Cara membuat Bola Bola Daging Sapi Cincang

cara membuat bola bola daging sapi cincang

Bola daging adalah sebuah makanan yang dibuat dari daging yang cincang dan digulung menjadi berbentuk bola bola. Cara membuat bola daging sangat mudah bahan utama dari daging sapi yang dicampur dengan bahan lain sepertiĀ  bawang putih,bawang merah telur, dan rempah-rempah lainya.

Masakan Bola Daging Sapi Cincang kuah kecap dengan isian dan bahan masakan lain. Kali ini anda bisa mencoba membuat semur bola bola daging sapi. Kuahnya yang manisĀ  dan kentang yang lembut sangat cocok untuk disajikan untuk makan malam bersama anak dan suami anda bisa memasaknya sendiri di rumah dengan cara sebagai berikut ini.

Baca Juga : Cara Membuat Sate Sapi yang Empuk dan Tidak Alot

Cara membuat bola daging

Cara membuat semur bola daging sapi cincang semur yang enak

Bahan:

  • 250 gr daging sapi giling
  • 2 buah kentang, yang sudah dikupas kulitnya dan dipotong dadu
  • 500 ml air

Bahan bumbu untuk bola daging:

  • 2 siung bawang putih
  • 1 butir telur ayam
  • Garam secukupnya
  • Merica secukupnya
  • Pala sesuai selera

Bahan bumbu kuah semur:

  • 5 siung bawang merah, iris tipis
  • 3 siung bawang putih, iris tipis Kecap manis sesuai selera
  • Garam sesuai selera
  • Merica sesuai selera
  • 1/2 sdt pala parut

Cara membuat bola bola daging sapi cincang semur :

  1. Haluskan dua buah bawang putih untuk bola daging setelah itu campurkan dengan daging cincang,pala parut , dan telur .
  2. Setelah tercampur dengan merata, bentuk daging yang sudah dicincang menjadi bola-bola seperti bola pingpong dan sisihkan.
  3. Tumis bawang merah dan bawang putih setelah aromanya harum, tuang air dan tambahkan garam,kecap manis,pala, dan merica. Aduk rata.
  4. Masukkan bola daging tadi dan kentang ke dalam kuah dan masak sampai matang.
  5. Jika semur bola daging sudah matang sajikan, kamu bisa tambahkan dengan dengan bawang goreng biar lebih gurih.p

Memilih Daging Sapi Yang Baik

cara membuat bola bola daging sapi cincang

1. Tentukan Jenis Masakan yaitu Cara membuat bola daging dan Bagian Sapi yang Akan Diolah

Setiap bagian daging sapi memiliki tekstur yang selalu berbeda-beda oleh sebab itu, tentukan terlebih dahulu jenis masakan apa yang akan anda masak supaya dapat disesuaikan bagian daging sapi yang mana yang akan diolah. Misalnya, jika mau memasak semur, sup,dan daging panggang anda bisa menggunakan daging sapi bagian iga.

Jika ingin memasak steak atau sate, sebaiknya pilih daging dibagian has dalam yang mempunyai tekstur yang sangat lembut dan cepat matang. Nah untuk masakan rendang anda bisa memilih daging sapi bagian sengkel yang mempunyai tekstur yang kenyal, sehingga cocok untuk dimasak lama dengan api yang kecil.

2. Perhatikan Warna Daging

Cara memilih daging sapi yang baik lainnya yaitu dengan memperhatikan warna daging dengan teliti saat membeli. Perlu anda ketahui bahwa warna merah seperti buah ceri yang menandakan jika daging sapi masih segar atau baru dipotong.

Ketika daging sapi sudah terpapar udara dengan waktu yang lama, warnanya akan ikut berubah menjadi merah keunguan. Walaupun seperti itu, warna merah cerah dan merah keunguan masih tergolong daging yang baik. Warna daging yang perlu dihindari adalah jika warna daging sudah kecoklatan karena sudah tidak segar.

3. Cek Tekstur Daging Sapi

Daging sapi yang berkualitas baik mempunyai tekstur yang kenyal tapi padat. Cara mengceknya cukup mudah, anda dapat menekannya dengan lembut di permukaan daging. Jika ditekan langsung cepat kembali ke tekstur awal, menandakan daging sapi tersebut memiliki kualitasnya bagus.

Begitupun sebaliknya, kalau ditekan dan tidakkembali ke bentuk awal, menandakan daging sapi tersebut memiliki tekstur lunak karena sudah lama berada di ruangan terbuka, sehingga kualitasnya menurun.

4. Cium Aroma Daging Sapi

Cara memilih daging sapi yang baik berikutnya adalah dengan mencium aromanya daging sapi yang masih segar akan mempunyai aroma khas, tapi tidak menyengat. Biasanya aroma ini dapat hilang dengan jeruk nipis, jahe, dan bumbu aromatik lainnya.

Nah, kalau daging mengeluarkan bau amis atau anyir yang sangat tajam, tandanya daging tersebut berkualitas rendah. Bau amis dan anyir pun akan sulit hilang meski menggunakan bumbu aromatik.

5.Pertimbangkan tempat daging sapi dijual

Hal berikutnya yang harus diperhatikan sebelum membeli daging sapi tentunya adalah tempat dimana daging tersebut dijual. Pastikan tempat yang kamu kunjungi untuk membeli daging sapi yang bersih dan tidak berbau menyengat. Selanjutnya, sebaiknya pilih daging sapi yang diletakkan di tempat yang bersih dan bersuhu dingin. Hindari atau jangan membeli daging sapi yang sudah dihinggapi lalat atau diletakkan di tempat yang tidak bersih.

Nah, itulah beberapa Cara membuat Bola Bola Daging Sapi Cincang yang enak dan mudah yang dapat anda coba dan beberapa informasi mengenai Tips mengetahui kualitas Daging Sapi Cincang. Selamat berkreasi dan mencoba.Kamu juga bisa mengunjungi Resep daging giling bola.