan digunting menurut bekas lipatan jadi lembaran dengan 1 lekukan kelopak dan 7 lekukan kelopak. Bentuk dasar yang terdiri dari 8 lekukan digunting menurut bekas lipatan jadi lembaran dengan 2 lekukan kelopak dan 6 lekukan kelopak. Bentuk dasar yang terdiri dari 8 lekukan digunting menurut bekas lipatan jadi lembaran dengan 3 lekukan kelopak dan 5 lekukan kelopak. Bentuk dasar yang terdiri dari 8 lekukan digunting menurut bekas lipatan jadi 2 lembaran dengan 4 lekukan kelopak.
  12. Selanjutnya panaskan/bakar sisi-sisi bekas lipatan.
  13. Siapkan sebatang kawat ukuran sedang untuk batang dengan panjang sekitar 20 cm, dan beberapa lembar kawat halus dari bekas kabel listrik untuk mengikat bunga.
  14. Berikutnya kita akan menyiapkan putik bunga zinnia.
  15. Caranya, ambil sisa potongan plastik kresek tadi, lalu temukan bagian tempat pegangan plastik kresek.
  16. Gunting sepanjang kurang lebih 5 cm dari bagian atasnya, lalu rentangkan.
  17. Gunting tipis-tipis (lebar lebih kurang 0,5 cm) bagian yang tidak memiliki sambungan sedalam lebih kurang 3,5 cm.
  18. Langkah berikutnya menyatukan putik dan kelopak-kelopak menjadi bunga zinnia yang cantik.
  19. Ambil calon putik bunga lalu lilitkan dengan bantuan kawat halus dari kabel pada ujung kawat sedang yang telah dilengkungkan.
  20. Ikat dengan kuat.
  21. Ambil calon kelopak ikatkan pada kawat, lanjutkan dengan kelopak yang memiliki 2 lekukan, lalu yang 3 lekukan. Jangan lupa untuk mengatur posisi setiap kelopak agar tampak natural melingkari putik dan kelopak lain yang telah diikatkan sebelumnya.
  22. Tutup dengan kelopak dengan 4 lekukan. Pasang dengan erat dan atur posisinya.
  23. Calon kelopak yang mempunyai 5 lekukan, 6 lekukan, dan 7 lekukan pada sisi-sisinya yang terlepas disatukan pada saat dipanaskan dengan api. Kita akan memasang ketiga calon kelopak ini.
  24. Tusukkan pada pusat kelopak secara berurutan.
  25. Rapatkan ke ujung kawat untuk menggabungkannya. Lalu ikat dengan kawat halus pada bagian bawahnya.
  26. Terakhir, masukkan kawat batang bunga zinnia pada sebuah sedotan plastik berwarna hijau. Tambahkan ikatan kawat halus jika dirasa diperlukan.

Itulah cara membuat bunga dari kresek, sekarang kamu tidak perlu bingung lagi karena sekarang sudah ada mesin pencacah plastik untuk limbah plastik yang bisa mencacah sampah plastikmu. Kamu juga bisa tau cara membuat bunga dari plastik dengan sangat simpel. Selamat mencoba!